Artikel : Al-Quran - Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits

Ayat 59-60 Surat Ali Imran

Jumat, 07 Februari 14


Allah berfirman,


Åöäøó ãóËáó ÚöíúÓóì ÚöäúÏó Çááåö ßóãóËáö ÂÏóãó ÎóáÞóåõ ãöäú ÊõÑÇÈò Ëõãøó ÞÇáó áåõ ßõäú Ýóíóßõæäõ ÇóáúÍóÞøõ ãöäú ÑóÈøößó ÝáÇ Êóßõæäóäøó ãöäó ÇáãõãúÊóÑúíäó


Sesungguhnya perumpamaan penciptaan Isa di sisi Allah adalah seperti penciptaan Adam, Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Dia berfirman, ‘Jadilah.’ Maka dia pun jadi. Dan kebenaran itu dari Rabbmu maka janganlah kamu termasuk orang-orang yang ragu-ragu.

Sesungguhnya perumpamaan penciptaan Isa di sisi Allah.” Yakni kodrat Allah dalam menciptakannya tanpa bapak.

Adalah seperti penciptaan Adam.” Yang Allah ciptakan tanpa bapak dan ibu.

Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Dia berfirman, ‘Jadilah.’ Maka dia pun jadi.” Sebagaimana Allah menciptakan Adam dari tanah tanpa bapak dan ibu dan Dia berfirman, ‘Jadilah.’ Maka dia pun jadi, maka demikian juga Allah menciptakan Isa tanpa bapak, Dia berfirman, ‘Jadilah.’ Maka dia pun jadi tanpa bapak.

Dan kebenaran itu dari Rabbmu maka janganlah kamu termasuk orang-orang yang ragu-ragu.” Inilah kebenaran terkait dengan Isa yang tidak ada kebenaran lain kecuali ia, dan tidak ada sesudah kebenaran kecuali kebatilan.

Bila Allah Mahakuasa menciptakan Adam tanpa bapak dan ibu, maka Dia lebih patut Mahakuasa menciptakan Isa yang tanpa bapak. Bila Isa boleh diklaim sebagai anak Allah karena Allah menciptakannya tanpa bapak, maka klaim yang sama boleh untuk Adam, bahkan lebih patut, dan sudah dimaklumi dengan kesepakatan bahwa hal itu batil, maka klaim bahwa Isa adalah anak Allah lebih batil.

Rabb Ta’ala memperlihatkan kodratNya kepada makhluk-makhlukNya, Dia menciptakan Adam tanpa bapak dan ibu, menciptakan Hawwa` dari laki-laki tanpa wanita, menciptakan Isa dari wanita tanpa laki-laki dan menciptakan manusia selain mereka dari laki-laki dan wanita.

Kesimpulan: Isa bukan Tuhan, bukan anak Tuhan, bukan bagian dari Tuhan, Isa adalah makhluk, hamba Allah dan utusanNya. Inilah kebenaran dari Allah dan selainnya adalah kebatilan yang nyata. Wallahu a'lam.
Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatquran&id=290