Artikel : Kajian Islam - Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits - ,

Pendidikan Anak Dalam Islam
oleh :

PENUTUP

Penulis berpesan kepada mereka yang terjerat di dalam perangkap bid’ah, yang kemungkinkan mempunyai tujuan baik dan menghendaki kebaikan. Apabila anda memang menghendaki kebaikan, maka demi Allah, tidak ada jalan yang lebih baik selain jalan para Salaf (generasi pendahulu) rahimahumullah.

Pegang teguhlah sunnah Rasul shallallahu 'alaihi wasallam, ikutilah jejak para salaf shalih dan perhatikanlah, apakah hal itu akan merugikan anda?

Kami katakan pula dengan sesungguhnya, bahwa anda akan mendapatkan kebanyakan orang yang suka mengerjakan bid’ah merasa enggan dan malas untuk mengerjakan hal-hal yang sudah jelas diperintahkan dan disunnahkan. Jika mereka selesai melakukan bid’ah, tentu mereka mengerjakan sunnah yang telah jelas dengan rasa enggan dan malas. Itu semua merupakan dampak bid’ah terhadap hati.

Bid’ah itu cukup besar dampaknya terhadap hati dan amat berbahaya bagi agama. Tidak ada suatu kaum melakukan bid’ah di dalam agama Allah melainkan mereka telah menghilangkan sunnah yang setara dengannya atau melebihinya, sebagaimana hal ini dinyatakan oleh seorang ulama salaf.

Akan tetapi, apabila seseorang merasa bahwa dirinya adalah pengikut dan bukan pembuat syari’at, maka akan tercapai olehnya kesempurnaan takut, tunduk, patuh dan ibadah kepada Rabbul ‘Alamin serta kesempurnaan ittiba’ di dalam mengikuti jejak Imamul Muttaqin, Sayyidul Mursalin, Rasulullah Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam.

Penulis berpesan kepada saudara-saudara kaum Muslimin yang menganggap baik sebagian bid’ah, baik yang berkenaan dengan Dzat, Asma’ dan Sifat Allah atau yang berkenaan dengan pribadi dan pengagungan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam hendaklah mereka takut kapada Allah dan menghindari hal-hal semacam itu. Beramallah dengan didasari ihklas dan sunnah, bukan syirik dan bid’ah, menurut apa yang diridhai Allah, bukan apa yang disenangi syaitan dan hendaklah mereka memperhatikan apakah yang dapat dicapai hati mereka, seberapa tingkat keselamatan, kehidupan, ketenangan, kebahagiaan dan nur yang agung.

Semoga Allah menjadikan kita sebagai petunjuk jalan yang mendapatkan petunjuk-Nya dan pemimpin yang membawa kebaikan, menerangi hati kita dengan iman dan ilmu, menjadikan ilmu yang kita miliki membawa berkah dan bukan bencana. Serta semoga Allah membimbing kita kepada jalan para hamba-Nya yang beriman, menjadikan kita termasuk para auliya’-Nya yang bertakwa dan golongan-Nya yang beruntung.

Shalawat dan salam semoga tetap dilimpahkan Allah kepada Nabi kita, Muhammad, kepada keluarga dan para sahabatnya.

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=indexkajian&id=1§ion=kj001