Artikel : Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits
Bid’ahkah Puasa 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah ?
Kamis, 18 Oktober 12

Pertanyaan:

Bagaimana menurut Anda tentang pendapat yang mengatakan bahwa puasa pada 10 hari pertama Bulan Dzulhijjah adalah bid’ah?

Jawaban:

Orang yang mengatakan demikian adalah seorang yang jahil(bodoh). Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menganjurkan untuk mengerjakan amal shaleh pada hari-hari tersbut. Sementara puasa termasuk amal sholeh.berdasarkan sabda beliau :



(ما من أيام العمل الصالح فيهن أحب إلى الله من هذه الأيام العشر " قالوا : يا رسول الله ولا الجهاد في سبيل الله قال : " ولا الجهاد في سبيل الله إلا رجل خرج بنفسه وماله ولم يرجع من ذلك بشيء)

Artinya:

Tidak ada hari-hari yang mana-amalan shaleh padanya lebih dicintai oleh Allah daripada sepuluh hari pertama (Dzulhijjah), Para shahabat berkata: “Wahai Rasulullah, tidak pula jihad di jalan Allah? Beliau bersabda: “Ya, tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali seorang yang keluar (berjihad di jalan Allah) dengan jiwa dan hartanya kemudian tidak ada yang kembali sedikitpun (darinya)”. (HR. Bukhari: 969, Tirmidzi: 757)

Walaupun Nabi shallallahu 'alaihi wasallam tidak berpuasa pada hari-hari itu. Ada riwayat yang mengatakan bahwa beliau shallallahu 'alaihi wasallam melaksanakan puasa tersebut, dan ada juga yang riwayat bahwa beliau melaksanakannya. Akan tetapi yang menjadi pijakan adalah perkataan beliau. Perkataan lebih utama (didahulukan) dari perbuatan, jika berkumpul (sesuai) perkataan dan perbuatan maka hal itu menguatkan sunnah tersebut. Perkataan beliau merupakan sunnah tersendiri, perbuatan beliau sunnah tersendiri, dan persetujuan beliau adalah sunnah tersendiri. Jika Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mengucapkan suatu perkataan, atau melakukan suatu perbuatan atau menyetujui suatu tindakan atau perbuatan, maka ini semua adalah (dinamakan) sunnah, akan tetapi sunnah perkataan lebih agung dan lebih kuat, kemudian setelahnya sunnah perbuatan, dan persetujuan, dan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam telah bersabda: “Tidak ada hari-hari yang mana amalan shalih padanya lebih dicintai Allah daripada hari ini” yaitu sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah , maka jika seseorang berpuasa pada hari-hari tersebut, atau bershadaqah pada hari-hari tersebut maka dia berada diatas kebaikan, demikian juga disyari’atkan padanya takbir, tahmid, tahlil, ini berdasarkan sabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam

Jawaban Syaikh Bin Baz rahimahullah

[Sumber: Majmu’ Fatawa Syaikh Bin Baz: 4/419 maktabah Syamilah]

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatfatwa&id=1530