Artikel : Kajian Islam - Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits - ,

Pendidikan Anak Dalam Islam
oleh :

Termasuk beriman kepada hari Akhir adalah beriman akan adanya syafaat yang ditetapkan dengan dua syarat, yaitu: izin Allah bagi pemberi syafaat untuk memberi syafaat dan keridhaan-Nya terhadap yang diberi syafaat, jadi semua pangkalnya kembali kepada Allah subhanahu wata'ala.

Allah Subhaanahu Wata'ala berfirman tentang syarat yang pertama,

Siapakah yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya. (Al-Baqarah: 255).

Kemudian firman-Nya tentang syarat yang kedua,

Dan mereka tidak memberi syafaat melainkan kepada orang-orang yang diridhai Allah. (Al-Anbiya: 28).

Kedua syarat itu pun terhimpun dalam firman-Nya,

Dan berapa banyaknya malaikat di langit, syafa'at mereka sedikit pun tidak berguna kecuali sesudah Allah mengizinkan bagi orang yang dikehendaki dan diridhai(-Nya). (An-Najm: 26).

Kemudian firman Allah yang mengisyaratkan bahwa syafaat itu semuanya berpangkal dari-Nya dan menyatakan kebatilan terhadap kaum musyrikin yang mengambil pemberi syafaat selain Allah hanya karena dugaan diri mereka sendiri tanpa berdasarkan dalil dan petunjuk, Bahkan mereka mengambil pemberi syafa'at selain Allah. Katakanlah, Dan apakah (kamu mengambilnya juga) meskipun mereka tidak memiliki sesuatu pun dan tidak berakal? Katakanlah, Hanya kepunyaan Allah syafaat itu semuanya. Kepunyaan-Nya kerajaan langit dan bumi. Kemudian kepada-Nyalah kamu dikembalikan. (Az-Zumar: 43-44).

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=indexkajian&id=1§ion=kj001