Artikel : Kajian Islam - Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits - ,

Pendidikan Anak Dalam Islam
oleh :

Timbangan (Mizan)

Allah subhanahu wata'aala berfirman:

æóäóÖóÚõ ÇáúãóæóÇÒöíäó ÇáúÞöÓúØó áöíóæúãö ÇáúÞöíóÇãóÉö ÝóáóÇ ÊõÙúáóãõ äóÝúÓñ ÔóíúÆðÇ æóÅöäú ßóÇäó ãöËúÞóÇáó ÍóÈóøÉò ãöäú ÎóÑúÏóáò ÃóÊóíúäóÇ ÈöåóÇ æóßóÝóì ÈöäóÇ ÍóÇÓöÈöíäó þ

“Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari Kiamat, maka tiadalah dirugikan seseorang barang sedikit pun. Dan jika (amalan itu) hanya seberat biji sawipun pasti Kami mendatangkan (pahala)nya. Dan cukuplah Kami sebagai Pembuat perhitungan.” (Al Anbiyaa’: 47).

Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

íõæúÖóÚõ ÇáãöíúÒóÇäõ íóæúãó ÇáÞöíóÇãóÉö Ýóáóæú æõÒöäó Ýöíúåö ÇáÓóøãóÇæóÇÊõ æóÇáÃóÑúÖõ áóæóÓöÚóÊú ÝóÊóÞõæúáõ ÇáãóáÇóÆößóÉõ: íóÇ ÑóÈöø áöãóäú íóÒöäõ åóÐóÇ ÝóíóÞõæúáõ Çááåõ ÊóÚÇáìó: áöãóäú ÔöÆúÊõ ãöäú ÎóáúÞöí¡ ÝóÊóÞõæúáõ ÇáãóáÇóÆößóÉõ: ÓõÈúÍóÇäóß ãóÇ ÚóÈóÏúäóÇßó ÍóÞóø ÚöÈóÇÏóÊößó.

“Timbangan dipasang pada hari Kiamat, jikalau dibuat untuk menimbang langit dan bumi maka akan cukup, maka malaikat berkata, “Wahai Tuhanku, untuk siapa timbangan itu?” Maka Allah berfirman, “Untuk siapa saja dari makhluk-Ku yang Aku kehendaki.” Malaikat berkata, “Mahasuci Engkau, berarti kami belum beribadah dengan benar-benar ibadah.”

Bagi orang yang timbangannya berat akan mendapatkan keuntungan dan kemenangan dan bagi orang yang ringan timbangannya, akan mendapatkan kerugian dan kesengsaraan sebagaimana firman Allah subhanahu wata'aala:

ÝóÃóãóøÇ ãóäú ËóÞõáóÊú ãóæóÇÒöíäõåõ (6) Ýóåõæó Ýöí ÚöíÔóÉò ÑóÇÖöíóÉò (7) æóÃóãóøÇ ãóäú ÎóÝóøÊú ãóæóÇÒöíäõåõ (8) ÝóÃõãõøåõ åóÇæöíóÉñ (9) æóãóÇ ÃóÏúÑóÇßó ãóÇ åöíóåú (10) äóÇÑñ ÍóÇãöíóÉñ (11)þ

“Dan adapun orang-orang yang berat timbangan (kebaikan)nya, maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan. Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya, maka tempat kembalinya adalah Neraka Hawiyah. Dan tahukah kamu apakah Neraka Hawiyah itu (yaitu) api yang sangat panas.” (Al Qari’ah: 6-11)

Bersambung

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=indexkajian&id=1§ion=kj001