Artikel : Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits
Nasehat Untuk Suami ( Keluarga )
Senin, 10 Mei 10
Oleh: Ust. Izzudin Karimi, Lc


Tanya:

Assalamu'alaikum waRahmatullaahi waBarakatuh,

Ustadz…. bagaimana cara bersikap dengan suami yang terkadang lihat foto-foto artis di internet, bahkan lebih dari itu? Saya sudah menasehati baik-baik, saat itu dia minta maaf dan tidak mengulangi, tapi dikemudian hari, berulang lagi. Perlu diketahui, Alhamdulillah.. saya dibesarkan di keluarga dengan basic Diin yang kuat (mudah-mudahan pengikut Ahlus Sunnah Wal Jama'ah) sedangkan suami saya minim tentang Diin (karena orang tuanya kurang memprioritaskan agama). Tingkah laku suami saya, insya Allah semuanya baik, dia tergantung lingkungan Ustadz..

Wassalamu'alaikum warhamatullaahi wabarakatuh

Hormat Saya : NN

Jawab:

Wa'alaikumussalam waRahmatullahi waBarakatuh

Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah. Shalawat dan salam kepada Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam. Amma ba’du.

Jelaskan kepadanya bahwa seorang muslim patut menjaga pendangannya berdasarkan firman Allah Ta'ala, “Katakanlah kepada orang-orang mukmin, hendaknya mereka menundukkan pandangan mereka dan menjaga kelamin mereka.” (An-Nur: 30), dan barangsiapa meninggalkan sesuatu yang dilarang oleh agama karena Allah maka Allah akan memberinya ganti dengan yang lebih nikmat lagi halal.

Ketika Anda menasihatinya dan dia minta maaf namun dia mengulangnya, ini artinya dia menyadari bahwa apa yang dilakukannya keliru, ini artinya bibit kebaikan padanya masih kuat dan seperti Anda katakan dia baik, dari sini saya melihat bahwa suami Anda memerlukan pendampingan dari Anda secara lebih intens lagi, dampingilah dia lebih sering, minimalkan peluang dia untuk membuka internet kecuali untuk membuka situs-situs yang berguna, alihkan kepada acara-acara lain yang lebih bermanfaat.

Terakhir, pandai-pandai mempercantik diri di depan suami, ingat hanya di depan suami, kalau dia sudah mendapatkan apa yang dia cari pada dirimu niscaya dia tidak perlu berkhayal dengan dunia yang tidak nyata, dan jangan lupa rajin-rajin berdoa untuk kebaikannya.

Shalawat dan salam kepada Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam .

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatkonsultasi&id=2814