Artikel : Bulein Annur - Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits

Islam Memuliakan Wanita

Selasa, 10 April 12


Sungguh siapa saja yang memperhatikan nash-nash al-Qur’an dan Sunnah, maka akan mendapati perhatian Islam terhadap persoalan wanita, penjagaan hak-haknya, dan peringatan keras bagi yang berbuat zhalim kepadanya.

Islam memerintahkan untuk bermuamalah dengan wanita secara baik, sesuai dengan batasan-batasan yang agung, aturan-aturan yang lurus, dan peringatan yang keras kepada mereka yang berbuat zhalim terhadapnya. Allah berfirman, artinya, “Itulah hukum-hukum Allah, maka janganlah kamu melanggarnya. Barangsiapa yang melanggar hukum-hukum Allah mereka itulah orang-orang yang zhalim.” (QS. al-Baqarah: 229)

Wanita dalam naungan Islam sesungguhnya berada dalam kehidupan yang mulia. Islam memuliakan mereka, apapun kedudukannya, baik sebagai ibu, anak, saudara perempuan, bibi, istri maupun wanita asing. Beberapa bentuk pemuliaan Islam terhadap wanita dapat kami jelaskan sebagai berikut,

1. Mengistimewakan anak perempuan
Rasulullah bersabda dalam hadits Anas,


ãóäú ÚóÇáó ÌóÇÑöíóÊóíúäö ÍóÊìøó ÊóÈúáõÛóÇ ÌóÇÁó íóæúãó ÇáÞöíÇóãóÉö ÃóäÇó æóåõæó ßóåóÇÊóíúäö æóÖóãøó ÃóÕóÇÈöÚóåõ

“Barangsiapa mengurus dua anak perempuan hingga baligh, akan datang pada hari kiamat saya dan dia seperti ini (Rasulullah merapatkan jari telunjuk dan jari tengahnya).” (HR. Muslim, no, 2631 dari hadits Anas bin Malik)

Dalam hadits lain Rasulullah bersabda,


ãóäú ßóÇäó áóåõ ËóáÇóËõ ÈóäóÇÊò æóÕóÈóÑó Úóáóíúåöäøó æßóÓóÇåõäøó ãöäú ÌöÏóÊöåö ßõäøó áóåõ ÍöÌóÇÈÇð ãöäó ÇáäøóÇÑö

“Barangsiapa memiliki tiga orang anak perempun dan bersabar atas mereka dan memberikan mereka pakaian dari hasil usahanya maka mereka akan menjadi penghalang baginya dari nereka” (HR. al-Bukhari dalam al-Adabul Mufrad, no. 76)

Beliau juga bersabda,


ãóäö ÇÈúÊõáöìó ãöäó ÇáúÈóäóÇÊö ÈöÔóìúÁò ÝóÃóÍúÓóäó Åöáóíúåöäøó ßõäøó áóåõ ÓöÊúÑðÇ ãöäó ÇáäøóÇÑö

“Barangsiapa yang diuji dengan anak-anak perempuan dia tetap berbuat baik kepada mereka, anak-anak perempuan tersebut akan menjadi tameng dari api Neraka” (HR. Muslim, no.6862)

2. Memuliakan Ibu
Syariat Islam sangat menekankan untuk memuliakan ibu dengan kemuliaan khusus, menganjurkan untuk senantiasa berbakti dan berbuat baik kepada ibu. Senantiasa membantunya, tidak lupa mendoakannya. Dan menjauhi segala bentuk perbuatan yang menyakiti ibu. Allah berfirman,


æóÞóÖóì ÑóÈøõßó ÃóáÇøó ÊóÚúÈõÏõæÇú ÅöáÇøó ÅöíøóÇåõ æóÈöÇáúæóÇáöÏóíúäö ÅöÍúÓóÇäðÇ

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya.” (QS. al-Isra’: 23)

Islam sangat mendahulukan berbuat baik kepada ibu lebih dari bapak. Dalam hadits Abu Hurairah disebutkan bahwa ada seorang lelaki bertanya, “Kepada siapa aku berbuat baik?” Rasulullah menjawab, “Ibumu” “kemudian siapa?,” “Ibumu,” “kemudian siapa?,” “Ibumu,” “kemudian siapa?,” “Ayahmu”. (HR. al-Bukhari, no. 5971, Muslim, no. 2548)

Bahkan Islam melarang menyakiti orang tua dalam segala bentuknya. Allah berfirman, artinya, “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia” (QS. al-Isra’: 23)

Rasulullah juga bersabda,


ÃóáóÇ ÃõäóÈøöÆõßõãú ÈöÃóßúÈóÑö ÇáúßóÈóÇÆöÑö ËóáóÇËðÇ ÞóÇáõæÇ Èóáóì íóÇ ÑóÓõæáó Çááåö ÞóÇáó ÇáúÅöÔúÑóÇßõ ÈöÇááåö æóÚõÞõæÞõ ÇáúæóÇáöÏóíúäö

“Apakah kalian mau aku beritahu dosa besar yang paling besar?” Beliau menyatakannya tiga kali. Mereka menjawab, “Tentu, wahai Rasulullah”. Maka Beliau bersabda, “Menyekutukan Allah, durhaka kepada kedua orangtua.” (HR. al-Bukhari, no. 2460 dan Muslim, no. 126)

3. Memperhatikan Istri
Seorang istri mempunyai hak dan kedudukan yang agung, mendapat perlakuan yang maruf, dan lemah lembut dari sang suami. Rasulullah bersabda,


ÃóáÇó æóÇÓúÊóæúÕõæÇ ÈöÇáäøöÓóÇÁö ÎóíúÑðÇ ¡ ÝóÅöäøóãóÇ åõäøó ÚóæóÇäò ÚöäúÏóßõãú

“Berbuat baiklah kalian terhadap istri kalian, karena mereka itu hanyalah seperti tawanan di sisi kalian.” (HR. at-Tirmidzi)

Beliau juga bersabda,


Ãóßúãóáõ ÇáúãõÄúãöäöíäó ÅöíãóÇäðÇ ÃóÍúÓóäõåõãú ÎõáõÞðÇ æóÎöíóÇÑõßõãú ÎöíóÇÑõßõãú áöäöÓóÇÆöåöãú ÎõáõÞðÇ

“Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya. Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik terhadap para istrinya.” (HR. at-Tirmizi, no. 1162)


áÇó íóÝúÑóßú ãõÄúãöäñ ãõÄúãöäóÉð Åöäú ßóÑöåó ãöäúåóÇ ÎõáõÞðÇ ÑóÖöíó ãöäúåóÇ ÂÎóÑó

“Janganlah seorang mukmin benci kepada seorang wanita mukminah (istrinya), jika ia membenci sebuah sikap (akhlak) istrinya maka ia akan ridho dengan sikapnya (akhlaknya) yang lain” [HR. Muslim, no 1469]

4. Memperhatikan Saudara perempuan dan bibi
Rasulullah bersabda,


Åöäøó Çááøóåó íõæúÕöíúßõãú ÈöÃõãøóåóÇÊößõã ËóáÇóËÇð ¡ Åöäøó Çááøóåó íõæÕöíúßõãú ÈöÂÈÇóÆößõãú Åöäøó Çááøóåó íõæúÕöíúßõãú ÈöÇáÃóÞúÑóÈö ÝóÇáÃóÞúÑóÈö

“Sesungguhnya Allah berwasiat kepada kalian untuk berbuat baik kepada ibu-ibu kalian (tiga kali), Sesungguhnya Allah berwasiat kepada kalian untuk berbuat baik kepada bapak-bapak kalian, sesungguhnya Allah berwasiat untuk berbuat baik dengan keluarga yang terdekat kemudian yang dekatnya lagi.” (HR. al-Bukhari dalam al-Adabul Mufrad: 60)


áÇó íóßõæäõ áÃóÍóÏößõãú ËóáÇóËõ ÈóäóÇÊò Ãóæú ËóáÇóËõ ÃóÎóæóÇÊò ÝóíõÍúÓöäõ Åöáóíúåöäøó ÅöáÇøó ÏóÎóáó ÇáÌóäøóÉó

“Tidaklah kalian memiliki 3 anak perempuan atau 3 saudara perempuan, kemudian kalian berbuat baik kepada mereka kecuali kalian akan masuk Surga.” (HR. at-Tirmidzi, no 1912)


ÇáÑøóÍöãõ ÔõÌúäóÉñ ãöäó Çááøóåö¡ ãóäú æóÕóáóåóÇ æóÕóáóåõ Çááóøåõ¡ æóãóäú ÞóØóÚóåóÇ ÞóØóÚóåõ Çááøóåõ

“Sesungguhnya orang yang masih punya hubungan keluarga adalah kerabat erat dari Allah, Barangsiapa yang menyambungnya maka Allah akan menyambungnya, dan barang siapa yang memutusnya maka Allah akan memutusnya.” (HR. al-Bukhari dalam al-Adabul Mufrad: 55)

5. Memperhatikan wanita lain (bukan keluarga)
Islam pun memperhatikan wanita di luar keluarga. Sebagai contoh Rasulullah menganjurkan membantu janda dalam sabdanya,


ÇáÓøóÇÚöí Úóáóì ÇáÃóÑúãóáóÉö æóÇáúãöÓúßöíäö ßóÇáúãõÌóÇåöÏö Ýöí ÓóÈöíáö Çááøóåö Ãóæú ßóÇáúÞóÇÆöãö ÇáøóÐöí áóÇ íóÝúÊõÑõ Ãóæú ßóÇáÕøóÇÆöãö ÇáøóÐöí áóÇ íõÝúØöÑõ

“Orang yang berusaha membantu para janda dan orang miskin maka dia seperti orang yang berjihad di jalan Allah atau seperti orang yang shalat malam tidak pernah lelah atau seperti orang yang puasa siang hari tidak berbuka.”(HR. al-Bukhari, no. 6007, Muslim, no. 2982)

6. Memberikan hak bagi wanita untuk memilih suami
Rasulullah bersabda,


áÇó ÊõäúßóÍõ ÇáÃóíøöãõ ÍóÊøóì ÊõÓúÊóÃúãóÑó æóáÇó ÊõäúßóÍõ ÇáúÈößúÑõ ÍóÊøóì ÊõÓúÊóÃúÐóäó ÞóÇáõæÇ íóÇ ÑóÓõæáó Çááøóåö æóßóíúÝó ÅöÐúäõåóÇ ÞóÇáó Ãóäú ÊóÓúßõÊó

“Tidak boleh menikahkan seorang janda sebelum dimusyawarahkan dengannya dan tidak boleh menikahkan anak gadis (perawan) sebelum meminta izin darinya.” Mereka bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimana mengetahui izinnya?” Beliau menjawab, “De- ngan sikap diamnya.” (HR. al-Bukhari, no. 5136 dan Muslim, no. 1419)

Sungguh tidak ada ajaran selain Islam yang memuliakan wanita seperti ini. Benarlah Islam itu tinggi dan tidak ada yang lebih tinggi darinya. (Redaksi)

[Sumber:
Diterjemahkan secara bebas dari kitab: “al-Mabadiul Ammah limakanatil mar’ah fil Islam (Syamilah),” penulis Dr. Husain bin Abdul Aziz Alu Syaikh (Imam dan Khatib serta pengajar di Masjid Nabawy, Madinah al-Munawarah)]


Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatannur&id=672