Artikel : Bulein Annur - Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits

Surga dan Kenikmatannya

Rabu, 30 April 14


Çáúãõáúßõ íóæúãóÆöÐò áöáøóåö íóÍúßõãõ Èóíúäóåõãú ÝóÇáøóÐöíäó ÂóãóäõæÇ æóÚóãöáõæÇ ÇáÕøóÇáöÍóÇÊö Ýöí ÌóäøóÇÊö ÇáäøóÚöíã

”Kekuasaan di hari itu ada pada Allah, Dia memberi keputusan di antara mereka. Maka orang-orang yang beriman dan beramal saleh adalah di dalam Surga yang penuh kenikmatan.” (Qs.al-Hajj:56)

Pembaca yang budiman…

Ayat tersebut di atas menunjukkan adanya Surga dan adanya kenikmatan di dalamnya. Barangkali anda bertanya, " bagaimana sifat Surga dan apa sajakah bentuk kenikmatan yang ada di dalamnya ?" marilah kita simak beberapa kabar dari al-Qur’an dan Hadis nabi Shallallohu ‘alaihi wasallam tentang masalah ini.

• Luasnya

Allah ta’ala berfirman yang artinya,

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari tuhanmu dan kepada Surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa.” (Qs.Ali Imron :133)

• Surga diberi beberapa nama, di antaranya,
1. Darussalam (Qs. Al An’am : 127)
2. Daarul Muttaqiin (Qs.an Nahl:30)
3. Darul Muqomati (Qs. Fathir:35)
4. Jannaatu ‘Adn (Qs. Maryam : 61)
5. Jannaatu an Na’iim (Qs.Luqman : 8)
6. Al Husna (Qs. Yunus : 26)
7. Jannatul Khuldi(Qs.al-Furqon:15)
8. Jannatu ‘Aaliyah(Qs.al-Haqoh:22 dan al-Ghosyiyah :10)
9. Jannatul Firdaus (Qs.al-Kahfi:107 dan al-Mukminun:11)
10. Jannatul Ma’wa (Qs.an Najm:15)

• Surga Bertingkat-tingkat

Rosululloh shallallohu ‘alaihi wasallam bersada,


Åöäøó Ýöí ÇáúÌóäøóÉö ãöÇÆóÉó ÏóÑóÌóÉò

"Dalam surga terdapat seratus derajat.” (HR.al-Bukhori)

• Jumlah Pintunya ada 8 buah

Rosululloh shallallohu ‘alaihi wasallam bersada,

"Di surga ada delapan pintu, diantaranya ada yang dinamakan pintu ar-Rayyan yang tidak akan memasukinya kecuali orang-orang yang berpuasa." (HR.Muslim)

• Pintunya bernama

Rosululloh shallallohu ‘alaihi wasallam bersada,

"Barangsiapa yang menginfaqkan dua jenis (berpasangan) dari hartanya di jalan Allah, maka dia akan dipanggil dari pintu-pintu surga; (lalu dikatakan kepadanya): "Wahai Abdullah, inilah kebaikan (dari apa yang kamu amalkan). Maka barangsiapa dari kalangan ahlu shalat dia akan dipanggil dari pintu shalat, dan barangsiapa dari kalangan ahlu jihad dia akan dipanggil dari pintu jihad, dan barangsiapa dari kalangan ahlu shadaqah dia akan dipanggil dari pintu shodaqah, dan barangsiapa dari kalangan ahlu shiyam (puasa) dia akan dipanggil dari pintu ar-Rayyan ". Lantas Abu Bakr bertanya; "Jika seseorang dipanggil dari satu pintu dari pintu-pintu yang ada, itu sebuah kepastian!". Dia bertanya lagi; "Dan apakah mungkin setiap orang akan dipanggil dari pintu-pintu itu semuanya?". Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menjawab; "Benar, dan aku berharap kamu termasuk diantara mereka, wahai Abu Bakar.” (HR.al-Bukhori-Muslim)

• Pintunya tidak dibuka untuk siapapun sebelum nabi Muhammad shallallohu ‘alaihi wasallam masuk

Rosululloh shallallohu ‘alaihi wasallam bersabda,


ÂÊöí ÈóÇÈó ÇáúÌóäøóÉö íóæúãó ÇáúÞöíóÇãóÉö ÝóÃóÓúÊóÝúÊöÍõ ÝóíóÞõæáõ ÇáúÎóÇÒöäõ ãóäú ÃóäúÊó ÝóÃóÞõæáõ ãõÍóãøóÏñ ÝóíóÞõæáõ Èößó ÃõãöÑúÊõ áóÇ ÃóÝúÊóÍõ áöÃóÍóÏò ÞóÈúáóßó

"Saya mendatangi pintu surga pada hari kiamat, lalu saya meminta dibukakan. Lalu seorang penjaga (Malaikat) bertanya, 'Siapa kamu? ' Maka aku menjawab, 'Muhammad'. Lalu ia berkata, "Khusus untukmu, aku diperintahkan untuk tidak membukakan pintu untuk siapapun, sebelum kamu masuk."(HR.Muslim)

• Bangunannya

Abu Hurairah berkata; Kami bertanya; "Wahai Rasulullah, beritakanlah kepada kami tentang surga, bagaimana bangunannya?" beliau bersabda: "Batu batanya dari emas dan perak, adukan semennya adalah minyak misik adzfar, kerikilnya adalah intan dan permata, lalu debunya adalah waros (semacam tumbuhan yang harum) dan za`faron, barangsiapa masuk ke dalamnya maka dia akan kekal dan tidak mati, merasakan nikmat yang kontinu dan tidak merasa bosan, masa muda mereka tidak pernah hilang dan pakaian mereka tidak pernah usang." (HR.Ahmad)

• Sifat Penghuninya

Rosululloh shallallohu ‘alaihi wasallam bersabda, "Penduduk surga akan masuk surga dalam keadaan tidak berjenggot, wajah mereka putih berseri-seri, kepala mereka berambut pendek serta mata mereka bercelak, mereka seperti anak muda yang berumur tiga puluh tiga tahun, ukuran tubuh mereka sebagaimana penciptaan Adam dengan tinggi tujuh puluh hasta dan lebar tujuh hasta."(HR.Ahmad)

"Sesungguhnya golongan pertama dari ummatku yang masuk surga wujudnya seperti bulan di malam purnama, golongan selanjutnya wujudnya seperti bintang paling terang di langit, setelah itu mereka bertingkat-tingkat, mereka tidak kencing, tidak berak, dan tidak meludah, sisir mereka emas, tempat bara api mereka kayu wangi dan keringat mereka minyak kesturi, postur mereka sama seperti wujud ayah mereka, Adam, enampuluh dzira'."(HR.Muslim)

• Bidadari dan Para Wanitanya


ÎáÞ Çááå ÇáÍæÑ ÇáÚíä ãä ÇáÒÚÝÑÇä

“Alloh menciptakan para bidadari dari Za’faron.” (HR.ath Thobroni di dalam al-Mu’jam al Kabir)

“Di sisi mereka ada bidadari-bidadari yang tidak liar pandangannya dan jelita matanya.” (Qs.ash Shoffat: 48)

“Untuk orang-orang yang bertakwa (kepada Allah), pada sisi Tuhan mereka ada surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya. Dan (mereka dikaruniai) isteri-isteri yang disucikan serta keridhaan Allah.” (Qs.Ali Imron : 15)


áßá ÑÌá ãäåã ÒæÌÊÇä Úáì ßá ÒæÌÉ ÓÈÚæä ÍáÉ íÈÏæ ãÎ ÓÇÞåÇ ãä æÑÇÆåÇ

“Setiap lelaki di antara mereka mendapatkan dua istri, setiap istri mengenakan tujuh puluh perhiasan, sumsumnya terlihat dari belakang." (HR.at Tirmidzi) Berkata Abu Isa: Hadits ini hasan shahih.

• Penghuninya Bisa Saling Pandang

Rosululloh shallallohu ‘alaihi wasallam bersabda,


« Åöäøó Ãóåúáó ÇáúÌóäøóÉö áóíóÊóÑóÇÁóæúäó ÇáúÛõÑúÝóÉó Ýöì ÇáúÌóäøóÉö ßóãóÇ ÊóÑóÇÁóæúäó ÇáúßóæúßóÈó Ýöì ÇáÓøóãóÇÁö »

"Sesungguhnya penghuni surga saling melihat kamar-kamar di surga seperti melihat bintang di langit." (HR.Bukhori-Muslim)

• Makanan dan Minuman Penghuninya

Rosululloh shallallohu ‘alaihi wasallam bersabda, "Penghuni surga makan dan minum di dalamnya, mereka tidak berak, tidak ingusan dan tidak kencing, tapi makanan mereka itu (menjadi) sendawa, keringat seperti keringat minyak kesturi, mereka diilhami tasbih dan tahmid seperti kalian diilhami nafas."(HR.Muslim)

• Penghuni Surga memperoleh apa yang ia inginkan dan apa yang ia minta.

Allah ta'ala berfirman, yang artinya, “Di dalamnya kamu memperoleh apa yang kamu inginkan dan memperoleh (pula) di dalamnya apa yang kamu minta.” ( Qs. Fushshilat : 31)

• Di dalam Surga terdapat segala yang diingini oleh hati dan sedap (dipandang) mata.

Allah ta'ala berfirman, yang artinya, “Dan di dalam surga itu terdapat segala apa yang diingini oleh hati dan sedap (dipandang) mata dan kamu kekal di dalamnya." ( Qs. Az Zuhruf : 71)

• Seagung-agung Nikmatnya adalah “ memandang Wajah Allah ta’ala.”

Rosululloh shallallohu ‘alaihi wasallam bersabda,
"Bila penduduk surga telah masuk ke surga, maka Allah berfirman: 'Apakah kalian ingin sesuatu yang perlu Aku tambahkan kepada kalian?' Mereka menjawab, 'Bukankah Engkau telah membuat wajah-wajah kami putih? Bukankah Engkau telah memasukkan kami ke dalam Surga dan menyelamatkan kami dari neraka? ' (Beliau bersabda): "Lalu Allah membukakan hijab pembatas, lalu tidak ada satu pun yang dianugerahkan kepada mereka yang lebih dicintai daripada anugrah (dapat) memandang Rabb mereka." (HR.Muslim)
Demikianlah sekilas tentang surga dan kenikmatannya yang bisa kami sebutkan mengingat keterbatasan daya tampung tulisan dalam buletin ini. Dengan demikian tidak berarti bahwa itu sajalah gambaran tentang Surga beserta nikmat-nikmat yang ada di dalamnya. Wallohu a'lam bish Showab.

Akhirnya, Semoga Allah memasukkan kita ke dalam Surga-Nya dan mengaruniakan kepada kita seagung-agung nikmatnya, yaitu : memandang wajah-Nya subhanahu wata'ala. Aamiin.

Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada nabi kita Muhammad, keluarga dan para sahabatnya. (Redaksi)

Sumber :
Diringkas dari “ al-Jannatu wa Na’iimiha ad-Daa-im Ghoiru al-Munqothi’, karya : Abu al-Barro Usamah bin Yaasiin al-Ma’aniy, dengan gubahan dan sedikit tambahan dari sumber lainnya.

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatannur&id=745