Artikel : Bulein Annur - Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits

MERAIH SURGA DENGAN BIRRUL WALIDAIN

Senin, 18 Februari 08

Allah subhanahu wata’ala berfirman, Artinya, "Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa". (QS. Ali Imron: 133)

Dan dalam ayat lain berfirman, artinya, "Dan untuk yang demikin itu hendaknya orang berlomba-lomba." (QS. al-Muthaffifin: 26)

Dan dalam ayat lain Allah subhanahu wata’ala berfirman dalam surat, Artinya, "Untuk kemenangan serupa ini hendaklah berusaha orang-orang yang bekerja." (QS. ash-Shaffat: 61)

Dalam ketiga ayat ini Allah subhanahu wata’ala memerintahkan hamba-hamba-Nya untuk berlomba-lomba dan bersegera dalam mendapatkan Jannah (surga) Nya,

Ada beberapa jalan untuk meraih Jannah, dan di antara jalan-jalan itu adalah Birrul Walidain (ta'at kepada orang tua). Cukup banyak ayat-ayat al-Qur'an yang menerangkan tentang itu. Bahkan dalam beberapa ayat, Allah subhanahu wata’ala merangkaikan ketaatan kepada orang tua dengan beribadah kepada-Nya. Allah subhanahu wata’ala berfirman, artinya, "Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak,…" (QS. an-Nisa: 36)

Dan juga Dia subhanahu wata’ala berfirman, artinya, "Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya." (QS. al-Isra: 23)

Diulang-ulangnya ayat yang menerangkan berbuat baik kepada orang tua, dan dirangkaikannya ketaatan kepada keduanya dengan ketaatan kepada Allah subhanahu wata’ala menunjukkan tentang keutamaan 'Birrul Walidain' (berbakti kepada orang tua). Hal ini juga didukung dengan beberapa hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam yang menerangkan tentang keutamaan 'Birrul Walidain', di antaranya adalah apa yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, "Seorang laki-laki datang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, lalu bertanya, "Ya Rasulullah! Siapakah manusia yang paling berhak aku pergauli dengan baik? "Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab, "Ibumu". Dia bertanya lagi, "Kemudian siapa?" Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab, "Ibumu" Dia bertanya lagi, "Kemudian siapa?" Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab, "Ibumu". Dia bertanya lagi, "Kemudian siapa?" Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab, "Bapakmu". (HR. Bukhori kitab al-Adab & Muslim kitab al-Birr wa ash-Shilah)

Dan dalam hadits lain disebutkan, artinya, "Seorang laki-laki datang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam meminta ijin kepadanya untuk ikut berjihad. Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bertanya kepadanya, "Apakah kedua orang tuamu masih hidup?" Dia menjawab, "Ya". Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berkata kepadanya, "Berjihadlah (dengan berbakti) pada keduanya." (HR Bukhori kitab al-Adab & Muslim kitab al-Birr wa ash-Shilah)

Keutamaan 'Birrul Walidain' yang lain adalah bahwa hal itu merupakan sifat para Nabi'alaihimussalam. Allah subhanahu wata’ala mengisahkan tentang Nabi Ibrahim 'alaihissalam dalam firman-Nya, artinya, "Ibrahim berkata, "Semoga keselamatan dilimpahkan kepadamu, aku akan meminta ampun bagimu kepada Tuhanku. Sesungguhnya Dia sangat baik kepadaku." (QS. Maryam: 47). Juga pujian Allah subhanahu wata’ala kepada Nabi 'Isa 'alaihissalam, artinya, "Dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku sebagai seorang yang sombong lagi celaka." (QS. Maryam: 32 )

Itulah sirah dan sikap para Nabi 'alaihimussalam kepada orang tua mereka, dan jalan mereka itulah jalan yang lurus/ shirathal mustaqim, yang selalu kita minta dalam setiap shalat kita. Dan inilah salah satu jalan untuk meraih surga. Namun yang perlu diperhatikan adalah bahwa berbuat baik kepada keduanya bukan berarti kita harus melaksanakan semua perintah mereka. Allah subhanahu wata’ala berfirman, artinya, "Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya dengan baik, dan ikutlah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Kulah kembalimu, maka Kuberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan." (QS. Luqman:15)

Sa'ad bin Waqqoshradhiyallahu ‘anhuberkata, "Diturunkan ayat ini (QS. Luqman: 15) berkaitan dengan masalahku. Dia berkata, "Aku adalah seorang yang berbakti kepada ibuku, maka tatkala aku masuk Islam, dia berkata, "Wahai Sa'ad apa yang aku lihat dengan apa yang baru darimu?" "Tinggalkan agama barumu itu kalau tidak, aku tidak akan makan dan minum sampai aku mati sehingga kamu dicela dengan sebab kematianku dan kau akan dipanggil dengan wahai pembunuh ibunya". Maka aku katakan kepadanya, "Jangan kau lakukan wahai ibuku, sesungguhnya aku tidak akan meninggalkan agamaku ini untuk siapa saja". Maka dia (ibu Sa'ad) diam, tidak makan selama sehari semalam, maka dia kelihatan sudah payah. Kemudian dia tidak makan sehari semalam lagi, maka kelihatan semakin payah. Maka tatkala aku melihatnya aku berkata kepadanya, "Hendaklah kau tahu wahai ibuku, seandainya kau memiliki seratus nyawa, dan nyawa itu melayang satu demi satu, maka tidak akan aku tigggalkan agama ini karena apapun juga, maka kalau kau mau makan makanlah , kalau tidak maka jangan makan". Lantas diapun makan." (Tafsir Ibnu Katsir)

Allah subhanahu wata’ala menyediakan balasan/ pahala yang besar bagi siapa yang taat pada orang tuanya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, artinya, "Ridha Allah tergantung pada ridha orang tua dan murka Allah tergantung pada murka orang tua." (HR Tirmidzi kitab al-Birr wa ash-Shilah, dishahihkan oleh al-Albany). Ibnu Mas'ud radhiyallahu ‘anhu berkata, "Aku bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, "Apakah perbuatan yang paling utama?" Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab, "Iman kepada Allah dan RasulNya". "Kemudian apalagi?" Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab, "Berbuat baik kepada Orang tua." Kemudian apalagi?" Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab, "Berjuang di jalan Allah." (HR. Bukhari kitab al-Hajj dan Muslim bab Bayan kaunil iman billah min afdhailil a'mal)

Dan pahala yang besar ini tidak mudah diperoleh kecuali dengan melaksanakan kewajiban-kewajiban kepada orang tua kita. Ada beberapa kewajiban kita terhadap orang tua, di antaranya:

Yang pertama: Berbuat baik kepada keduanya baik dengan perkataan atau perbuatan. Allah subhanahu wata’ala berfirman, Artinya, "Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "Ah", dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia." (QS: al-Qur'an-Isro: 23)

Yang kedua: Rendah hati terhadap keduanya. Allah subhanahu wata’ala berfirman, Artinya, "Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan". (QS: al-Isro: 24)

Yang ketiga: Mendoakan keduanya baik semasa hidupnya ataupun sesudah meninggalnya. Allah subhanahu wata’ala berfirman, Artinya, "Dan ucapkanlah, Wahai Tuhanku kasihanilah mereka berdua sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil." (QS: al-Isro: 24)

Dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, "Apabila anak Adam mati maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga perkara: shodaqoh jariyah atau ilmu yang bermanfaat atau anak soleh yang mendoakannya." (HR. Muslim kitab al-Washiyyah)

Yang Keempat: Mentaati keduanya dalam kebaikan. Allah subhanahu wata’ala berfirman, Artinya, "Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu , maka janganlah kamu mengikuti keduanya , dan pergaulilah keduanya dengan baik". (QS: Luqman: 15)

Yang Kelima: Memintakan ampun bagi keduanya sesudah meninggal, yaitu apabila meninggal dalam keadaan Islam. Allah subhanahu wata’ala berfirman menceritakan tentang nabi Ibrahim ’alaihissalam Artinya, "Ya Tuhan kami beri ampunlah aku dan kedua ibu bapakku dan semua orang-orang mu'min pada hari terjadinya hisab/ kiamat". (QS Ibrohim: 41)
Juga firman-Nya tentang Nabi Nuh ’alaihissalam, Artinya, "Ya Tuhanku ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang beriman laki-laki dan perempuan." (QS: Nuh: 28)

Yang Keenam: Melunasi hutangnya dan melaksanakan wasiatnya, selama tidak bertentangan dengan syari'at. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam membenarkan ucapan seorang wanita yang berpendapat hutang ibunya wajib dilunasi, dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menambahkan bahwa hutang kepada Allah subhanahu wata’ala berupa shaum nadzar lebih berhak untuk dilunasi.

Yang Ketujuh: Menyambung tali kekerabatan mereka berdua, seperti: Paman dan bibi dari kedua belah pihak, kakek dan nenek dari kedua belah pihak. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, "Sesungguhnya sebaik-baik hubungan/ silaturahim adalah hubungan/ silaturohim seorang anak dengan teman dekat bapaknya." (HR. Muslim kitab al-Qur'an-birr wash shilah).

Yang Kedelapan: Memuliakan teman-teman mereka berdua. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memuliakan teman-teman istrinya tercinta Khadijah radhiyallahu ‘anha, maka kita muliakan pula teman-teman istri kita. Dan teman-teman orang tua kita lebih berhak kita muliakan, karena di dalamnya ada penghormatan kepada orang tua kita.

Semoga Allah subhanahu wata’ala tidak menjadikan kita semua termasuk orang-orang yang mendapati masa tua orang tuanya, namun kita tidak bisa berbuat baik kepadanya, karena berbakti kepada keduanya adalah salah satu jalan untuk meraih surga.
(disarikan dari beberapa ferensi, oleh: Ust. Ahmad Fadhilah Mubarak)

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatannur&id=467