Artikel : firqah Islam - Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits - NULL,

Ahlussunnah Wal Jama'ah
oleh :



Pemikiran dan Keyakinan

1- Pemikiran dasar jamaah ini adalah takfir, mengkafirkan. Mereka mengkafirkan pelaku dosa besar yang terus-menerus melakukannya dan tidak bertaubat darinya. Mereka juga mengkafirkan para penguasa yang tidak berhukum kepada hukum Allah secara mutlak tanpa perincian. Mereka juga mengkafirkan para ulama yang tidak mengkafirkan para penguasa tersebut. Mereka juga mengkafirkan orang-orang yang tidak menerima pemikiran mereka dan tidak bergabung bersama jamaah. Mereka juga mengkafirkan siapa yang bergabung lalu keluar, orang ini mereka hukumi murtad.

2- Memandang siapa yang mengambil pendapat para imam atau ijma’ mereka termasuk ijma’ para sahabat atau qiyas dan sepertinya maka dia kafir musyrik.

3- Abad setelah abad keempat hijriyah adalah abad kafir jahiliyah, karena orang-orang di zaman itu menyembah berhala taklid. Bagi mereka seorang muslim harus mengetahui agamanya dengan dalilnya, haram baginya bertaklid dalam masalah agama.

4- Pemikiran dasar kedua bagi jamaah ini adalah hijrah, dan maksudnya adalah menyingkir dari masyarakat yang mereka anggap jahiliyah dan bagi mereka semua masyarakat di zaman ini adalah jahiliyah.

5- Sejarah Islam tidak memiliki arti apa pun, sebab bagi mereka sejarah yang berarti hanyalah kisah al-Qur`an saja. Sebagaimana jamaah juga tidak menoleh kepada buku-buku induk para imam dan ulama di bidang akidah, tafsir dan lainnya, karena menurut mereka para ulama tersebut adalah orang-orang yang murtad dari Islam.

6- Mereka mengaku berdalil kepada al-Qur`an dan sunnah, namun seperti ahli bid’ah lainnya, hanya mengambil yang sejalan dengan akidah dan pemikiran mereka, sedangkan yang tidak sejalan maka mereka memiliki segala alasan untuk menolaknya.

7- Menafsirkan hadits, “Kami adalah umat yang ummi…” secara salah, sehingga mereka mengajak kepadanya, menyeru masyarakat agar tidak membaca dan menulis, bagi mereka ajakan memberantas buta huruf adalah ajakan Yahudi untuk menyibukkan kaum muslimin dari ilmu Islam dengan ilmu-ilmu kafir. Maka jamaah ini mengharamkan anggotanya belajar di sekolah-sekolah, universitas-universitas, baik Islam maupun non Islam, karena bagi mereka, semua itu adalah milik thaghut.

8- Jamaah ini menolak shalat jamaah dan Jum’at di masjid-masjid, karena bagi mereka masjid-masjid tersebut adalah masjid dhirar kecuali Masjidil Haram, masjid Nabi, masjid Quba dan Masjidil Aqsha, itu pun mereka hanya mau shalat di sana bila imamnya dari mereka.

Dari al-Mausu’ah al-Muyassarah, isyraf Dr. Mani’ al-Juhani.

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=indexfirqah&id=1§ion=fr001