Artikel : Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits
Program Dhu’afa Mandiri
Senin, 20 Juli 09
Mukadimah

Saat ini masih banyak dhuafa (fakir & miskin) mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat/Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) menyatakan fakta bahwa jumlah penduduk miskin pada tahun 2009 diperkirakan mencapai 33,71 jiwa atau 14,87 %”. (Sumber : TKPKRI 16/2/09). Angka kemiskinan ini punya potensi meningkat jumlahnya karena di antara mereka tak sedikit pula yang sulit dalam mencari pekerjaan karena tingkat pendidikan yang rendah dan sentra-sentra industri yang jumlahnya terbatas.

Keadaan tersebut semakin diperparah dengan kurangnya perhatian dan kepedulian masyarakat terhadap kaum dhu’afa yang menjadikan mereka (dhuafa) pada posisi terpinggirkan. Kalaupun ada, wujud kepedulian itu sebagian besar hanya berupa bantuan untuk pemenuhan kebutuhan konsumtif sesaat. Jarang sekali yang menyentuh akar permasalahan sebenarnya yaitu dengan menggali potensi sumber daya manusia dan lingkungan.

Berkaca pada keadaan di atas, Yayasan Al-Sofwa memandang bahwa penggalian sumber daya manusia dan lingkungan adalah salah satu solusi untuk menurunkan angka kemiskinan dan tingkat ketergantungan dhu’afa sekaligus secara bersamaan mendorong kemandirian mereka..

Hal ini sejalan dengan sabda Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam, bahwa tangan di atas lebih baik daripada tangan dibawah :
“Hendaknya salah seorang dari kalian mengambil talinya, kemudian dia datang dengan seikat kayu bakar diatas punggungnya, lalu menjualnya sehingga Allah mencukupkan kebutuhannya dengan itu. Hal itu lebih baik daripada dia meminta-minta pada orang lain, baik diberi ataupun tidak diberi”. (H.R Al-Bukhari)
Solusi ini diwujudkan dalam bentuk Program Dhu’afa Mandiri.

Tujuan Program

1)Mewujudkan perubahan kesejahteraan hidup kearah yang lebih baik
2)Mewujudkan pola hidup mandiri berlandaskan ekonomi kerakyatan.
3)Mewujudkan perubahan pola berfikir yang lebih maju dan mandiri
4)Melahirkan usahawan yang berpegang kepada prinsip syariat Islam.
5)Meningkatkan pendapatan keluarga fakir & miskin.
6)Menciptakan peluang kerja bagi masyarakat dhufa dan marginal.

Bentuk Kegiatan :
1.Pemberian hibah modal.
2.Pemberian pinjaman modal.
3.Pemberian modal bergulir untuk perorangan atau kelompok.
4.Pendampingan & pembinaan manajemen, mental dan keuangan.
5.Tabungan masyarakat binaan.

Sasaran Program
Dhu’afa; fakir dan miskin.

Jangkauan Program
Pelaksanaan Program Dhuafa Mandiri Tahap II diutamakan di wilayah Jabodetabek.

Anggaran Program Dhuafa Mandiri
Program yang diluncurkan ini merupakan kelanjutan dari program serupa pada tahun 2008/2009. Pada prieode tahun tersebut sebanyak 18 dhuafa mendapatkan bantuan untuk menjalankan unit usaha mikro kecil (UMK).

Target :
Direncanakan 100 unit UMK dengan anggaran sebesar Rp. 225.000.000,- (dua ratus dua puluh lima juta rupiah). Nilai ini dengan asumsi 1 orang dhuafa diberikan bantuan modal usaha Rp. 2.250.000,- (dua juta dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Penutup
Berkaca pada keadaan di atas, Yayasan Al-Sofwa mengajak siapa saja dari kaum muslimin untuk bergabung dalam Program Dhuafa Mandiri dengan menyisihkan sebagian rizkinya untuk mereka yang akan bangkit meraih kemandirian.

Kami menyadari bahwa kegiatan ini tidak dapat terlaksana dengan baik tanpa peran serta dan dukungan semua pihak. Oleh karena itu, partisipasi dan dukungan semua pihak senantiasa kami harapkan.

Demikianlah “Program Dhuafa Mandiri” ini kami buat sebagai salah satu bentuk apresiasi kepedulian terhadap sesama dalam rangka meningkatkan harkat & martabat kaum dhuafa dan menjadi manusia yang bermanfaat bagi sekitarnya. Atas perhatian dan kerjasama yang diberikan, kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Semoga Alloh subhanahu wata’ala membalas dengan balasan yang berlipat ganda. Amin.



Laporan kegiatan dhu’afa mandiri Yayasan Al-Sofwa :

1. Program Dhuafa Mandiri: Buka Warung Makan, Risman Bukan Lagi Pengangguran
2. Dibutuhkan Partisipasi Donatur untuk Sukseskan Program Dhuafa Mandiri Tahap II

Anda berminat untuk berpartisipasi dalam program ini, hubungi kami di 021-78836327 faks 021-78836326
Dan anda dapat menyalurkan donasi anda ke
Bank Muamalat Norek. 304.000090.15
a/n Yayasan Al-Sofwa
berita : Donasi untuk dhuafa mandiri

jika anda telah mengirimkan dana, mohon infokan ke kami via telp/faks atau sms ke 021-70053286


Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatproduk&id=8