Artikel : Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits
Orang yang Meninggal dengan Menanggung Qadha Puasa
Selasa, 16 Agustus 22

Pertanyaan:

Apakah orang yang meninggal dengan menanggung hutang qadha puasa boleh dipuasakan untuknya (diqadha'kan)?

Jawaban:

Jika seorang yang sakit mempunyai hutang qadha' puasa Ramadhan dan belum melaksanakannya sampai ia meninggal dunia, jika ia meninggalkannya karena menyepelekan atau menunda-nunda maka boleh dipuasakan, tapi jika bukan karena itu maka tidak perlu diqadha'kan.

Pertanyaan:

Jika seseorang meninggal dengan mempunyai hutang puasa Ramadhan, apakah boleh dipuasakan untuknya atau qadha' itu hanya untuk hari-hari yang dinadzarkan saja?

Jawaban:

Imam Ahmad berpendapat, bahwa qadha' itu hanya untuk yang dinadzarkan, adapun yang fardhu tidak perlu diqadha'kan untuk orang yang telah meninggal dunia, tapi cukup dengan menyedekahkan dari harta yang ditinggalkannya sebanyak setengah sha' untuk setiap hari puasa yang terlewatinya. Imam Ahmad rahimahullah berdalil dengan hadtis,


áÇó íóÕõæúãõ ÃóÍóÏñ Úóäú ÃóÍóÏò æóáóÇ íõÕóáöøí ÃóÍóÏñ Úóäú ÃóÍóÏò.


"Tidaklah seseorang berpuasa atas nama orang lain dan tidaklah seseorang shalat atas nama orang lain."

Sementara mayoritas imam berpendapat, bahwa tidak ada per-bedaan antara nadzar dan fardhu, keduanya boleh diqadha'kan untuk orang yang telah meninggal dunia, berdasarkan hadits Aisyah radhiyallahu 'anha, ia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,


ãóäú ãóÇÊó æóÚóáóíúåö ÕöíóÇãñ ÕóÇãó Úóäúåõ æóáöíøõåõ.


"Barangsiapa meninggal dan mempunyai kewajiban puasa, maka dipuasakan oleh walinya."

Hadits yang dijadikan landasan Imam Ahmad, mengandung makna, bahwa tugas itu adalah beban orang-orang yang hidup, dan orang-orang yang hidup itu tidak boleh mewakilkan kepada orang lain dalam urusan ibadah, kecuali dalam kondisi tertentu.

Maka kesimpulannya, bahwa pendapat yang benar insya Allah adalah bahwa qadha' puasa untuk orang yang telah meninggal bersifat umum, baik yang fardhu maupun yang dinadzarkan.

Pertanyaan:

Orang yang melewatkan sebagian hari-hari Ramadhan (tanpa berpuasa) karena udzhur, apakah ia harus mengqadha'nya berturut-turut atau boleh tidak berturut-turut?

Jawaban:

Yang benar adalah dibolehkan dengan cara tidak berturut-turut, karena ayat mengenai ini tidak menyebutkan harus berturut-turut, tapi Allah menyebutkan secara umum, sehingga hal ini menunjukkan bolehnya mengqadha' dengan cara tidak berturut-turut.

Namun yang utama adalah mengqadha'nya secara berturut-turut, karena memang seperti itulah puasa yang diqadha'nya itu, yaitu hari-hari yang dilewatinya itu berturut-turut maka qadha'nya pun berturut-turut pula.

Syaikh Ibnu Jibrin, Fatawa ash-Shiyam, disusun oleh Rasyid az-Zahrani, hal. 124-125.


Sumber: 'al-Fatawa asy-Syar'iyyah Fi al-Masail al-Ashriyyah Min Fatawa Ulama al-Balad al-Haram,'
(Fatwa-Fatwa Syar'i Terhadap Permasalahan Kontemporer Oleh Para Ulama Kota Suci dari syaikh Khalid bin Abdurrahman al-Juraisiy).
Diposting oleh: Muhammad Subaili

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatfatwa&id=1902