Artikel : Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits
Nasehati Saudarimu Dengan Bijak
Selasa, 01 Juli 14

Pertanyaan :

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

"Bagaimana cara menasehati adik perempuan yang tidak memakai jilbab dan tidak mau membaca Al-Qur'an?"

Jawaban :

Wa’alaikumussalam Warahmatullah Wabarakatuh

Bismillah, alhamdulillah, washsholatu wassalamu'ala rosulillah, amma ba'du.

Pertama; Hendaklah kita bertakwa kepada Alloh ta'ala, kerena dengannya Alloh memberi kemudahan atas urusan kita. Ingatlah firman Alloh azza wajalla yang artinya, “Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.” ( Qs. ath Tholaq : 4 )

Kedua; Hendaknya Anda ikhlash karena Alloh dalam memberikan nasehat kepada saudari Anda. Anda lakukan nasehat terhadap saudari Anda untuk mendapatkan keridhoan Alloh ta'ala. Dengan ini, Alloh memberi pahala kepada Anda, dan in syaa Alloh ta'ala, ini pula menjadi kunci sukses bagi Anda dalam memberikan nasehat kepada saudari Anda.

Ketiga; Bekalilah diri Anda dengan ilmu yang bersumber dari al-Qur'an dan sunnah terkait perkara yang akan Anda nasehatkan kepada saudari Anda.

Keempat; Bekalilah diri Anda dengan pengetahuan tentang keadaan orang yang hendak
Anda sampaikan nasehat kepadanya, yaitu Adik Anda. Hal ini membantu Anda dalam menentukan cara bagaimana Anda menyampaikan nasehat kepadanya.

Kelima; Lakukanlah nesehat dengan penuh kasih sayang dan lemah lembut, terlebih orang yang hendak Anda memberi nasehat kepadanya adalah adik Anda yang mana kita-Ummat nabi Muhammad shallallohu 'alaihi wasallam-diperintahkan agar menghormati orang yang lebih tua dari kita dan menyayangi orang yang lebih muda dari kita.

Keenam; Ingatlah bahwa tujuan nasihat adalah perbaikan, keinginan tulus agar adik Anda menjadi baik atau lebih baik, karena itu tunjukkan keinginan memperbaiki melalui kata-kata yang Anda ucapkan, mimik wajah dan gerakan bahasa tubuh, sehingga si dia bisa membaca dan memperhatikan ketulusan Anda, bahwa Anda hanya ingin dan berupaya agar dia menjadi baik, bila demikian, niscaya peluang dia menerima nasihat akan lebih terbuka, karena dia pun sadar bahwa Anda hanya berharap kebaikannya tidak lain.

Ketujuh;

Lakukanlah nesehat Anda empat mata, Imam Syafi’i berkata, “Nasihat empat mata adalah nasihat, sedangkan nasihat di depan khalayak adalah mempermalukan.”

Kedelapan; Bersabarlah. Tatkala Anda telah menasihati saudari Anda, namun belum saja nasehat Anda membuahkan hasil yang Anda harapkan, maka tetaplah Anda berusaha memberikan nasehat kepadanya.

Kesembilan; Jangan lupa, hendaklah Anda banyak-banyak memohon hidayah kepada Alloh untuk Anda sendiri dan Adik Anda tersebut. Semoga secercah cahaya hidayah Alloh singgah di dalam hati saudari Anda sehingga ia mengamalkan syariat Alloh yang mulia yaitu,"berjilbab dan rajin membaca al-Qur'an yang mulia."

Kesepuluh; Saudaraku, keteladanan yang baik merupakan modal pula bagi Anda sebelum Anda menyampaikan nasehat kepada saudari Anda. Oleh karena itu, berupayalah Anda untuk menjadi seorang kakak yang dapat menjadi teladan yang baik bagi adik Anda.

Wallohu a'lam. Solawat dan salam semoga tercurah kepada nabi kita Muhammad, beserta keluarga dan para sahabatnya.

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatkonsultasi&id=3650