Artikel : Kajian Islam - Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits - ,

Pendidikan Anak Dalam Islam
oleh :

PEMBUKAAN

Aqidah menurut bahasa berasal dari:

Al-‘aqdu (ikatan), At-Tautsiqu (kepercayaan yang kuat), Al-Ihkamu (ketepatan) dan Ar-Rabthu biquwwa (ikatan kuat).

Sedangkan menurut istilah:

Iman yang (bersifat) pasti dan tidak mungkin terguncang oleh keraguan sedikit pun bagi pelakunya.

Jadi AQIDAH ISLAMIYAH berarti:

Keimanan yang (bersifat) pasti kepada Allah -dengan segala pelaksanaan kewajiban bertauhid dan taat pada-Nya-, kepada malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, kepada taqdir dan seluruh perkara ghaib yang telah ditetapkan adanya serta seluruh berita-berita qath’i baik secara ilmiah maupun secara amaliah.

SALAF ialah:

Generasi pertama ummat ini yang terdiri dari para sahabat, tabi’in dan para imam pembawa petunjuk pada tiga kurun terbaik pertama yang dimuliakan.

Kemudian setiap orang yang mengikuti jejak mereka serta berjalan berdasarkan manhaj mereka- sepanjang masa-disebut SALAFI, nisbat kepada mereka.

AHLUS SUNNAH WAL JAMA’AH ialah:

Mereka yang menempuh seperti apa yang pernah ditempuh oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dan para sahabatnya.

  • Disebut sebagai Ahlus Sunnah karena kuatnya (mereka) berpegang dan ber-ITTIBA’ (mengikuti) kepada sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.

  • Disebut sebagai AL-JAMA’AH karena mereka bersatu di atas KEBENARAN, tidak mau berpecah belah dalam segala urusan agama, berkumpul di bawah kepemimpinan para imam (yang berpegang kepada) Al-HAQ, tidak mau keluar dari jama’ah mereka, dan mengikuti apa yang telah menjadi kesepakatan SALAFUL UMMAH.


Begitulah, disebabkan mereka adalah orang-orang yang ittiba’ kepada sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan mengikuti kepada atsar (jejak salaful ummah-pent), maka mereka juga disebut sebagai AHLUL HADITS, AHLUL ATSAR, dan AHLUL ITTIBA’.

Di samping itu mereka juga dikatakan sebagai:

Ath-Tha’ifah Al-Manshurah (golongan yang pasti mendapat pertolongan Allah) dan Al-Firqah An-Najiyah (golongan yang selamat).

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=indexkajian&id=1§ion=kj001