Artikel : Hadits - Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits

Larangan Tidur Sebelum Shalat Isya'

Kamis, 23 Januari 14

Diriwayatkan dari Abu Barzah radhiyallahu 'anhu, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam membenci tidur sebelum shalat 'Isya dan mengobrol setelahnya.

Kandungan Bab:

1. Mayoritas hadits-hadits Nabi menerangkan makruhnya tidur sebelum shalat 'Isya'. Oleh sebab itu, at-Tirmizi (I/314) mengatakan: "Mayoritas ahli ilmu menyatakan makruh hukumnya tidur sebelum shalat 'Isya dan mengobrol setelahnya. Dan sebagian ulama lainnya memberi keringanan dalam masalah ini. 'Abdullah bin al-Mubarak mengatakan: 'Kebanyakan hadits-hadits Nabi melarangnya, sebagian ulama membolehkan tidur sebelum shalat 'Isya khusus dalam bulan Ramadhan saja."

2. Al-Hafizh Ibnu Hajar berkata dalam Fat-hul Baari (II/49): "Di antara para ulama melihat adanya keringanan mengecualikan bila ada orang yang akan membangunkannya untuk shalat, atau diketahui dari kebiasaannya bahwa tidurnya tidak sampai melewatkan waktu shalat. Pendapat ini juga tepat, karena kita katakan bahwa alasan larangan tersebut adalah kekhawatiran terlewatnya waktu shalat."

Sumber: Ensiklopedi Larangan Menurut Al-Qur'an dan As-Sunnah, Syekh Salim bin 'Ied Al-Hilali,Pustaka Imam Asy-Syafi'i, Jilid I, Hal: 353

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihathadits&id=372