Artikel : Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits
Kajian Buku Perjalanan Ruh Setelah Mati
,

Masjid jami' al-Sofwa untuk ke sekian kalinya mengadakan kajian buku dengan mengambil tema "Perjalanan Ruh Setelah Mati." Kajian buku ini merupakan kajian tematik bulanan yang diselenggarakan secara rutin oleh masjid jami' al-Sofwa.

Sesuai dengan rencana kajian ini diadakan pada hari Ahad tanggal 21 Agustus 2005, dengan menghadirkan ustadz Zainal Abidin sebagai narasumber. Bertindak selaku moderator adalah ustadz Herman Susilo alumni Ma'had Ali Imam asy-Syafi'i Cilacap yang pada bulan Agustus ini menyelesaikan masa khidmahnya di yayasan Al-Sofwa.

Kajian ini terselenggara atas kerjasama antara Masjid jami' al-Sofwa dengan IRMA Al-Kautsar Perumahan Pulogebang Permai. Secara kebetulan ustadz Herman Susilo merupakan salah satu pengisi kajian yang diadakan oleh IRMA (Ikatan Remaja Masjid) al-Kautsar.

Dalam ulasannya ustadz Zainal mengingatkan bahwa masalah ruh adalah masalah ghaib yang hanya bisa diketahui melalui penejelasan wahyu baik al-Qur'an maupun as-Sunnah yang shahih. Disampaikan juga bahwa ruh seseorang apabila telah lepas dari raga, maka dia memasuki alam barzakh yang di dalamnya terdapat nikmat dan adzab. Ruh orang mukmin maka akan menempati tempat yang tinggi, sedangkan ruh orang kafir dan fajir maka akan menempati tempat yang rendah dan tidak akan dibukakan baginya pintu langit. Sedangkan dia di alam kubur akan menemui siksa sesuai dengan kemaksiatan yang diperbuatnya ketika hidup di dunia.

Kajian dimulai pada jam 08.45 dan diakhiri pada jam 11.00, kemudian dibuka forum tanya jawab hingga menjelang waktu Dzuhur. Acara yang menyedot kurang lebih 500 jama’ah ini alhamdulillah berjalan dengan lancar dan sukses tanpa ada suatu halangan apa pun.

Tidak lupa panitia mengucapkan terima kasih, dan jazakumullah khaira kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kajian ini, secara khusus kepada IRMA Al-Kautsar Pulogebang Permai.

Untuk kajian berikutnya insya Allah akan diadakan pada hari Ahad tanggal 11 September 2005, dengan mengambil tema “Manhaj Amar Ma’ruf Nahi Munkar” dengan menghadirkan narasumber ustadz Abu Qatadah.

HOTLINE PARTISIPASI
Saudara ingin berpartisipasi dalam menyukseskan program Yayasan Al-Sofwa?
Hubungi kami di 021-78836327
Atau kirimkan infaq Saudara ke :
Bank Mualamat Indonesia Cab. Fatmawati
Norek : 304.00090.15
an. YAYASAN AL-SOFWA
Jangan lupa tulis berita :
o Infaq terbuka.
o Zakat.
o atau……………(sesuai kegiatan yang Saudara niatkan)


Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatkegiatan&id=63