Artikel : Kajian Islam - Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits - ,

Pendidikan Anak Dalam Islam
oleh :

Di antara target dan tujuan pokok bagi sebuah pernikahan adalah mempunyai anak keturunan. Maka apabila Allah mengaruniakan keturunan kepada suami istri, maka sebaiknya ia memilihkan nama yang terbaik untuk mereka, karena nama juga mempunyai pengaruh psikologis pada anak-anak di masa depan mereka. Maka kewajiban sang ayah (suami) adalah memberi upah kepada ibu si anak atas penyusuannya bila dia meminta hal itu, karena Allah telah berfirman:

æóÇáúæóÇáöÏóÇÊõ íõÑúÖöÚúäó ÃóæúáóÇÏóåõäóø Íóæúáóíúäö ßóÇãöáóíúäö áöãóäú ÃóÑóÇÏó Ãóäú íõÊöãóø ÇáÑóøÖóÇÚóÉó æóÚóáóì ÇáúãóæúáõæÏö áóåõ ÑöÒúÞõåõäóø æóßöÓúæóÊõåõäóø ÈöÇáúãóÚúÑõæÝö áóÇ ÊõßóáóøÝõ äóÝúÓñ ÅöáóøÇ æõÓúÚóåóÇ áóÇ ÊõÖóÇÑóø æóÇáöÏóÉñ ÈöæóáóÏöåóÇ æóáóÇ ãóæúáõæÏñ áóåõ ÈöæóáóÏöåö æóÚóáóì ÇáúæóÇÑöËö ãöËúáõ Ðóáößó ÝóÅöäú ÃóÑóÇÏóÇ ÝöÕóÇáðÇ Úóäú ÊóÑóÇÖò ãöäúåõãóÇ æóÊóÔóÇæõÑò ÝóáóÇ ÌõäóÇÍó ÚóáóíúåöãóÇ æóÅöäú ÃóÑóÏúÊõãú Ãóäú ÊóÓúÊóÑúÖöÚõæÇ ÃóæúáóÇÏóßõãú ÝóáóÇ ÌõäóÇÍó Úóáóíúßõãú ÅöÐóÇ ÓóáóøãúÊõãú ãóÇ ÂÊóíúÊõãú ÈöÇáúãóÚúÑõæÝö æóÇÊóøÞõæÇ Çááóøåó æóÇÚúáóãõæÇ Ãóäóø Çááóøåó ÈöãóÇ ÊóÚúãóáõæäó ÈóÕöíÑñ

“Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberikan makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara yang ma’ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan juga seorang ayah karena anaknya, dan waris pun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertaqwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan”. (Al-Baqarah: 233).

Di sini jelas sekali perhatian Allah Subhaanahu Wata'ala terhadap bayi yang sedang menyusu. Oleh karena itu hendaknya perlakuan kedua ibu bapak terhadap anaknya pada tahun-tahun pertama penuh dengan rasa cinta, kasih dan keseriusan, dan hendaknya tidak menampakan pertengkaran (keributan) di antara mereka berdua di hadapan anaknya jika ada, karena hal itu mempunyai dampak buruk terhadap psikologi anak.

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=indexkajian&id=1§ion=kj001