Artikel : Bulein Annur - Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits

Hakikat Ibadah

Jumat, 16 September 22
***
Ibadah Tujuan Hidup

Sesungguhnya ibadah itu merupakan tujuan yang dicintai dan diridhai Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-. Untuk tujuan itulah jin dan manusia diciptakan-Nya, sebagaimana Dia-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì- berfirman,


æóãóÇ ÎóáóÞúÊõ ÇáúÌöäøó æóÇáúÅöäúÓó ÅöáøóÇ áöíóÚúÈõÏõæäö [ÇáÐÇÑíÇÊ : 56]


Tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku (adz-Dzariyat : 56 )

Dan karena itu pula para utusan-Nya yang mulia diutus, dan kitab-kitab-Nya yang agung diturunkan.

Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì- berfirman,


æóáóÞóÏú ÈóÚóËúäóÇ Ýöí ßõáøö ÃõãøóÉò ÑóÓõæáðÇ Ãóäö ÇÚúÈõÏõæÇ Çááøóåó æóÇÌúÊóäöÈõæÇ ÇáØøóÇÛõæÊó [ÇáäÍá : 36]


Sungguh, Kami telah mengutus seorang rasul untuk setiap umat (untuk menyerukan), “Sembahlah Allah dan jauhilah tagut!” .. (an-Nahl : 36)

Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-juga berfirman,


æóãóÇ ÃóÑúÓóáúäóÇ ãöäú ÞóÈúáößó ãöäú ÑóÓõæáò ÅöáøóÇ äõæÍöí Åöáóíúåö Ãóäøóåõ áóÇ Åöáóåó ÅöáøóÇ ÃóäóÇ ÝóÇÚúÈõÏõæäö [ÇáÃäÈíÇÁ : 25]


Kami tidak mengutus seorang rasul pun sebelum engkau (Nabi Muhammad), melainkan Kami mewahyukan kepadanya bahwa tidak ada tuhan selain Aku. Maka, sembahlah Aku (al-Anbiya : 25)

Ayat-ayat yang semakna dengan ini sangatlah banyak.

Ibadah Pondasi Kebahagiaan

Wahai orang-orang yang beriman ! Ibadah merupakan pondasi kebahagiaan, jalan keberuntungan, tanda kebahagiaan seorang hamba di (kehidupan) dunianya dan (di kehidupan) akhiratnya. Maka, tidak ada kehidupan yang menyenangkan dan tidak pula ada kebahagiaan dalam kehidupan dunia ini dan di negeri yang kekal abadi (akhirat) kecuali dengan mewujudkan peribadatan kepada Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-yang merupakan hak Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-atas para hamba-Nya.

Bila Bagus dalam Berumalah dengan Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-

Wahai orang-orang yang beriman ! Kehidupan seorang insan apabila ia memperbagus muamalahnya dengan Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì- dan mewujudkan kesempurnaan sikap menghadapkan diri kepada-Nya, niscaya kehidupannya itu kesemuanya berjalan sebagai ibadah kepada Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-. Sebagaimana Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-berfirman,


Þõáú Åöäøó ÕóáóÇÊöí æóäõÓõßöí æóãóÍúíóÇíó æóãóãóÇÊöí áöáøóåö ÑóÈøö ÇáúÚóÇáóãöíäó (162) áóÇ ÔóÑöíßó áóåõ æóÈöÐóáößó ÃõãöÑúÊõ æóÃóäóÇ Ãóæøóáõ ÇáúãõÓúáöãöíäó (163) [ÇáÃäÚÇã : 162 ¡ 163]


Katakanlah (Nabi Muhammad), “Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku, dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam. Tidak ada sekutu bagi-Nya. Itulah yang diperintahkan kepadaku. Aku adalah orang yang pertama dalam kelompok orang muslim.” (al-An’am : 162-163)

Ibadah Tidak Terbatas Pada Amal Tertentu

Wahai orang-orang yang beriman ! Ibadah itu tidaklah terbatas pada amalan tertentu atau (terbatas) pada suatu ketaatan yang dilakukan di dalam masjid saja. Akan tetapi, ibadah itu lebih menyeluruh dan lebih umum cakupannya. Maka, ibadah itu dapat dilakukan dengan hati, lisan dan anggota badan.

Ibadah Hati

Adapun ibadah hati kepada Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-, maka hal itu dengan keimanan seorang hamba kepada Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-, dan kepada segala sesuatu yang Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì- perintahkan untuk mengimaninya.

Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-berfirman,


áóíúÓó ÇáúÈöÑøó Ãóäú ÊõæóáøõæÇ æõÌõæåóßõãú ÞöÈóáó ÇáúãóÔúÑöÞö æóÇáúãóÛúÑöÈö æóáóßöäøó ÇáúÈöÑøó ãóäú Âãóäó ÈöÇááøóåö æóÇáúíóæúãö ÇáúÂÎöÑö æóÇáúãóáóÇÆößóÉö æóÇáúßöÊóÇÈö æóÇáäøóÈöíøöíäó [ÇáÈÞÑÉ : 177]


Kebajikan itu bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat, melainkan kebajikan itu ialah (kebajikan) orang yang beriman kepada Allah, hari Akhir, malaikat-malaikat, kitab suci, dan nabi-nabi...(al-Baqarah : 177)

Maka, beriman kepada Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì- dan kepada segala hal yang Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-perintahkan untuk mengimaninya merupakan landasan ibadah yang di atasnyalah berdiri ibadah itu dan merupakan rukun-rukunnya yang diatasnyalah ibadah itu dibangun. Sementara, Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-berfirman,


æóãóäú íóßúÝõÑú ÈöÇáúÅöíãóÇäö ÝóÞóÏú ÍóÈöØó Úóãóáõåõ æóåõæó Ýöí ÇáúÂÎöÑóÉö ãöäó ÇáúÎóÇÓöÑöíäó [ÇáãÇÆÏÉ : 5]


Siapa yang kufur setelah beriman, maka sungguh sia-sia amalnya dan di akhirat dia termasuk orang-orang yang rugi. (al-Maidah : 5)

Dan masuk pula dalam kategori ibadah semua bentuk peribadatan berupa amal-amal shaleh dan tindakan-tindakan suci yang dilakukan oleh hati seorang mukmin sebagai sebuah ketaatan kepada-Nya, peribadatan kepada-Nya dan dalam rangka untuk mencari keridhaan-Nya; seperti, mencintai-Nya, takut kepada-Nya, sabar terhadap ketentuan hukum-Nya, bertawakkal kepada-Nya, ridha terhadap-Nya dan ridha dengan ketetapan-ketetapan-Nya, mengharap kepada-Nya, kembali kepada-Nya, malu kepada-Nya, dan lain sebagainya berupa peribadatan-peribadatan yang dilakukan oleh hati.

Ibadah Lisan

Adapun ibadah lisan, yang paling agung adalah mengucapkan dua kalimat syahadat, kalimat tersebut merupakan pondasi Islam dan pilarnya yang di atas-nyalah dibangun bangunan Islam. Demikian pula semua perkataan-perkataan yang suci, kata-kata yang baik, ucapan-ucapan yang benar yang dikatakan oleh seseorang dengan lisannya untuk mendekatkan diri kepada Tuhan para makhluk (yaitu, Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-). Kesemuanya itu masuk dalam cakupan makna ibadah. Seperti, Dzikrullah (mengingat Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-), membaca kitab-Nya, amar makruf nahi munkar, dakwah menyeru dan mengajak manusia kepada Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-, mengajarkan ilmu, dan yang lainnya. Kesemua hal itu termasuk bentuk ibadah.

Ibadah Anggota Badan

Adapun ibadah anggota badan adalah amalan-amalan badan yang dilakukan oleh orang yang melakukannya dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-, berupa shalat, puasa, haji, berbuat baik, dan hal-hal lainnya berupa amal ketaatan yang dicintai oleh Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-. Maka, kesemua hal tersebut termasuk dalam cakupan makna ibadah.

Ibadah Maliyah

Masuk juga dalam cakupan makna ibadah adalah ibadah-ibadah maliyah (ibadah-ibadah yang terkait dengan harta), apa-apa yang diinfakkan oleh seorang hamba berupa nafkah-nafkah dan apa-apa yang dikeluarkannya berupa zakat di mana ia bermaksud untuk mendekatkan diri kepada Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-. Kesemua hal tersebut termasuk bentuk ibadah. Maka, zakat yang diwajibkan merupakan ibadah, sedekah yang disunnahkan merupakan ibadah, menolong orang-orang yang membutuhkan dan membantu orang lain yang fakir, para janda, atau yang lainnya yang dilakukan dengan maksud untuk mendekatkan diri kepada Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-, kesemua hal tersebut masuk dalam cakupan ibadah.

Di dalam ash-Shahih disebutkan hadis dari Sa’d-ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ-bahwa NabiÕóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó--bersabda,


æóáóÓúÊó ÊõäúÝöÞõ äóÝóÞóÉð ÊóÈúÊóÛöí ÈöåóÇ æóÌúåó Çááåö ÅöáøóÇ ÃõÌöÑúÊó ÈöåóÇ ÍóÊøóì ÇááøõÞúãóÉó ÊóÌúÚóáõåóÇ Ýöí Ýöíø ÇãúÑóÃóÊößó


Dan tidaklah engkau berinfak di mana dengannya engkau mencari wajah Allah melainkan engkau akan diberikan ganjaran karenanya, sampai pun suapan makanan yang engkau letakkan pada mulut istrimu.

Ya, apabila engkau memberikan nafkah kepada istri dan anakmu, engkau bersungguh-sungguh di dalam memberikan makan-minum dan berlaku baik kepada mereka di mana dengan itu engkau bermaksud untuk mendekatkan diri kepada Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-, dengan hal itu engkau mengharapkan pahala Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-, maka sesungguhnya hal tersebut masuk dalam kategori ibadah. Hal tersebut termasuk hal yang engkau bakal diberi pahala dan ganjaran oleh Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-dengan pahala dan ganjaran yang besar.

Hak-hak Termasuk Ibadah

Masuk pula dalam kategori ibadah adalah hak-hak yang Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì- wajibkan atas para hamba-Nya, atau yang dianjurkan (oleh syariat) untuk ditunaikan, seperti, beragam bentuk kebaktian dan tindakan kebaikan terhadap para makhluk-Nya, seperti, birrul walidain (berbakti kepada kedua orang tua), menyambung hubungan kekerabatan, memperhatikan dan memberikan hak-hak tetangga, berbuat baik kepada orang lain secara umum dalam bentuk memberikan pertolongan terhadap orang-orang yang tengah dilanda duka cita atau ikut menutupi kekurangan orang-orang yang tengah terhimpit kefakiran, atau ikut serta membantu orang-orang yang membutuhkan bantuan, dan hal-hal lainnya. Maka, kesemua hal itu termasuk ibadah yang dapat dilakukan untuk mendekatkan diri kepada Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-.

Hal yang Mubah Bisa Menjadi Ibadah

Wahai orang-orang yang beriman ! Bahkan, sesungguhnya hal-hal yang mubah yang dibolehkan oleh Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-untuk dilakukan oleh para hamba-Nya, hal-hal tersebut dapat masuk dalam cakupan makna ibadah apabila dilakukan dengan niat yang baik dan tujuan yang bagus. Maka dari itu, apabila Anda menyantap makanan Anda, Anda minum minuman Anda, Anda menikmati tidur Anda di mana Anda dengan hal tersebut mengharap ganjaran Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì- dan mencari pahala-Nya, niscaya Anda diberikan ganjaran dan pahala atas tindakan Anda tersebut.

Iya-wahai orang-orang yang beriman-ketika Anda mengonsumsi makanan, Anda meminum minuman dan Anda tidur supaya Anda menjadi kuat untuk melakukan ketaatan kepada Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-, sungguh Anda bakal diberikan pahala dan ganjaran atas niat Anda dalam mengonsumsi makanan, meminum minuman, dan membaringkan badan (tidur).

Disebutkan di dalam shahih al-Bukhari bahwa Abu Dzar-ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ –bertanya kepada Mu’adz-ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ – perihal tindakannya membaca al-Qur’an. Ia pun meresponnya seraya mengatakan,


(( ÃóäóÇãõ Ãóæøóáó Çááøóíúáö ÝóÃóÞõæãõ æóÞóÏú ÞóÖóíúÊõ ÌõÒúÆöí ãöäú Çáäøóæúãö ÝóÃóÞúÑóÃõ ãóÇ ßóÊóÈó Çááøóåõ áöí ÝóÃóÍúÊóÓöÈõ äóæúãóÊöí ßóãóÇ ÃóÍúÊóÓöÈõ ÞóæúãóÊöí ))


Aku tidur di awal malam. Lantas, aku bangun (untuk shalat malam) sementara aku telah menyelesaikan bagianku dari tidur. Lalu, aku membaca (al-Qur’an) apa yang telah Allah tuliskan untukku. Maka, aku mencari pahala (dari Allah) dalam tindakan tidurku, sebagaimana aku mencari pahala (dari Allah) pada tindakan bangunku (untuk shalat malam).

Dengan demikian, tindakan tidur itu merupakan peluang untuk mencari pahala dari Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-. Demikian pula tindakan mengonsumsi makanan. Demikian pula tindakan meminum minuman. Hal tersebut dilakukan dengan niat yang baik. Sementara Nabi-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-telah bersabda,


((ÅöäøóãóÇ ÇáúÃóÚúãóÇáõ ÈöÇáäøöíøóÇÊö æóÅöäøóãóÇ áößõáøö ÇãúÑöÆò ãóÇ äóæóì ))


Sesungguhnya amal-amal itu tergantung niat-niatnya. Dan, setiap orang hanya akan mendapatkan apa yang diniatkannya.

Menjauhi Dosa dan Perkara Haram Termasuk Ibadah

Wahai orang-orang yang beriman ! Begitu juga halnya tindakan menjauhkan diri seorang hamba dari hal-hal yang haram, menjauhkan dirinya dari dosa-dosa dan menjauhkan dirinya dari segala hal yang dimurkai raja alam semesta, yang dilakukan karena Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-dan mencari ridha-Nya. Kesemuanya itu masuk dalam cakupan makna ibadah.

Maka, apabila seorang mukmin menjauhi perbuatan zina, mencuri, curang, dusta, khianat, dan perbuatan-perbuatan haram lainnya karena takut kepada Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-dan mengharapkan pahala Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-, niscaya hal itu akan dituliskan untuknya dalam (catatan amal) kebaikannya.

Di dalam ash-Shahih disebutkan bahwa Abu Hurairah-ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ-meriwayatkan dari Nabi-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-bahwa Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-berfirman,


(( ÅöÐóÇ ÃóÑóÇÏó ÚóÈúÏöí Ãóäú íóÚúãóáó ÓóíøöÆóÉð ÝóáóÇ ÊóßúÊõÈõæåóÇ Úóáóíúåö ÍóÊøóì íóÚúãóáóåóÇ ÝóÅöäú ÚóãöáóåóÇ ÝóÇßúÊõÈõæåóÇ ÈöãöËúáöåóÇ æóÅöäú ÊóÑóßóåóÇ ãöäú ÃóÌúáöí ÝóÇßúÊõÈõæåóÇ áóåõ ÍóÓóäóÉð )) .


Apabila hamba-Ku ingin melakukan keburukan, maka janganlah kalian menulisnya (terlebih dahulu) sebelum (benar-benar) ia melakukannya. Lalu, jika ia telah melakukannya, maka tulislah hal itu dengan (balasan) yang setimpal. Dan jika ia meninggalkan keburukan itu karena Aku, maka tuliskanlah kebaikan untuknya.

Maka,-wahai orang-orang yang beriman-barang siapa meninggalkan hal-hal yang haram, menjauhkan diri dari perbuatan-perbuatan dosa karena takut kepada Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì- dan mengharap pahala dari-Nya, serta ia melakukan hal itu karena Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-, hal tersebut termasuk bagian dari amal ketaatan yang dilakukannya. Hal tersebut termasuk hal yang Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-akan memberikan balasan dan pahala kepadanya dengan balasan dan pahala yang besar.

Dengan ini-wahai orang-orang yang beriman-menjadi jelas bahwa seorang yang beriman, dengan niat yang baik dan baik dalam mengikuti petunjuk Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-niscaya hidupnya seluruhnya berjalan dalam keadaan beribah kepada Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-, merealisasikan firman Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-,


æóÇÚúÈõÏú ÑóÈøóßó ÍóÊøóì íóÃúÊöíóßó ÇáúíóÞöíäõ [ÇáÍÌÑ : 99]


Dan sembahlah Tuhanmu sampai yakin (ajal) datang kepadamu (al-Hijr : 99)

Syarat Diterimanya Ibadah

Wahai hamba-hamba Allah ! Ibadah itu, Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-tidak akan menerimanya dari orang yang melakukannya melainkan dengan dua syarat nan agung, yaitu, (pertama) mengikhlaskannya untuk Dzat yang disembahnya (yaitu, Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-) dan (kedua) mengikuti petunjuk Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-. Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-telah mengumpulkan kedua syarat ini di dalam firman-Nya,


Ýóãóäú ßóÇäó íóÑúÌõæ áöÞóÇÁó ÑóÈøöåö ÝóáúíóÚúãóáú ÚóãóáðÇ ÕóÇáöÍðÇ æóáóÇ íõÔúÑößú ÈöÚöÈóÇÏóÉö ÑóÈøöåö ÃóÍóÏðÇ [ÇáßåÝ : 110]


”Siapa yang mengharapkan pertemuan dengan Tuhannya hendaklah melakukan amal saleh dan tidak menjadikan apa dan siapa pun sebagai sekutu dalam beribadah kepada Tuhannya.” (al-Kahfi : 110)

Rukun-rukun Ibadah

Ibadah itu –wahai orang-orang yang beriman- memiliki rukun-rukun, di mana tempat rukun-rukun tersebut adalah hati. Rukun-rukun tersebut haruslah terpenuhi dalam setiap bentuk ibadah. Rukun-rukun tersebut yaitu, (1) cinta kepada Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-, (2) mengharapkan pahala-Nya, dan (3) takut hukuman dan azab-Nya. Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-telah mengumpulkan rukun-rukun ini di dalam firman-Nya,


ÃõæáóÆößó ÇáøóÐöíäó íóÏúÚõæäó íóÈúÊóÛõæäó Åöáóì ÑóÈøöåöãõ ÇáúæóÓöíáóÉó Ãóíøõåõãú ÃóÞúÑóÈõ æóíóÑúÌõæäó ÑóÍúãóÊóåõ æóíóÎóÇÝõæäó ÚóÐóÇÈóåõ Åöäøó ÚóÐóÇÈó ÑóÈøößó ßóÇäó ãóÍúÐõæÑðÇ [ÇáÅÓÑÇÁ : 57]


Orang-orang yang mereka seru itu, mereka (sendiri) mencari jalan kepada Tuhan (masing-masing berharap) siapa di antara mereka yang lebih dekat (kepada Allah). Mereka juga mengharapkan rahmat-Nya dan takut akan azab-Nya. Sesungguhnya, azab Tuhanmu itu adalah yang (harus) ditakuti. (al-Isra : 57)

Wahai hamba-hamba Allah ! Hedaklah kita senantiasa memohon kepada Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì- dan meminta pertolongan-Nya, agar Dia-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-menolong kita semuanya untuk mengingat-Nya, bersyukur kepada-Nya, dan memperbagus ibadah kita kepada-Nya.

Wallahu A’lam

(Redaksi)

Sumber :
Haqiqatu al-‘Ibadati , Syaikh Prof. Dr. Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin al-Badr-ÍóÝöÙóåõ Çááåõ ÊóÚóÇáóì-



Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatannur&id=991