Artikel : Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits
Mengatasi Hasad (Kedengkian) dan Bagaimana Berlindung Darinya Secari Syar’i
Rabu, 02 Juni 10


Pertanyaan :

Bagaimana mengatasi kedengkian dan bagaimana cara berlindung darinya secara syar’i ?


Jawaban :

Dengki adalah penyakit yang berbahaya dan aib yang besar, yaitu menginginkan hilangnya nikmat Allah dari siapa yang diberi nikmat olehNya dari makhlukNya. Ini adalah permusuhan terhadap Allah, dan ini adalah salah satu sifat kaum yahudi dan kaum kafir. Allah Subhanahu Wata’ala :


ãøóÇíóæóÏøõ ÇáøóÐöíäó ßóÝóÑõæÇ ãöäú Ãóåúáö ÇáúßöÊóÇÈö æóáÇó ÇáúãõÔúÑößöíäó Ãóä íõäóÒøóáó Úóáóíúßõã ãøöäú ÎóíúÑò ãøöäú ÑøóÈøößõãú

“Orang-orang kafir dari Ahli Kitab dan orang-orang musyrik tiada menginginkan diturunkannya sesuatu kebaikan kepadamu dari Rabb-mu.” (QS. Al-Baqarah: 105)

Dia berfirman :


æóÏøóßóËöíÑõõ ãøöäú Ãóåúáö ÇáúßöÊóÇÈö áóæú íóÑõÏøõæäóßõã ãøöä ÈóÚúÏö ÅöíãóÇäößõãú ßõÝøóÇÑðÇ ÍóÓóÏðÇ ãøöäú ÚöäÏö ÃóäÝõÓöåöã ãøöä ÈóÚúÏö ãóÇ ÊóÈóíøóäó áóåõãõ ÇáúÍóÞøõ

”Sebagian besar Ahli Kitab menginginkan agar mereka dapat mengembalikan kamu kepada kekafiran setelah kamu beriman, karena dengki yang (timbul) dari diri mereka sendiri, setelah nyata bagi mereka kebenaran.” (QS. Al-Baqarah: 109)

Dia berfirmanNya tentang yahudi yang dengki kepada Nabi Muhammad Sallallahu 'Alahi Wasallam :


Ãóãú íóÍúÓõÏõæäó ÇáäøóÇÓó Úóáóì ãóÂÁóÇÊóÇåõãõ Çááåõ ãöä ÝóÖúáöåö

”Ataukah mereka dengki kepada manusia (Muhammad) lantaran karunia yang Allah telah berikan kepadanya.” (QS. An-Nisa’:54)

Mengatasi hasad agar lenyap dari manusia ialah dengan meminta perlindungan kepada Allah darinya dan memintaNya agar menyembuhkannya darinya serta memperbanyak dzikir kepada Allah, ketika melihat sesuatu yang dikaguminya.

Adapun cara mengatasinya dalam hubungannya dengan orang yang didengki ialah memohon perlindungan kepada Allah dari keburukan orang yang dengki, membaca Mu’awwidzatain, berdoa kepada Allah Subhanahu Wata'ala dan bertawakkal kepadaNya.

Sumber: Fatwa-Fatwa Terkini, jilid 3, hal: 287-288, cet: Darul Haq Jakarta, diposting oleh Wandy Hazar S.Pd.I.

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatfatwa&id=1224