Artikel : Kajian Islam - Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits - ,

Pendidikan Anak Dalam Islam
oleh :

Jumlah Nishab Zakat Harta

Soal: Nishab perak sekitar dua ratus dirham, lebih kurang lima puluh tujuh riyal. Nishab emas sekitar dua puluh dinar. Begitulah jumlah nishab pada zaman Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Namun jumlah tersebut pada hari ini tidaklah sepadan. Sebab dua puluh dinar melebihi lima puluh tujuh riyal perak. Jadi, apa yang harus kami lakukan?

Jawab: Nishab perak adalah dua ratus dirham, jika dikurskan menjadi lima puluh enam riyal perak Saudi atau yang senilai dengan itu. Adapun nishab emas adalah dua puluh mitsqal, jika diuangkan menjadi sebelas tiga pertujuh juneih atau yang senilai dengan itu. (Lajnah Da’imah)

Nishab Uang

Soal: Sekarang ini orang-orang berbeda pendapat tentang nishab uang. Sebagian mereka mengatakan nishabnya adalah dua ratus riyal, diqiyaskan dengan nishab perak, yaitu dua ratus dirham. Sebagian lagi mengatakan lima puluh enam riyal, sebagian lagi mengatakan senilai dua ratus dirham dengan mata uang riyal. Jika kita hitung, dua ratus dirham senilai dengan delapan ratus riyal Saudi. Saya benar-benar bingung dalam masalah ini, berilah fatwa semoga Allah membalas pahala kebaikan bagi Anda.

Jawab: Nishab perak adalah dua ratus dirham, atau senilai dengan seratus empat puluh mitsqal. Jika dihitung dengan riyal perak Saudi berjumlah lima puluh enam riyal Saudi atau mata uang lain yang senilai dengannya. Wabillahi taufiq. Shalawat dan salam semoga tercurah atas Nabi Muhammad, atas keluarga dan sahabat beliau. (Lajnah Da’imah)

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=indexkajian&id=1§ion=kj001