Artikel : Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits
Cara Mendakwahi Orang Tua
Selasa, 17 Desember 13
Pertanyaan:

Orang tuaku banyak melakukan kemaksiatan, dan dia tidak mau menerima nasehat, apa yang harus aku lakukan?
Jawaban:

Kami memohon bagi orang tuamu hidayah, dan agar Allah membukakan baginya pintu taubat. Kami wasiatkan kepada anda untuk berlaku lemah-lembut kepadanya dan menasehatinya dengan cara yang baik, serta tidak berputus asa untuk mengajaknya ke jalan hidayah, ini sebagaimana yang difirmankan Allah ta'ala:




Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun.Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu(14) Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, ... (QS. Lukman:14-15)

Allah ta'ala berwasiat kepada kita untuk bersyukur terhadap ke dua orang tua yang digandengkan dengan syukur kepadaNya, Allah memerintahkan anda sebagai seorang anak untuk menemani dan mempergauli mereka dengan baik, dan berbuat baik kepada mereka walaupun mereka berlaku tidak baik kepadamu, serta bersungguh-sungguh untuk mendakwahi mereka, bisa jadi Allah memberikan mereka hidayah dengan sebab dakwahmu. Tidak boleh engkau mentaati mereka dalam hal kemaksiatan, kami wasiatkan kepada anda untuk memohon pertolongan kepada Allah dalam mendakwahi mereka, kemudian minta bantuan kepada orang-orang yang baik dari keluargamu, seperti paman-pamanmu, yang mana orang tuamu menghargai dan menghormati mereka, dengan ini memungkinkannya untuk menerima nasehat mereka. Kami memohon bagi kami, anda dan orang tua anda hidayah dan taufik untuk bertaubat dengan sebenarnya taubat, sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Dekat.

[Sumber: Kumpulan Fatwa Dan Perkataan Syaikh Bin Baz]
Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatfatwa&id=1638