Artikel : Al-Quran - Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits

Tafsir Ayat 39 Surat Ali Imran

Jumat, 13 September 13


Allah berfirman,


ÝóäóÇÏóÊúåõ ÇáãóáÇÆößóÉõ æóåõæó ÞÇÆöãñ íõÕóáøöí Ýöí ÇáãöÍúÑóÇÈö Ãóäøó Çááåó íõÈóÔøöÑõßó ÈöíóÍúíìó ãõÕóÏøöÞÇð ÈößóáöãóÉò ãöäó Çááåö æóÓóíøöÏðÇ æóÍóÕõæÑðÇ æóäóÈöíøðÇ ãöäó ÇáÕøóÇáÍöíúä


Kemudian malaikat memanggil Zakariya saat dia sedang berdiri shalat di mihrabnya, ‘Sesungguhnya Allah menyampaikan kabar gembira kepadamu dengan kelahiran seorang putra bernama Yahya yang membenarkan kalimat dari Allah, seorang sayyid, seorang yang menahan diri dan seorang nabi termasuk orang-orang shalih.

“Kemudian malaikat memanggil.” Maksudnya malaikat berbicara kepadanya dengan suara yang didengar oleh Zakariya.

“Sesungguhnya Allah menyampaikan kabar gembira…” Kabar gembira kelahiran anak dari tulang sulbimu yang bernama Yahya. Qatadah berkata, “Dinamakan Yahya karena Allah yuhyihi, menghidupkannya dengan iman.

“Yang membenarkan kalimat dari Allah.” Beberapa ulama salaf berkata, “Yang dimaksud dengan kalimat dari Allah adalah Isa putra Maryam. Ar-Rabi’ bin Anas berkata, “Yahya adalah orang pertama yang membenarkan Isa.”

“Seorang sayyid.” Asal sayyid adalah tokoh atau pemimpin, dan yang dimaksud di sini, ada yang berkata, orang bijak. Ada yang berkata, tokoh agama dan pemuka ibadah. Ada yang berkata, fakih alim. Ada yang berkata, orang mulia di sisi Allah.

“Seorang yang menahan diri.” Ibnu Katsir berkata, “Sanjungan kepada Yahya bahwa dia adalah hashur bukan berarti dia tidak menggauli wanita, akan tetapi maknanya adalah sebagaimana yang diucapkan oleh Qadhi Iyadh dan lainnya, bahwa dia terjaga dari perbuatan keji dan kotor, dan hal itu tidak menghalanginya untuk menikah dan melahirkan anak.”

“Dan seorang nabi termasuk orang-orang shalih.” Pengangkatan Yahya sebagai Nabi sebelum dilahirkan.

Dalam ayat ini Allah mengabulkan doa Zakariya yang dia panjatkan dalam ayat sebelumnya dengan mengutus malaikat untuk menyampaikan kabar dikabulkannya doanya, saat itu Zakariya sedang berdiri shalat, begitu sepatutnya orang yang punya hajat kepada Allah yang ingin Dia menunaikannya, hendaknya dia membantu doanya dengan usaha mendekat kepada Allah melalui ibadah-ibadah khususnya shalat.

Kabar gembira kelahiran anak yang dinantikan sekian lama, ini tentu menggembirakan, lebih menggembirakan anak ini kelak memiliki sifat-sifat luhur, membenarkan utusan Allah Isa putra Maryam yang merupakan sepupunya, seorang tokoh agama dan pemimpin dunia, orang bersih dari dosa dan maksiat dan yang lebih tinggi adalah dia termasuk nabi-nabi dan orang-orang shalin.

Petunjuk Ayat

1- Allah mengabulkan doa para nabi secara khusus dan hamba-hambaNya secara umum.

2- Kehadiran para malaikat kepada para nabi dan berbicaranya mereka dengan mereka.

3- Zakariya adalah ahli ibadah, ahli shalat.

4- Keutamaan Yahya dengan sifat-sifatnya yang mulia. Wallahu a'lam.
Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatquran&id=273