Artikel : Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits
Tidur Sepanjang Hari Ketika Puasa
Jumat, 02 April 04

Tanya :

Apa hukumnya tidur sepanjang hari, dan apa hukum puasanya orang yang tidur itu jika ia hanya bangun untuk melaksanakan kewajiban shalat kemudian tidur lagi. Bagaimana hukumnya?

Jawab :

Pertanyaan ini meliputi dua kondisi:
Pertama: Orang yang tidur sepanjang hari dan tidak bangun, tidak diragukan lagi bahwa ia telah lupa akan dirinya dan maksiat terhadap Allah Subhannahu wa Ta'ala karena meninggalkan shalat pada waktunya. Jika termasuk yang wajib berjama’ah, maka kemaksiatannya bertambah lagi karena meninggalkan jama’ah. Ini dilarang dan mengurangi nilai puasanya. Perumpamaannya adalah seperti orang yang membangun sebuah istana tapi menghancurkan sebuah negara. Maka hendaknya ia bertobat kepada Allah Subhannahu wa Ta'ala , dan hendaknya ia melaksanakan shalat pada waktunya sebagaimana yang telah diperintahkan.

Kedua: Orang yang seperti itu tapi ia bangun untuk melak-sanakan shalat fardhu pada waktunya dengan berjama’ah. Ini tidak berdosa, hanya saja ia telah melewatkan banyak kebaikan untuk dirinya. Karena selayaknya seorang yang berpuasa itu menyibukkan dirinya dengan shalat, dzikir, doa dan membaca Al-Qur’an, sehingga dengan demikian ia telah menghimpun puasanya dengan berbagai macam ibadah lainnya. Jika ia telah membiasakan dirinya pada amal-amal ibadah ketika berpuasa, maka akan mudah baginya untuk melaksanakan itu. Namun jika ia bermalas-malasan dan berleha-leha, maka tidak ada yang didapatinya kecuali itu, dan akan sulit baginya untuk melaksanakan amal-amal ibadah saat berpuasa. Maka nasihat saya, hendaknya tidak menghabiskan waktu puasanya untuk tidur, hendaknya bersemangat melaksanakan ibadah, karena alhamdulilah, zaman sekarang Allah telah memberikan kemudahan bagi yang berpuasa dengan menghilangkan berbagai kesulitan, di antaranya adalah dengan adanya AC atau kipas angin dan sebagainya, hal ini termasuk yang menyebabkan kemudahan bagi yang berpuasa.
( “Fatawa Ash-Shiyam” karya Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin )

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatfatwa&id=609