Artikel : Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits
KIAS (Kuliah Informal Akuntansi Syari'ah)
,

ALSOFWA, kali ini mengadakan seminar Islam dengan tema KIAS (Kuliah Informal Akuntansi Syari'ah). Acara ini ALSOFWA adakan dengan bekerja sama dengan mahasiswa STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara), Bintaro, Jakarta Selatan. Acara ini berlangsung dua hari, yaitu pada 24 November 2001M dan 01 Desember 2001M, dengan pemateri:

  • Ust. Zainal Abidin ibn Syamsuddin, Lc (Da'i Jakarta Alumni LIPIA yang juga pernah mulazamah di Majelis Syaikh Abdul Aziz ibn Abdullah ibn Baaz rahimahullah; dan
  • Ust. Abu Haiqal

Acara ini secara umum dikemas dengan dua sesi ilmiah, yaitu:
a. Sesi Ilmiah Islam, yang dipaparkan oleh Ust. Zainal Abidin, dan
b. Sesi Ilmiah Akuntansi, yang dipaparkan oleh Abu Haiqal.

ALSOFWA yang sebagai donatur acara tersebut, dengan acara ini menginginkan mahasiswa secara umum, dan para mahasiswa STAN, yang setiap hari berkutat dengan akuntansi ala kapitalisme, diperkenalkan dengan akuntansi yang berbasis syari'ah, halal-haram, riba dan non-riba.

Diharapkan juga, agar para mahasiswa setelah lulus bisa mempraktikkan sistem akuntansi syari'ah, sehingga apabila bekerja pada lembaga ekomoni syari'ah (bagi mahasiswa yang tidak mengambil formasi PNS) akan langsung on the road dalam kancah ekonomi syari'ah, dan bukannya bekerja di segmen ekonomi syari'ah akan tetapi tetap dengan frame dan paradigma kognitif akuntansi kapitalisme.

Para mahasiswa memberikan respons yang sangat memuaskan dengan adanya acara ini. Ini merupakan paradigma "baru" bagi kami yang setiap hari menghadapi akuntansi pesenan pemerintah melalui istem SKS-nya, demikian kata sebagian besar peserta yang ikut.(abm)

SIWAKZ ALSOFWA
Bank Muamalat Indonesia - Cabang Fatmawati,
No.Rek. 304-001.8515 an. Yayasan Al-Sofwa (SIWAKZ)
SIWAKZ [Shadaqah, Infaq, Wakaf, Kafarat, dan Zakat]

SIWAKZ ALSOFWA
Tampil Peduli Kepada Sesama,
Amanah Terhadap Harta Ummat,
Pahala dan Kesejahteraan Sosial Tergapai

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatkegiatan&id=7