Artikel : Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits
Melindungi Orang Yang Menghendaki Keburukan Terhadap Kaum Muslimin
Jumat, 23 Maret 12

Pertanyaan:

"Apakah boleh melindungi orang yang menghendaki keburukan terhadap kaum muslimin atau di negara ini, sedangkan pihak aparat keamanan memburunya. Sebab kami telah mendengar dari sebagian orang ada yang memfatwakan wajib menyembunyikan mereka, dan haram menunjukkan keberadaannya?"

Jawab:

Tidak boleh menyembunyikan orang yang merencanakan kejahatan terhadap kaum muslimin. Melainkan wajib atas siapa saja yang mengetahui keberadaannya untuk menginformasikannya agar kaum muslimin selamat dari tindak kejahatannya. Dasarnya adalah ketika seorang sahabat yang pernah bersama Jamaah (orang munafik) yang mengatakan, "Kami belum pernah melihat para ahli al-Qur'an (para sahabat radhiyallahu 'anhum) seperti mereka itu..." dengan maksud mengejek mereka, pergi dan menyampaikan kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, dan beliau tidak mengingkarinya, melainkan wahyu turun untuk membenarkannya. Kalau di sana ada celah yang di dalamnya terdapat bahaya terhadap kaum muslimin, dan terdapat keburukan terhadap kaum muslimin, maka wajib diinformasikan kepada para pihak yang berwajib, agar mereka ditangkap dan dicegah kejahatan mereka dari kaum muslimin."

[Sumber: Fatwa-Fatwa Terlengkap Seputar Terorisme, Jihad dan Mengkafirkan Muslim, disusun oleh : Abul Asybal Ahmad bin Salim al-Mishri, cet: Darul Haq - Jakarta.]

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatfatwa&id=1477