Artikel : Al-Quran - Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits

Tafsir Ayat 38 Surat Ali Imran

Jumat, 23 Agustus 13


Allah berfirman,


åõäÇáößó ÏóÚÇó ÒóßÑöíøóÇ ÑóÈøóåõ ÞÇáó ÑóÈøö åóÈú áöí ãöäú áóÏõäúßó ÐõÑøöíøóÉð ØóíøöÈóÉõ Åöäøóßó ÓóãöíúÚõ ÇáÏøõÚÇóÁ


Di sanalah Zakariya berdoa kepada Rabnya, dia berkata, ‘Ya Rabbi, berilah aku dari sisiMu seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha mendengar doa.

Manakala Zakariya melihat Allah memberi rizki kepada Maryam berupa buah-buahan musim dingin di musim panas dan sebaliknya, maka timbul dalam dirinya hasrat untuk mempunyai anak, sekalipun dirinya sudah tua, beruban, tulangnya pun sudah lemah, di samping istrinya juga sama dengan dirinya, tua dan mandul. Sekalipun dari sisi pertimbangan manusia, suami istri dalam umur Zakariya dan istrinya, tidak mudah untuk punya anak, tetapi Zakariya tahu bahkan yakin bahwa tidak ada yang sulit bagi Allah, karena Allah Mahakuasa atas segala sesuatu, Zakariya tidak putus harapan terhadap kehadiran seorang anak. Maka Dia mengetuk pintu langit, “Ya Rabbi.” Dia bertawasul kepada Allah dengan rububiyahNya, karena hajatnya yaitu kelahiran anak terkait dengan sisi rububiyahNya. Dia memohon kepada Rabbnya anak yang shalih, bukan asal anak, tetapi anak yang shalih, yang doanya berguna bagi orang tua sesudah kematian. Lalu Zakariya menutup doanya dengan menyebut sifat sam’u, mendengar bagi Allah, bahwa Allah mendengar doanya yang otomatis menjawab dan mengabulkan dan demikian yang terjadi.

Petunjuk Ayat

1- Doa hanya benar dipanjatkan kepada Rabb Subhanahu wa Ta’ala.

2- Hajat para nabi kepada Allah, ini artinya mereka adalah para hamba.

3- Hanya Allah yang merizkikan anak kepada siapa yang Dia kehendaki.

4- Ikhtiar mendapatkan anak melalui doa.

5- Bagi pasangan suami istri yang terlambat punya anak, contohlah Zakariya yang tidak putus asa dan terus berdoa kepada Allah.

6- Keutamaan anak yang shalih, karena itu Zakariya tidak hanya memohon anak, tetapi anak yang shalih.

7- Sifat sam’u, mendengar bagi Allah, bahwa di antara yang didengar oleh Allah adalah doa hambaNya. Wallahu a'lam.
Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatquran&id=272