Artikel : Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits
Bid’ah Para Qari’ Yang Telah Diperingatkan Para Ulama III
Senin, 11 Nopember 13

15. Menggabungkan dua qira`at atau lebih dalam membaca satu ayat di dalam shalat, atau di luar waktu shalat di depan umum atau untuk tujuan pamer. Tidak termasuk dalam hal ini adalah memberikan keterangan pelajaran-pelajaran tafsir dan penjelasan bentuk-bentuk qira`at yang diberikan guru kepada murid-muridnya.

16. Bid’ah lainnya adalah: membaca ayat atau surat khusus tanpa didasari dalil di dalam shalat fardhu atau sunnah, atau pada waktu, tempat atau keadaan tertentu. Demikianlah orang yang bermaksud mengkhususkan satu bentuk ubudiyah yang tidak ada dalilnya.

Pembicaraan mengenai bab ini cukup panjang, termasuk di antaranya hadîts maudhu’ yang diriwayatkan oleh Ubai radhiyallahu 'anhu Sekitar keutamaan al-Qur`an surat per surat. Al-Ghafiqi (w. 619 H.) telah menyusun sebuah buku yang lengkap, Lamahat al-Anwar, yang terdiri dari 334 bab, memuat sebanyak dua ribu riwayat hadîts marfu’, mauquf dan maqthu’ mengenai keutamaan-keutamaan surat dan ayat-ayat al-Qur`an al-‘Azhim. Di dalamnya telah terkumpul hal-hal penting, dan merupakan ma’lumat yang lengkap dalam membahas bab ini. Jika anda mengambil sesuatu yang tidak benar dari hadîts-hadîts tersebut tentu sangat banyak. Akan tetapi yang dimaksud di sini adalah memberi peringatan atas apa yang tersebar di tengah-tengah masyarakat muslim. Hal ini telah diperingatkan oleh para ulama.


[Sumber: Dinukil dari kitab Tashhîh ad-Du’â`, karya Syaikh Bakar bin Abdullah Abu Zaid, edisi bahasa Indonesia: Koreksi Doa dan Zikir, pent. Darul Haq Jakarta]

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatdoa&id=517