Artikel : Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits
Makan Karena Lupa Ketika Puasa
Jumat, 02 April 04

Tanya :

Bagaimana hukumnya orang yang makan atau minum karena lupa, dan apakah wajib bagi orang yang melihatnya makan atau minum karena lupa untuk mengingatkan puasanya?

Jawab :

Orang yang makan atau minum karena lupa bahwa ia sedang berpuasa, maka puasanya tetap sah. Tapi jika ia ingat maka ia wajib menghentikannya, bahkan jika ada makanan atau minuman yang masih dimulutnya (ketika ia ingat) maka wajib dikeluarkan (dilepekkan). Dalil sahnya puasa tersebut adalah Sabda Nabi Shalallaahu alaihi wasalam, sebagaimana yang diriwayatkan dari beliau dari hadits Abu Hurairah Radhiallaahu anhu:

ãóäú äóÓöíó æóåõæó ÕóÇÆöãñ ÝóÃóßóáó Ãóæú ÔóÑöÈó ÝóáúíõÊöãøó Õóæúãóåõ ÝóÅöäøóãóÇ ÃóØúÚóãóåõ Çááåõ æóÓóÞóÇåõ.

“Barangsiapa yang lupa bahwa ia sedang berpuasa, lalu ia makan atau minum, maka hendaklah ia menyempurnakan (melanjutkan) puasanya. Karena sesungguhnya Allah telah memberinya makan dan minum.”

Dan juga, karena “lupa” tidak dijadikan alasan untuk menghukum seseorang bila melakukan suatu kesalahan, berdasarkan firman Allah:
“Ya Rabb kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami bersalah.” (Al-Baqarah: 286).

Adapun orang yang melihatnya, maka ia wajib mengingatkan-nya, karena ini termasuk mencegah kemungkaran, Nabi Shalallaahu alaihi wasalam bersabda,

ãóäú ÑóÃóì ãöäúßõãú ãõäúßóÑðÇ ÝóáúíõÛóíøöÑúåõ ÈöíóÏöåö ÝóÅöäú áóãú íóÓúÊóØöÚú ÝóÈöáöÓóÇäöåö ÝóÅöäú áóãú íóÓúÊóØöÚú ÝóÈöÞóáúÈöåö.

“Barangsiapa di antara kalian yang melihat suatu kemungkaran maka hendaklah merubahnya dengan tangannya, jika tidak bisa maka hendak-lah dengan lisannya, jika tidak bisa maka hendaklah dengan hatinya.”

Tidak diragukan lagi, bahkan makan dan minumnya seseorang yang sedang berpuasa termasuk kemungkaran, tapi itu dimaafkan bila terjadi karena lupa, sebab tidak ada hukuman karena kelupaan. Adapun orang yang melihatnya, maka tidak ada alasan baginya untuk membiarkan kemungkaran.


( “Fatawa Ash-Shiyam” karya Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin )

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatfatwa&id=612