Artikel : Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits
Asal Usul Setan
Jumat, 16 Nopember 12

Pertanyaan:

Allah Ta’ala berfirman: (æóÅöÐú ÞõáúäóÇ áöáúãóáÇóÆößóÉö ÇÓúÌõÏõæÇ áÃóÏóãó ÝóÓóÌóÏõæÇ ÅöáÇóø ÅöÈúáöíÓó ÃóÈóì æóÇÓúÊóßúÈóÑó æóßóÇäó ãöäó ÇáßóÇÝöÑöíäó) : “Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para Malaikat:"Sujudlah kamu kepada Adam", maka sujudlah mereka kecuali iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir”. (QS. al-Baqarah :34), apakah Iblis dari golongan malaikat ?

Jawaban:

Pada perkara ini terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama, ada yang mengatakan bahwa Iblis dari golongan malaikat, ini dikarenakan bahwa pengecualian yang sangat jelas pada firman Allah Ta’ala (ÝóÓóÌóÏó ÇáúãóáÇóÆößóÉõ ßõáõøåõãú ÃóÌúãóÚõæäó {73} ÅöáÂÅöÈúáöíÓó ÇÓúÊóßúÈóÑó æóßóÇäó ãöäó ÇáúßóÇÝöÑöíäó {74}) : “Lalu seluruh malaikat-malaikat itu sujud semuanya (73) Kecuali iblis; dia menyombongkan diri dan adalah dia termasuk orang-orang yang kafir”. ( QS Shaad :73-74), kemudian setelah apa yang dia lakukan berupa kesombongannya dari ketaatan kepada Allah, sesungguhnya Allah menghukumnya dan memperbolehkan untuk melaknatnya, dan ini perkataan atau pendapat yang lemah.

Yang benar adalah: Bahwa Iblis bukan dari golongan Malaikat, ini berdasarkan kepada firman Allah Ta’ala (ÅöáÂóø ÅöÈúáöíÓó ßóÇäó ãöäó ÇáúÌöäöø ÝóÝóÓóÞó Úóäú ÃóãúÑö ÑóÈöøåö) : “Kecuali iblis. Dia adalah dari golongan Jin, maka ia mendurhakai perintah Rabbnya”. (Qs: Al-Kahfi: 50). Yang benar bahwa dia bukan dari golongan Malaikat, karena Malaikat diciptakan dari cahaya seperti yang disebutkan di hadis (yang tercantum di dalam shahih Muslim 4/2294 dari ‘Aisyah radhiyallahu 'anha), sedangkan setan diciptakan dari api sebagaimana yang termaktub di dalam firman Allah Ta’ala


ÃóäóÇ ÎóíúÑñ ãöäúåõ ÎóáóÞúÊóäöí ãöäú äóÇÑò æóÎóáóÞúÊóåõ ãöäú Øöíäò

Iblis Menjawab: “Saya lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah". (QS. A’raf: 12).

[Sumber: Al-Muntaqa Min Fatawa fadilah Syaikh Shalih bin Fauzan bin ‘Abdillah al-Fauzan jilid 2]

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatfatwa&id=1539