Artikel : Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits
Tiupan Sangsakala
Rabu, 12 Maret 08

Tanya:

Assalamu'alaikum wa Rahmatullahi wa Barakaatuh.

Apa sebenarnya hakekat Tiupan Sangsakala itu? Mohon penjelasannya.

Wassalamu'alaikum wa Rahmatullahi wa Barakaatuh.[IK]

Hormat Saya : Syifa'

Jawab:

Wa'alaikumussalam wa Rahmatullahi wa Barakatuh.

Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah. Shalawat dan salam kepada Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa sallam. Amma ba'du.

Firman Allah,yang artinya, "Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu(putusannya masing-masing)"
(Az-Zumar: 68).

Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa sallam ditanya tentang sangkakala, kata beliau ia adalah tanduk yang ditiup, peniupnya adalah Israfil, jika ia ditiup matilah siapa yang ada dilangit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah sebagaimana dalam ayat di atas. Mereka tetap dalam kondisi tersebut sampai masa tertentu sebelum mereka dibangkitkan.

Al-Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Jarak antara dua tiupan itu 40 (empat puluh). Mereka bertanya,'Wahai Abu Hurairah apakah 40 hari?' Dia menjawab, 'Saya menolak.' -maksudnya, saya tidak berani memastikan kecuali 40 saja-. Mereka bertanya, '40 bulan? Dia menjawab, 'Saya menolak'. Mereka bertanya, '40 tahun?'. Dia menjawab, 'Saya menolak.'Kemudian Allah menurunkan hujan dari langit maka mereka bermunculan seperti sayuran tumbuh. Dia berkata,"Tidak ada bagian menusia kecuali ia hancur selain satu tulang yaitu tulang ekor, darinya makhluk disusun kembali pada Hari Kiamat."

Shalawat dan salam kepada Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa sallam.

Assalamu'alaikum wa Rahmatullaahi wa Barakatuh,

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatkonsultasi&id=1840