Artikel : Kajian Islam - Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits - ,

Pendidikan Anak Dalam Islam
oleh :

Sikap Muslim Terhadap Orang yang Mendengkinya

Penjelasan tentang hal ini telah Allah terangkan dalam firman-Nya,

æóÇáúßóÇÙöãöíäó ÇáúÛóíúÙó æóÇáúÚóÇÝöíäó Úóäö ÇáäóøÇÓö æóÇááóøåõ íõÍöÈõø ÇáúãõÍúÓöäöíäó

“dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.” (Ali Imran: 134)

Para ahlul ilmi mengatakan: Menurut ayat ini, ada tiga tahapan dalam menyikapi dengki; sikap pemula, sikap pertengahan dan sikap untuk memperolah kebaikan, yaitu:
  • Pertama: Barangsiapa yang diperlakukan tidak baik, maka hendaklah ia menahan diri. Sikap ini adalah tahapan yang paling rendah, maka ia harus menahan amarahnya tanpa disertai dendam.
  • Kedua: Yang lebih baik dari menahan marah adalah memaafkan kesalahan orang lain, dengan mengharap kebaikan dari Allah subhanahu wata'aala, yang mana sikap ini timbul dari kesucian jiwanya.
  • Ketiga: Melakukan apa yang Allah sukai yaitu kebajikan dengan bersikap baik terhadap orang yang dengki dalam bentuk silaturrahim, mengunjunginya, menghormatinya atau memberinya hadiah.

Di samping itu seorang Muslim juga memiliki sikap-sikap lainnya dalam menghadapi kedengkian orang-orang yang mendengkinya, yaitu:
  • Mengembalikan segala urusan kepada Allah subhanahu wata'aala dan taubat dari segala perbuatan dosa, karena sesungguhnya perlakuan orang-orang yang tidak menyukainya terhadap dirinya, adalah karena dosa-dosa yang ia perbuat, Allah subhanahu wata'aala berfirman,

    æóãóÇ ÃóÕóÇÈóßõãú ãöäú ãõÕöíÈóÉò ÝóÈöãóÇ ßóÓóÈóÊú ÃóíúÏöíßõãú æóíóÚúÝõæ Úóäú ßóËöíÑò

    “Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri” (Asy-Syura: 30)
  • Bertawakkal kepada Allah karena sesungguhnya barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah maka Allah akan mencukupi keperluannya. Tawakkal adalah faktor yang paling kuat untuk melindungi seorang hamba dari sesuatu yang tidak mampu ia cegah, yang berupa penganiayaan dan kezhaliman manusia, Allah berfirman,

    æóãóäú íóÊóæóßóøáú Úóáóì Çááóøåö Ýóåõæó ÍóÓúÈõåõ

    “Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.” (Ath-Thalaq: 3)
  • Memohon perlindungan kepada Allah serta membaca do’a-do’a dan zikir-zikir yang disyari’atkan, karena Allah subhanahu wata'aala telah memerintahkan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam untuk berlindung kepada Allah dari kejahatan orang yang dengki ketika ia mendengki.
  • Merendahkan diri di hadapan Allah dengan disertai permohonan agar Allah menjaga dan memelihara anda dari kejahatan musuh-musuh anda dan orang-orang yang mendengki anda.
  • Bersikap adil kepada orang yang mendengki anda dan tidak berbuat buruk terhadapnya untuk membalas keburukannya, tetap memenuhi hak-haknya serta tidak berbuat aniaya terhadapnya karena perbuatannya.
  • Berbuat baik kepadanya, dan jika semakin besar kejahatan dan kedengkiannya maka semakin berbuat baiklah anda kepadanya, dengan demikian sikap anda terhadapnya adalah nasihat untuknya.
  • Bersikap kasih sayang kepadanya, mudah-mudahan Allah memberi petunjuk kepadanya dan menjaga anda dari kejahatannya.

“Setiap permusuhan kadang bisa diharapkan berhenti, kecuali permusuhan yang berasal dari kedengkian.”
Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=indexkajian&id=1§ion=kj001