Artikel : Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits
Ber-Qurban Dengan Sapi Lebih Utama..!!
Senin, 22 Oktober 12

Pertanyaan:

Mana yang lebih utama, berqurban dengan menyembelih sapi atau domba ?

Jawaban:

Berqurban yang paling utama adalah dengan unta, kemudian sapi kemudian kambing kemudian unta atau sapi yang disembelih oleh tujuh orang berserikat, berdasarkan hadits Nabi shallallahu 'alaihi wasallam tentang shalat Jum'at; "( Barangsiapa pergi ( ke masjid untuk shalat Jum'at ) pada jam pertama maka seakan-akan dia telah berqurban dengan seekor unta, dan barang siapa pergi pada jam kedua maka seakan-akan dia telah berqurban dengan seekor sapi, dan barang siapa pergi pada jam ketiga maka seakan-akan dia telah berqurban dengan seekor domba yang bertanduk, dan barang siapa pergi pada jam keempat maka seakan-akan dia telah berqurban dengan seekor ayam, dan barang siapa pergi pada jam kelima maka seakan-akan dia telah berqurban dengan sebutir telur."[HR. Ahmad, Malik, Bukhari, Muslim, Abu Daud dan Tirmidzi].

Hadits di atas menunjukkan mufadhalah (mengutamakan satu dengan lainnya), dalam mendekatkan diri kepada Allah antara unta, sapi dan kambing, dan tidak diragukan bahwa berqurban adalah termasuk ketaatan yang paling agung di sisi Allah Ta'ala, dan karena unta lebih mahal, lebih banyak dagingnya dan manfaatnya, pendapat ini dikeluarkan oleh Abu Hanifah, Syafi'i dan Ahmad.

Namun Imam Malik berkata: Yang utama adalah ( berqurban ) dengan domba yang berumur enam bulan masuk ke bulan ke tujuh dari umurnya, kemudian dengan sapi kemudian dengan unta, karena Nabi shallallahu 'alaihi wasallam selalu berqurban dengan dua ekor domba, dan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tidak melakukan kecuali yang lebih utama.

Jawaban atas pendapat Imam Malik adalah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam kadang-kadang memilih yang tidak utama untuk meringankan ummat, karena mereka akan selalu berusaha mencontohnya, dan dia shallallahu 'alaihi wasallam tidak suka memberatkan ummatnya, dan dia shallallahu 'alaihi wasallam telah menerangkan keutamaan unta dari sapi dan kambing sebagaimana hadits di atas. Wallaahu a'lam bish shawab. [Redaksi]

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatkonsultasi&id=3504