Artikel : Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits
Mari Syiarkan Hari Raya Qurban ke Penjuru Nusantara Tahun 1437H
Senin, 22 Agustus 16

Depos Al-Sofwa ; Kaum muslimin yang berbahagia, sebentar lagi kita akan mendapati sebuah hari yang agung, sebuah hari yang dituntunkan oleh syariat untuk merayakannya untuk menunjukkan keagungan salah satu syi’ar agama Alllah, yakni Hari Raya Idul Addha atau Hari Raya Qurban.
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
æóÇáúÈõÏúäó ÌóÚóáúäóÇåóÇ áóßõãú ãöäú ÔóÚóÇÆöÑö Çááøóåö áóßõãú ÝöíåóÇ ÎóíúÑñ ÝóÇÐúßõÑõæÇ ÇÓúãó Çááøóåö ÚóáóíúåóÇ ÕóæóÇÝøó ÝóÅöÐóÇ æóÌóÈóÊú ÌõäõæÈõåóÇ ÝóßõáõæÇ ãöäúåóÇ æóÃóØúÚöãõæÇ ÇáúÞóÇäöÚó æóÇáúãõÚúÊóÑøó ßóÐóáößó ÓóÎøóÑúäóÇåóÇ áóßõãú áóÚóáøóßõãú ÊóÔúßõÑõæäó
“Dan telah Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebahagian dari syi\'ar Allah, kamu memperoleh kebaikan yang banyak padanya, maka sebutlah olehmu nama Allah ketika kamu menyembelihnya dalam keadaan berdiri (dan telah terikat). Kemudian apabila telah roboh (mati), maka makanlah sebahagiannya dan beri makanlah orang yang rela dengan apa yang ada padanya (yang tidak meminta-minta) dan orang yang meminta. Demikianlah Kami telah menundukkan unta-unta itu kepada kamu, mudah-mudahan kamu bersyukur.” (QS. Al Hajj 36).
Dan Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan kepada umat Islam untuk mengagungkan syi’ar-syi’ar agama Allah ini dalam firmanNya:
Ðóáößó æóãóäú íõÚóÙøöãú ÔóÚóÇÆöÑó Çááøóåö ÝóÅöäøóåóÇ ãöäú ÊóÞúæóì ÇáúÞõáõæÈ
“Demikianlah (perintah Allah). Dan barangsiapa mengagungkan syi\'ar-syi\'ar Allah, maka sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan hati.” (QS. Al Hajj 32).

Maka jelaslah bahwa menyembelih hewan kurban, baik kambing, sapi, ataupun unta, bukan hanya sekedar menyembelih hewan untuk dimakan dagingnya, akan tetapi ia merupakan upaya untuk menampilkan dan mengagungkan syi’ar agama Allah yang dilandasi keimanan dan ketaqwaan hati sehingga akan terlihat kebesaran dan kedahsyatan agama Allah ini di hadapan manusia.

Tentunya insya Allah mudah bagi kita yang tinggal di perkotaan atau di daerah mayoritas muslim untuk menampakkan syiar agama Allah ini di hadapan manusia sekaligus juga berbagi daging kepada sesama. Namun pernahkah terbersit dalam benak kita bagaimana saudara-saudara kita yang hidup di pelosok-pelosok desa, kantong-kantong kemiskinan atau di daerah minoritas muslim, adakah mereka mudah dan mendapatkan kesempatan untuk berbagi daging di hari raya ini dan menampakkan syiar agama Allah ini di hadapan manusia di sekitarnya?

Oleh karena itulah kami Yayasan Al-Sofwa mengajak kaum muslimin untuk membantu dan memudahkan saudara-saudara kita tersebut untuk berbagi dan menampakkan keagungan syi’ar-syia’ar agama Allah dimanapun mereka berada.

Alhamdulillah sebagaimana pada tahun-tahun sebelumnya, pada Hari Raya Idul Adha 1437H / 2016 ini, Yayasan Al-Sofwa merencanakan untuk menyalurkan dan menyembelih hewan qurban di daerah-daerah nusantara yang termasuk daerah pedesaan, kantong-kantong kemislkinan, rawan kegiatan pemurtadan dan daerah minoritas muslim; seperti di Provinsi NAD (Pulau Nasi, Takengon, Biereun), Sumatera Utara (Langkat), Sumatera Barat (Pariaman, Gunung Tigo, Mentawai), Riau, Kepri, Lampung, pedalaman Kalimantan, kantong-kantong kemiskinan (di Banten, DKI, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur), DIY (Gunung Kidul, Bantul), Bali, NTB (Lombok Timur dan Tengah), NTT (Pulau Rote, Flores, Kupang), Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan (Tana Toraja), Maluku (Morotai, Ternate), Papua, dan lain-lain.

Bersama Yayasan Al-Sofwa Untuk Qurban di 50 Daerah Nusantara 1437H

Bagi anda yang berminat berqurban di 50 daerah nusantara dapat menyalurkannya melalui Yayasan Al-Sofwa, dengan ketentuan:
a. Kambing minimal Rp. 2.500.000,- /ekor (khusus pulau Jawa) atau minimal Rp. 3.000.000,- (untuk luar jawa), ditambah biaya operasional Rp. 100.000/ekor.
b. Sapi minimal Rp. 17.000.000/ekor, atau minimal Rp. 15.000.000,- (untuk luar Jawa) ditambah biaya operasional Rp. 750.000,- /ekor. Untuk qurban sapi bisa gabungan dari maksimal 7 pequrban , @ Rp. 2.500.000,- dengan ditambah biaya operasional Rp. 100.000,-/pequrban.
c. Dalam keadaan dan kondisi tertentu di daerah, maka Yayasan Al-Sofwa berhak menggabungkan qurban kambing dari beberapa para pequrban menjadi qurban sapi.
d. Hewan hidup dan biaya operasional sesuai penetapan(untuk penyembelihan dan penyaluran di Masjid Al-Sofwa Jakarta Selatan dan sekitarnya)

Anda dapat menyalurkan dana qurban anda ke rekening BCA 547.049.4141 atas nama : Yayasan Al-Sofwa
Info lebih lanjut hub Yayasan al-sofwa : 081806008474/ 021-78836327

Kami, panitia qurban 1437 H Yayasan Al-Sofwa mengucapkan banyak terima kasih kepada kaum muslimin - jazahumullah khairan - yang masih memberikan kepercayaan kepada kami untuk melaksanakan penyembelihan hewan qurban. Semoga Allah Ta’ala menerima ibadah qurban mereka dan menjadikannya amal shalih, yang kelak bermanfaat untuk mereka di Yaumil Kiamat. Amin Ya Rabbal ‘Alamin.



Berikut ini Daftar Pequrban dan Daerah Penyaluran Hewan Qurban 1436 H./2015 M., silahkan download di link di bawah ini:

Data Pequrban dan Daerah Penyaluran Hewan Qurban 1436 H./2015 M.

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatberita&id=291