Artikel : Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits
Tidak Apa-apa Mendengarkan Berita Sebagai Pengganti Mendengar al-Qur’an
Rabu, 02 Maret 11

Pertanyaan :

Di saat perjalanan dengan mobil atau duduk di rumah, sudah banyak kami mendengar al-Qur’an yang dibaca. Tetapi manusia perlu mendengarkan yang lain seperti berita atau membaca surat kabar, karena tidak cukup waktu untuk mendengar al-Qur’an sebagai dzikir dan melakukan perkara-perkara ini secara berurutan. Apakah mematikan radio atau yang lainnya untuk mendengarkan berita atau membaca surat kabar dipandang sebagai berpaling dari dzikir kepada Allah Subhanahu Wata'ala dan pemecahan persoalan seperti ini ?

Segala puji hanya bagi Allah, semoga rahmat dan kesejahteraan tercurah atas Rasulullah, keluarga dan sahabatnya. Wa ba’du:


Jawaban :

Tidak apa-apa mendengarkan berita dan membaca surat kabar sebagai pengganti menbuka radio untuk mendengar al-Qur’an; karena bagi setiap sesuatu ada waktunya. Hal tersebut tidak termasuk berpaling dari al-Qur’an dan tidak pula meninggalkannya, apabila seorang mukmin memiliki waktu-waktu yang lain untuk membaca a-Qur’an atau mendengarkan al-Qur’an dari radio.

Semoga rahmat Allah Subhanahu Wata'ala dan kesejahteraan senantiasa tercurah kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan para sahabatnya.


[Fatawa al-Lajnah ad-Da’imah lil Buhuts al-Islamiyyah wal Ifta’]


Sumber : Fatwa-Fatwa Terkini, jilid 3, hal: 656, cet: Darul Haq Jakarta, diposting oleh Yusuf Al-Lomboky

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatfatwa&id=1345