Artikel : Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits
Tidak Perlu Menambah Raka'at
Senin, 26 Mei 14

Pertanyaan :

Assalamu'alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

Mau bertanya ustadz, Bagaimana bagi seorang ma'mum dalam sholat berjama'ah yang datangnya terlambat di mana imam sudah selesai membaca Al fatihah dan tinggal beberapa ayat saja dalam membaca surat-suratan. Apakah si ma'mum juga mendapat satu rokaat dalam rokaat tersebut ataukah harus menambah lagi satu rokaat, karena si ma'mum tersebut di rokaat awal ketinggalan bacaan Alfatehah.

Jawaban :

Wa'alaikumussalam Warohmatullohi Wabarokatuh.

Ya, si ma'mum mendapatkan satu rokaat tersebut, dengan demikian, ia tidak menambah lagi satu rokaat. Hal ini berdasarkan hadis Abu Bakrah radhiallahu ‘anhu bahwa beliau berjalan untuk bergabung dalam barisan (shaf) shalat Nabi sallallahu’alaihi wa sallam yang dalam kondisi ruku', sementara dia sendiri telah ruku' sebelum sampai ke shaf. Ketika hal itu disampaikan kepada Nabi sallallahu’alaihi wa sallam, beliau bersabda: "Semoga Allah menambah semangat anda, tapi jangan anda ulangi (perbuatan tersebut).” (HR. Bukhari, no. 783)

Dari hadis ini dipahami bahwa kalau saja mendapatkan ruku' beserta imam tidak dianggap (satu rakaat), maka Nabi sallallahu’alaihi wa sallam akan memerintahkannya untuk mengqadha’ rakaat yang tidak mendapatkan bacaan (Al-Fatihah) di dalamnya. Akan tetapi tidak ada riwayat yang menerangkan hal tersebut (perintah tersebut). Hal itu menunjukkan bahwa siapa mendapatkan ruku'nya imam, maka dia telah mendapatkan (satu) rakaat. Wallohu a'lam.

Semoga sholawat dan salam senantiasa tercurah kepada nabi kita Muhammad, beserta keluarga dan para sahabatnya.

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatkonsultasi&id=3640