Artikel : Kajian Islam - Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits - ,

Pendidikan Anak Dalam Islam
oleh :

Kita wajib beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para rasul-Nya, hari Akhir serta takdir baik dan takdir buruk dari Allah Subhaanahu wata'ala.

Allah Subhaanahu wata'ala berfirman,

Âãóäó ÇáÑóøÓõæáõ ÈöãóÇ ÃõäúÒöáó Åöáóíúåö ãöäú ÑóÈöøåö æóÇáúãõÄúãöäõæäó ßõáñø Âãóäó ÈöÇááóøåö æóãóáóÇÆößóÊöåö æóßõÊõÈöåö æóÑõÓõáöåö

“Rasul telah beriman kepada Al-Qur’an yang diturunkan kepadanya dari Rabbnya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. Mereka mengatakan, “Kami tidak membeda-bedakan antara seorang pun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya” (Al-Baqarah: 285).

íóÇ ÃóíõøåóÇ ÇáóøÐöíäó ÂãóäõæÇ ÂãöäõæÇ ÈöÇááóøåö æóÑóÓõæáöåö æóÇáúßöÊóÇÈö ÇáóøÐöí äóÒóøáó Úóáóì ÑóÓõæáöåö æóÇáúßöÊóÇÈö ÇáóøÐöí ÃóäúÒóáó ãöäú ÞóÈúáõ æóãóäú íóßúÝõÑú ÈöÇááóøåö æóãóáóÇÆößóÊöåö æóßõÊõÈöåö æóÑõÓõáöåö æóÇáúíóæúãö ÇáúÂÎöÑö ÝóÞóÏú Öóáóø ÖóáóÇáðÇ ÈóÚöíÏðÇ

“Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya.” (An-Nisa’: 136).

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,

ÇóáúÅöíãóÇäõ Ãóäú ÊõÄúãöäó ÈöÇááåö æóãóáÇóÆößóÊöåö æóßõÊõÈöåö æóÑõÓõáöåö æóÇáúíóæúãö ÇúáÂÎöÑö æóÊõÄúãöäó ÈöÇáúÞóÏúÑö ÎóíúÑöåö æóÔóÑöøåö.

“Iman itu adalah engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para rasul-Nya, hari akhir dan takdir baik dan buruk.” (Muttafaq ‘Alaih).

Menurut riwayat Muslim disebutkan:

Ãóäú ÊõÄúãöäó ÈöÇááåö æóãóáÇóÆößóÊöåö æóßöÊóÇÈöåö æóáöÞóÇÆöåö æóÑõÓõáöåö æóÊõÄúãöäó ÈöÇáúÈóÚúËö æóÊõÄúãöäó ÈöÇáúÞóÏúÑö ßõáöøåö.

“iman adalah engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-Nya, pertemuan dengan-Nya, para rasul-Nya, beriman kepada adanya kebangkitan dan beriman kepada seluruh takdir.”

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=indexkajian&id=1§ion=kj001