Artikel : Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits
Dua Puluh Anak Yatim Dhuafa Mendapat Santunan Bulanan dari Yayasan Al-Sofwa
Jumat, 03 April 09

; JAKARTA, Siwakz ,Sebanyak 20 anak yatim dhuafa di Lenteng Agung dan sekitarnya pada 26 Maret 2009 mendapatkan santunan bulanan dari Yayasan Al-Sofwa. Santunan yatim dhuafa usia 6-11 tahun yang diberikan ini adalah santunan tahap ketiga sejak dimulainya Program Santunan Yatim Setahun pada Januari 2009. Program ini bertujuan memberikan dampingan kepada anak-anak yatim dhuafa sehingga dapat memotivasi semangat, membina dan membentuk kepribadian anak yatim dhuafa agar menjadi pribadi yang sholeh / sholehah dan berhasil dalam pendidikan formal maupun non formal.

Santunan rutin bulanan yang diberikan kepada anak yatim dhuafa adalah : beras 5 kg dan uang sejumlah Rp. 120.000,-. Selain itu, setiap 3 bulan sekali anak yatim dhuafa tersebut mendapatkan santunan tambahan berupa peralatan tulis, buku tulis atau hadiah-hadiah lainnya yang bermanfaat. Sedangkan bagi ibu / wali yatim dhuafa , Yayasan Al-Sofwa memberikan hadiah berupa buku-buku agama Islam, jilbab atau hadiah-hadiah lainnya setiap 3 bulan sekali.
Foto Kegiatan Santunan Januari 2009 (1)
Foto Kegiatan Santunan Januari 2009 (2)
Foto Kegiatan Santunan Februari 2009 (1)
Foto Kegiatan Santunan Februari 2009 (2)
Foto Kegiatan Santunan Maret 2009 (1)
Foto Kegiatan Santunan Maret 2009 (2)

Kegiatan santunan yatim dhuafa ini dilaksanakan secara rutin setiap bulan di Masjid Al-Sofwa. Sebelum kegiatan pemberian santunan dimulai, diselenggarakan ceramah agama untuk ibu/wali yatim dhuafa di Masjid Al-Sofwa. Materi yang diberikan meliputi pengetahuan dasar aqidah Islam, metode mendidik anak, thaharah dan tata cara shalat. Kegiatan ini bertujuan agar ibu/wali yatim mendapatkan pengetahuan keislaman sekaligus dapat mengajarkannya kepada putra-putrinya.

Materi agama juga diberikan kepada anak-anak yatim tersebut melalui tes baca dan hafal al-Qur’an yang dilakukan setiap acara serah terima santunan dengan melibatkan 3 (tiga) guru TPQ Al-Sofwa. Diharapkan pada akhir program nanti, anak-anak yatim tersebut telah dapat menghafal setengah atau seluruh juz 30 termasuk memahami tata cara berwudhu dan shalat yang benar.


Selain kegiatan rutin bulanan di Masjid Al-Sofwa tersebut, pembinaan yatim dhuafa juga dilakukan dalam bentuk pendampingan yang bertumpu pada 3 (tiga) jenis pembinaan, yaitu : pembinaan kelompok, pembinaan personal peserta, dan pembinaan personal ibu/wali peserta.
A. Pembinaan Kelompok
1. Sekitar 20 (dua puluh) anak yatim dikelompokkan dalam 2-4 kelompok pembelajaran.
2. Seorang pendamping bertanggung jawab atas kelompok tersebut.
3. Pembinaan kelompok diadakan maksimal 1 (satu) pekan sekali dan dilakukan di mana saja dan kapan saja menyesuaikan waktu yang tersedia.
4. Materi pembinaan kelompok adalah: keagamaan, bimbingan pelajaran sekolah, kreatifitas individu, kerjasama kelompok dan problem solving.
B. Pembinaan Personal Peserta
Pendamping melakukan pendekatan personal untuk mengetahui kepribadian peserta. Bisa ditempuh dengan cara kunjungan ke rumahnya, ke sekolahnya, ke teman-temannya, atau memberikan hadiah dan nasehat atau menanyakan permasalahannya.
C. Pembinaan Personal Ibu / Wali Peserta
Pendamping melakukan pendekatan personal kepada ibu/wali peserta untuk mengenal lebih dekat karakteristik peserta dan keluarganya. Bisa ditempuh dengan cara kunjungan ke rumah ibu / wali peserta, mencermati lingkungannya, atau memberikan hadiah dan nasehat atau menanyakan permasalahannya.

Itulah gambaran umum dari Program Santunan Yatim Setahun yang diluncurkan oleh Yayasan Al-Sofwa. Saat ini masih banyak lagi anak yatim dhuafa yang membutuhkan uluran tangan kita untuk dapat menatap masa depan mereka penuh percaya diri.

Yayasan Al-Sofwa mengajak kaum muslimin untuk bergabung dalam Program Santunan Yatim Setahun dengan menyisihkan sebagian rizkinya untuk mereka yang akan bangkit meraih menatap masa depan penuh percaya diri untuk menjadi generasi rabbani.

Pada tahun 2009 ini Yayasan Al-Sofwa mentargetkan 40 anak yatim dhuafa dapat tersantuni dan terdidik dengan baik. Adapun kebutuhan santunan, pendidikan dan operasional untuk 1 (satu) anak yatim perbulan adalah Rp. 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah). Jadi total kebutuhan Program Santunan Yatim Setahun untuk tahun 2009 adalah 40 yatim x 12 bulan x Rp. 250.000,- = Rp. 120.000.000,- (seratus dua puluh juta rupiah).
Para muhsinin atau donatur yang berminat bisa menyalurkan donasi mulai dari minimal Rp. 100.000,- (seratus ribu rupiah) melalui :
Bank Muamalat rekening no. 0000320458 a/n Yayasan Al-Sofwa

Contact Person Program:
Partisipasi Program : Aldrin Manaf 021-78836327 / 021-70053286 (Flexy) / 0852-85792802


Mohon konfirmasikan atau faks copy slip setoran dengan kode pesan YTM ke no. 021-78836326

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatberita&id=87