Artikel : Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits
Kisah Cobaan Berat Dalam Beragama
Jumat, 17 Nopember 23
Dari Khabbab bin al-Aratt radhiyallahu’anhu, beliau berkata,
"Kami pernah mengadu kepada Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam yang ketika itu sedang berbaring berbantalkan selimut beliau di bawah naungan Ka'bah. Kami katakan, '(Ya Rasulullah), mengapa Anda tidak memohon (kepada Allah) untuk kami agar memberi pertolongan untuk kami? Mengapa Anda tidak berdoa untuk kami? Maka jawab beliau,

'Sungguh telah terjadi pada orang-orang sebelum kalian, di mana seseorang di antara mereka didatangkan lalu digalikan tanah untuknya lalu dia ditanam (badannya) di sana hidup-hidup, kemudian didatangkan gergaji besi, lalu diletakkan di atas kepalanya hingga terbelah menjadi dua, dan badannya digaruk (dirobek-robek) dengan sisir dari besi hingga terpisah dagingnya dari tulangnya; akan tetapi semua itu tidak memalingkannya dari Agamanya. Demi Allah, Dia akan menyempurnakan (kemenangan) Agama ini hingga seorang pengendara akan berjalan dari negeri Shana'a` hingga Hadharamaut, di mana dia tidak akan takut kecuali kepada Allah dan serigala akan memangsa dombanya; akan tetapi kalian terlalu terburu-buru'."

PELAJARAN YANG DAPAT DIPETIK:

1. Keutamaan sabar dan tabah menghadapi cobaan dalam beragama.

2. Salah satu mu'jizat Nabi shallahu’alaihi wasallam adalah terwujudnya apa yang diberitakan oleh Nabi shallallahu’alaihi wasallam akan terjadi dan tersiarnya Islam dan terwujudnya keamanan dan kedamaian.

3. Kesabaran para sahabat Nabi shallallahu’alaihi wasallam atas siksaan yang bertubi-tubi dengan penuh kerelaan dan jiwa yang tenang.

4. Anjuran untuk meneladani orang-orang yang shalih yang banyak mendapat cobaan dan mereka tetap bersabar dalam menghadapinya.

5. Islam adalah agama yang penuh kedamaian dan ketenangan hingga datang Hari Kiamat.

[Sumber: Sittuna Qishshah Rawaha an-Nabi wash Shahabah al-Kiram, Muhammad bin Hamid Abdul Wahab, Edisi Indonesia, 61 KISAH PENGANTAR TIDUR Diriwayatkan Secara Shahih dari Rasulullah dan Para Sahabat, Pustaka Darul Haq, Jakarta]


Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatkisah&id=389