Artikel : Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits
Larangan Berjenggot di Sebuah Perusahaan
Jumat, 27 Agustus 10
Tanya:

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakatuh,

Bismillah…

Ustadz, ijinkan ana bertanya, Apa yang bisa kita lakukan terhadap perusahaan yang melarang untuk berjenggot dan berkumis kepada karyawannya?, sehingga menghalangi untuk mengamalkan amalan sunnah tersebut, adakah cara untuk menghapus aturan tersebut yang syar'i atau langkah hukum yang bisa menghapus aturan perusahaan tersebut? Baarakallahu Fiikum.

Wassalamu'alaikum warhamatullaahi wabarakatuh

Hormat Saya: Widjanarko

Jawab:

Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah. Shalawat dan salam kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Amma ba’du.

Caranya dengan melakukan pendekatan kepada pemegang policy di perusahanan tersebut, melakukan dialog dengan mereka secara baik, seraya memperlihatkan diri bahwa Anda adalah karyawan yang menguasai bidangnya, disiplin, mempunyai dedikasi tinggi kepada perusahan, karena semua itu merupakan konsekuensi akad kerja Anda dengan perusahan, intinya menunjukkan bahwa Anda adalah karyawan yang baik. Mudah-mudahan dengan itu, pihak pimpinan perusahaan bisa memahami, dan bahwa larangan berjenggot bertentangan dengan hak asasi manusia untuk mengamalkan agamanya dengan baik.

Shalawat dan salam kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatkonsultasi&id=2953