Artikel : Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits
Al-Sofwa Rilis Jadwal Waktu Shalat SHUBUH 2013 M/1434 H.
Selasa, 02 April 13

Al-Sofwa; As-Syaikh Dr.Muhammad bin Musa Alu Nasr hafidzhahullah pada hari Senin, 11 Oktober 2009 4 (empat) tahun yang silam dalam acara Liqa Maftuh di Daurah Syar’iyyah ke-10 di Trawas Mojokerto pernah berkata terkait jadwal awal waktu Shubuh yang terlalu cepat, ”30 menit itu terlalu banyak, kalau dikatakan selisihnya adalah 20 menit maka itu mungkin (beliau sepertinya tidak tahu Indonesia menggunakan sudut (-20°) sedangkan di Yordania (-18°), jadi berselisih 10 menit-red); Sebenarnya dahulu aku beranggapan problem ini hanya ada di negeri kami, Syam. Akan tetapi kemanapun aku pergi kujumpai problem ini. Suatu hal yang disayangkan…Aku tidak tahu siapa aktor di balik konspirasi terhadap umat Islam ini untuk merusak shalat mereka.”

Pertanyaan dan misteri di balik ini sedikit terkuak dan terungkap pada Kajian Koreksi Awal Waktu Shubuh yang digelar di Masjid Al-Sofwa pada tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 26 Februari 2012 M/05 Rabi`uts Tsani 1433 H dengan pembicara al-Ustadz Agus Hasan Bashari, Lc. MAg yang telah melakukan observasi fajar shadiq di beberapa daerah di pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Bima, Lombok dan Bali, Papua dan daerah-daerah lainnya.

Maka, kami merasa terpanggil kembali untuk ikut serta mensosialisakan masalah penting ini yang dengannya setiap muslim dan muslimah harus menaruh perhatian khusus.

Dan bagi setiap kita yang belum mengetahui permasalahan yang sebenarnya, tergerak untuk melihat sendiri secara langsung fenomena alam yang menakjubkan ini? Tidak perlu setiap hari, cukup sesekali saja sehingga setiap kita dan keluarga kita merasa nyaman dan bersyukur kepada Allah Ta'ala melihat tanda-tanda Kebesaran-Nya di alam semesta ini... Sehingga dengan demikian apapun yang kita amalkan dari sekian bentuk ibadah tidak lain karena berdasarkan ilmu dan tidak hanya sekedar mengikuti pendapat-pendapat pribadi.

Allah Ta'ala berfirman,


Åöäóø Ýöí ÎóáúÞö ÇáÓóøãóÇæóÇÊö æóÇáúÃóÑúÖö æóÇÎúÊöáóÇÝö Çááóøíúáö æóÇáäóøåóÇÑö áóÂóíóÇÊò áöÃõæáöí ÇáúÃóáúÈóÇÈö (190) ÇáóøÐöíäó íóÐúßõÑõæäó Çááóøåó ÞöíóÇãðÇ æóÞõÚõæÏðÇ æóÚóáóì ÌõäõæÈöåöãú æóíóÊóÝóßóøÑõæäó Ýöí ÎóáúÞö ÇáÓóøãóÇæóÇÊö æóÇáúÃóÑúÖö ÑóÈóøäóÇ ãóÇ ÎóáóÞúÊó åóÐóÇ ÈóÇØöáðÇ ÓõÈúÍóÇäóßó ÝóÞöäóÇ ÚóÐóÇÈó ÇáäóøÇÑö (191


"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, yaitu orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata) “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka." (QS. Ali Imran : 190-191)

Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa sallam bahkan telah memberikan peringatan sekaligus petunjuk perihal masalah ini sebagaimana beliau bersabda,


áóÚóøáóßõãú ÓóÊóÏúÑößõæúäó ÃÞúæóÇãðÇ íõÕóáõøæúäó ÕóáÇóÉð áöÛóíúÑö æóÞúÊöåóÇ ÝóÅÐóÇ ÃÏúÑóßúÊõãõæúåõãú ÝóÕóáõøæúÇ Ýöíú ÈõíõæúÊößõãú Ýöí ÇáúæóÞúÊö ÇáóøÐöíú ÊóÚúÑöÝõæúäó Ëõãóø ÕóáõøæúÇ ãóÚóåõãú æóÇÌúÚóáõæúåóÇ ÓõÈúÍóÉð.


"Barangkali kalian akan menjumpai kaum-kaum yang melakukan shalat di luar waktunya; jika kalian menjumpai mereka maka shalatlah di rumah-rumah kalian pada waktu yang kalian kenal, kemudian shalatlah bersama mereka dan jadikanlah itu sebagai sunnah.”
(HR.Ahmad 1/379).

Untuk mendapat Jadwal Waktu Shubuh 2013 M / 1434 H dan ulasan lengkap seputar masalah tersebut, silahkan lihat link berikut:

1. Jadwal Waktu Shalat Shubuh 2013 M/1434 H (Wilayah Jakarta & Sekitarnya)
2. Download Materi Kajian (Dalil-dalil)
3. Simak Analisa Studi Kritis Terhadap Makalah Jadwal Shalat Shubuh Dipermasalahkan (1)

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatberita&id=204