Artikel : Bulein Annur - Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits

Pandangan yang Berlebihan

Jumat, 25 September 20

Pandangan yang berlebihan yaitu melihat sesuatu dengan mata yang terbelalak dan melihat pada sesuatu yang tidak halal baginya. Ini merupakkan kebalikan dari ÛóÖøõ ÇáúÈóÕóÑö (menahan pandangan) yang Allah perintahkan. Allah - ÚóÒøó æóÌóáøó - berfirman,


Þõáú áöáúãõÄúãöäöíúäó íóÛõÖøõæúÇ ãöäú ÃóÈúÕóÇÑöåöãú æóíóÍúÝóÙõæúÇ ÝõÑõæúÌóåõãú Ðóáößó ÃóÒúßóì áóåõãú Åöäøó Çááøóåó ÎóÈöíúÑñ ÈöãóÇ íóÕúäóÚõæúäó . æóÞõáú áöáúãõÄúãöäóÇÊö íóÛúÖõÖúäó ãöäú ÃóÈúÕóÇÑöåöäøó æóíóÍúÝóÙúäó ÝõÑõæúÌóåõäøó ...ÇáÂíÉ


“Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: ‘Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.’ Dan, katakanlah kepada wanita yang beriman: ‘Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya…’.” (Qs. al-Mukminun : 30-31).

Sebagaimana di balik sesuatu yang diperintahkan oleh Allah -ÚóÒøó æóÌóáøó- -seperti, menundukkan pandangan- terkandung kemaslahatan, maka demikian pula dibalik sesuatu yang dilarang –semisal, pandangan yang berlebihan- terdapat sesuatu yang membahayakan. Karena itu, karena pandangan yang berlebihan ini membahayakan maka -æóÇááåõ ÃóÚúáóãõ- Nabi -Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- memerintahkan untuk memalingkan pandangan sesegera mungkin ketika pandangan seseorang secara tiba-tiba melihat sesuatu yang tidak halal baginya dengan tidak sengaja karena dikhawatirkan seseorang akan terjebak ke dalam pandangan yang berlebihan yang akan membahayakan dirinya.

Amru bin Jarir -ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ- berkata,


ÓóÃóáúÊõ ÑóÓõæúáó Çááøóåö Õóáøóì Çááøóåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó Úóäú äóÙúÑóÉö ÇáúÝóÌúÃóÉö ÝóÃóãóÑóäöí Ãóäú ÃóÕúÑöÝó ÈóÕóÑöí


“Aku pernah bertanya kepada Rasulullah -Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-mengenai pandangan yang tiba-tiba. Maka, beliau memerintahkan kepadaku agar aku segera memalingkan pandanganku.” (HR. Ahmad dan at-Tirmidzi).

Al-Hafizh Abdurrahman bin Abi Bakr as-Suyuthi berkata, “Nazhratul fuja-ah (äóÙúÑóÉõ ÇáúÝõÌóÇÁóÉö), dengan huruf fa di-dhammah, huruf jim di-fathah, dan dengan dipanjangkan. Dibaca juga dengan huruf fa di-fathah, huruf jim di-sukun dan dipendekkan (äóÙúÑóÉõ ÇáúÝóÌúÃóÉö) yang berarti ÇóáúÈóÛúÊóÉõ (tiba-tiba). Dan, makna äóÙúÑóÉõ ÇáúÝóÌúÃóÉö (pandangan tiba-tiba) yaitu pandangan seseorang tertuju kepada wanita asing tanpa disengaja. Maka, tidak ada dosa bagi pelakunya pada pandangannya yang pertama. Dan, wajib atasnya untuk memalingkan pandangannya segera pada saat itu juga.” (ad-Diibaaj 'Ala Muslim, 5/183).

Ibnu Buraidah meriwayatakan dari ayahnya, ia berkata: Rasulullah -Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-pernah mengatakan kepada Ali (bin Abi Thalib) –ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ- :


íóÇ Úóáöìøõ áÇó ÊõÊúÈöÚö ÇáäøóÙúÑóÉó ÇáäøóÙúÑóÉó ÝóÅöäøó áóßó ÇúáÃõæáóì æóáóíúÓóÊú áóßó ÇúáÂÎöÑóÉõ


“Wahai Ali! Janganlah engkau ikuti pandangan (pertama) dengan pandangan berikutnya. Bagimu yang pertama, namun (pandangan) berikutnya sudah bukan hakmu lagi.” (HR. Abu Dawud).

Abu Sulaiman Al-Khaththabi –semoga Allah merahmatinya-berkata, "Pandangan pertama adalah hak dia, ia tidak berdosa jika terjadi tiba-tiba tanpa disengaja. Namun dia tidak boleh mengulang pandangan berikutnya. Dia tidak boleh memandangnya dari awal dengan sengaja atau mengulangi pandangannya." (Ma'alim Sunan, 3/222).

Bahaya-bahaya Pandang yang Berlebihan

Dengan demikian, dapat dipahami bahwa ketika seseorang mengikuti pandagannya yang pertama dengan padangan berikutnya dengan sengaja terhadap hal yang tidak halal baginya ia telah terjatuh ke dalam tindakan yang berlebihan.

Lalu, apa bahaya di balik pandangan yang berlebihan ini?

Di antara bahayanya adalah sebagai berikut,

Pertama, Padangan yang berlebihan adalah maksiat dan melanggar perintah Allah –ÚóÒøó æóÌóáøó- , karena itu pelakunya berdosa. Padahal tidak ada yang lebih bermanfaat bagi seorang hamba bagi dunia dan akhiratnya dari menjalankan perintah-perintah Rabbnya. Tidak ada kebahagiaan kecuali dengan menjalankan perintah-perintah-Nya dan tidak ada kesengsaraan kecuali dengan mengabaikan perintah-perintah-Nya.

Kedua, Pandangan yang berlebihan memisahkan dan menjauhkan hati dari Allah -ÚóÒøó æóÌóáøó-. Bagi seorang hamba, tidak ada yang lebih berbahaya dari hal ini, karena ini menimbulkan keterasingan antara hamba dan Rabbnya. Sedangkan menahan pandangan memberikan hati rasa senang terhadap Allah –ÚóÒøóæóÌóáøó-.

Ketiga, Pandangan yang berlebihan melemahkan hati dan membuatnya sedih, sedangkan menahan pandangan menguatkannya dan membuatnya bahagia.

Keempat, Pandangan yang berlebihan menimbulkan kegelapan pada hati. Apabila hati sudah menjadi gelap, niscaya datanglah padanya awan bencana dan keburukan dari segala tempat, hingga hal yang diinginkan hanyalah kesesatan, mengikuti hawa nafsu, menjauhi petunjuk, berpaling dari sebab-sebab kebahagiaan dan sibuk dengan sebab-sebab kesengsaraan.

Kelima, Pandangan yang berlebihan mengeraskan hati dan menutup pintu ilmu bagi seorang hamba. Sedangkan menahan pandangan membukakan pintu ilmu bagi hamba dan mempermudah sebab-sebabnya. Hal itu disebabkan oleh cahaya hati, karena apabila hati bercahaya, maka tampaklah padanya hakikat-hakikat sesuatu.

Keenam, Pandangan yang berlebihan mempermudah masuknya setan ke dalam hati, karena setan masuk ke dalam hati bersama pandangan. Setan akan menampakkan gambaran yang ia lihat, menghiasinya dan menjadikannya berhala yang tinggal dalam hati. Kemudian membuatnya berangan-angan, menyulut api syahwat dan melemparkan kayu bakar maksiat ke dalamnya. Sedangkan menjaga pandangan dapat menutup pintu masuk setan ke dalam hati.

Ketujuh, Pandangan yang berlebihan menjadikan seorang hamba dalam kelalaian dan mengikuti hawa nafsu.
Allah -ÚóÒøó æóÌóáøó – berfirman,


æóáóÇ ÊõØöÚú ãóäú ÃóÛúÝóáúäóÇ ÞóáúÈóåõ Úóäú ÐößúÑöäóÇ æóÇÊøóÈóÚó åóæóÇåõ æóßóÇäó ÃóãúÑõåõ ÝõÑõØðÇ


“Dan janganlah engkau mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingat Kami, serta menuruti keinginannya dan keadaannya sudah melewati batas.” (Qs. al-Kahfi : 28).

Pandangan yang berlebihan adalah penyebab ketiga hal di atas. Sedangkan menahan pandangan, menfokuskan hati untuk berfikir tentang kemaslahatannya dan menyibukkan diri dengannya.

Kedelapan, Sesungguhnya pandangan yang berlebihan berdampak pada hati seperti dampak anak panah pada targetnya. Jika tidak membuatnya terbunuh, ia akan membuatnya terluka. Ia adalah percikan api yang dilemparkan pada tumpukan jerami kering, jika tidak membakar seluruhnya, ia akan membakar separuhnya. Seperti diungkapkan,


ßõáøõ ÇáúÍóæóÇÏöËö ãóÈúÏóÇåóÇ ãöäó ÇáäøóÙóÑö ### æóãõÚúÙóãõ ÇáäøóÇÑö ãöäú ãõÓúÊóÕúÛóÑö ÇáÔøóÑóÑö
ßóãú äóÙúÑóÉò ÝóÚóáóÊú Ýöí ÞóáúÈö ÕóÇÍöÈöåóÇ ### ÝöÚúáó ÇáÓøöåóÇãö ÈöáóÇ ÞóæúÓò æóáóÇ æóÊóÑò
æóÇáúãóÑúÁõ ãóÇ ÏóÇãó ÐóÇ Úóíúäò íõÞóáøöÈõåóÇ ### Ýöí ÃóÚúíõäö ÇáäøóÇÓö ãóæúÞõæúÝñ Úóáóì ÎóØóÑò
íóÓõÑøõ ãóÞúáóÊóåõ ãóÇ ÖóÑøó ãõåúÌóÊóåõ ### áóÇ ãóÑúÍóÈðÇ ÈöÓõÑõæúÑò ÚóÇÏó ÈöÇáÖøóÑóÑö


Setiap kejadian berawal dari pandangan
Kebanyakan kobaran api berasal dari bunga api yang dianggap kecil
Betapa banyak pandangan yang menyerang hati pemiliknya
Seperti anak panah yang menyerang tanpa busur dan tali busur
Dan manusia selama memiliki mata yang bisa dibolak balik
Pada mata manusia terdapat marabahaya
Bola matanya merasa senang terhadap hal yang membahayakan

Orang yang memandang ibarat melemparkan anak panah menuju hatinya. Sedangkan dirinya tidak menyadari bahwa yang ia panah adalah hatinya.


íóÇ ÑóÇãöíðÇ ÈöÓöåóÇãö ÇááøóÍúÙö ãõÌúÊóåöÏðÇ ### ÃóäúÊó ÇáúÞóÊöíúáõ ÈöãóÇ ÊóÑúãöí ÝóáóÇ ÊõÕöÈö
æóÈóÇÚöËõ ÇáØøóÑóÝö íóÑúÊóÇÏõ ÇáÔøóÞóÇÁõ áóåõ ### ØóæøöÞúåõ Åöäøóåõ íóÃúÊöíúßó ÈöÇáúÚóØóÈö


Wahai pelempar panah pandangan yang bersungguh-sungguh melempar
Engkaulah yang terbunuh oleh apa yang kau lempar, sedangkan engkau tidak mengenai sasaranmu
Dan yang melepaskan pandangannya akan berulang kali tertimpa kemalangan
Kendalikan pandanganmu, sesungguhnya dia mendatangkan kehancuran

Kesembilan, Pandangan yang berlebihan dan melepaskan pandangan akan memberikan kerugian, keluh kesah, dan rasa sakit. Seorang hamba akan melihat sesuatu yang tidak dapat diraih dan tidak sabar untuk mendapatkannya. Seperti yang diungkapkan dalam syair :


æóßõäúÊó ãóÊóì ÃóÑúÓóáúÊó ØóÑúÝóßó ÑóÇÆöÏðÇ ### áöÞóáúÈößó íóæúãðÇ ÃóÊúÚóÈóÊúßó ÇáúãóäóÇÙöÑõ
ÑóÃóíúÊó ÇáøóÐöí áóÇ ßõáøóåõ ÃóäúÊó ÞóÇÏöÑñ ### Úóáóíúåö æóáóÇ Úóäú ÈóÚúÖöåö ÃóäúÊó ÕóÇÈöÑõ


Ketika suatu hari engkau melepaskan pandanganmu memandu hatimu, niscaya yang dipandang akan melelahkan dirimu
Engkau memandang sesuatu yang tidak dapat engkau raih seluruhnya, tidak pula engkau bersabar dari sebagian darinya

Kesepuluh, Pandangan yang berlebihan akan melukai hati dan menyiksanya dengan luka yang sangat parah. Namun rasa sakit dari lukanya itu tidak menghalanginya untuk mengulangnya lagi. Seperti yang disebutkan dalam syair :


ãóÇ ÒöáúÊó ÊõÊúÈöÚõ äóÙúÑóÉð Ýöí äóÙúÑóÉò ### Ýöí ÅöËúÑö ßõáøö ãóáöíúÍóÉò æóãóáöíúÍö
æóÊóÙõäøõ ÐóÇßó ÏóæóÇÁó ÌóÑúÍößó æóåõæó Ýöí ### ÇáÊøóÍúÞöíúÞö ÊóÌúÑöíúÍñ Úóáóì ÊóÌúÑöíúÍö
ÝóÐóÈóÍúÊó ØóÑúÝóßó ÈöÇááøöÍóÇÙö æóÈöÇáúÈõßóÇÁö ### ÝóÇáúÞóáúÈõ ãöäúßó ÐóÈöíúÍõ Ãóíøõ ÐóÈöíúÍö


Engkau senantiasa mengikuti suatu pandangan dengan pandangan lain untuk melihat paras wajah yang cantik dan tampan
Engkau mengira bahwa itu adalah obat dari lukamu, padahal pada kenyataannya engkau menorehkan luka di atas luka
Kemudian engkau mengorbankan matamu dengan pandangan dan tangisan padahal hatimu disembelih habis-habisan

Kesebelas, Pandangan yang berlebih-lebihan menempatkan hati dalam kehinaan mengikuti hawa nafsu, melemahkan hati, merendahkan jiwa dan menghinakannya.

Kedua belas, Pandangan yang berlebihan meletakkan hati pada belenggu syahwat. Karena tawanan sesungguhnya adalah yang dibelenggu oleh syahwatnya dan nafsunya. Sebagaimana yang dikatakan, "Orang yang melepaskan pandangan matanya dia adalah tawanan."

Ketika syahwat dan hawa nafsu membelenggu hati, memungkinkan bagi musuhnya dan racunnya memberikan siksaan yang buruk, hingga hati menjadi:
“Seperti burung pipit di tangan anak kecil, yang membinasakannya ketika sedang asyik bermain.”

Ketiga belas, Pandangan yang berlebihan akan memperkuat kelalaian dari Allah -ÚóÒøóæóÌóáøó- dan Akhirat, serta membuatnya mabuk dengan rasa cinta terhadap yang ia lihat. Seperti disebutkan dalam firman Allah -ÚóÒøóæóÌóáøó- mengenai orang yang mencintai gambaran yang ia lihat.


áóÚóãúÑõßó Åöäøóåõãú áóÝöí ÓóßúÑóÊöåöãú íóÚúãóåõæúäó


"Demi umurmu (Muhammad), sungguh, mereka terombang-ambing dalam kemabukan (kesesatan).” (Qs. al-Hijr : 72).

Allah -ÚóÒøó æóÌóáøó- menyifati mereka dengan sifat mabuk, yaitu hilangnya akal, dan mensifati mereka dengan buta, yaitu hilangnya cahaya penglihatan. Pandangan adalah segelas khamer, dan kecintaan adalah rasa mabuk karena khamer itu. Sedikit sekali orang yang dapat sadar dari mabuk rasa cinta, kecuali apabila dia berada diambang kematian, barulah merasakan penyesalan bersama orang-orang yang merugi. (al-Bahr ar-Ra-iq, 1/82-85).

Semoga Allah –ÚóÒøóæóÌóáøó- melindingi kita dari pandangan yang berlebihan dan bahayanya. Amin. Wallahu A'lam.

(Redaksi)

Referensi :


1. Ad-Dibaj 'Ala Muslim, Abdurrahman bin Abi Bakr as-Suyuthi.
2. Al-Bahr ar-Ra-iq Fi az-Zuhdi Wa ar-Raqa-iq, Dr. Ahmad Farid.
3. Al-Jami' ash-Shahih Sunan at-Tirmidzi, Muhammad bin Isa at-Tirmidzi.
4. Al-Musnad, Ahmad bin Hanbal asy-Syaibani.
5. Ma'alim as-Sunan, Abu Sulaiman al-Khaththabi.
6. Sunan Abu Dawud, Sulaiman bin al-Asy'ats As-Sijistani.

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatannur&id=877