Artikel : Bulein Annur - Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits

Puasa Sya’ban

Jumat, 03 Maret 23

**

Disunnahkan memperbanyak puasa pada Bulan Sya’ban untuk mengikuti perbuatan Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-, di mana beliau selalu berpuasa pada bulan tersebut kecuali beberapa hari saja beliau berbuka.

Aisyah-ÑóÖöíó Çááåõ ÚóäúåóÇ-berkata,


ßóÇäó ÑóÓõæáõ Çááøóåö Õóáøóì Çááøóåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó íóÕõæãõ ÍóÊøóì äóÞõæáó áóÇ íõÝúØöÑõ æóíõÝúØöÑõ ÍóÊøóì äóÞõæáó áóÇ íóÕõæãõ ÝóãóÇ ÑóÃóíúÊõ ÑóÓõæáó Çááøóåö Õóáøóì Çááøóåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó ÇÓúÊóßúãóáó ÕöíóÇãó ÔóåúÑò ÅöáøóÇ ÑóãóÖóÇäó æóãóÇ ÑóÃóíúÊõåõ ÃóßúËóÑó ÕöíóÇãðÇ ãöäúåõ Ýöí ÔóÚúÈóÇäó


Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-selalu berpuasa hingga kami mengatakan beliau tidak pernah berbuka dan beliau pun berbuka hingga kami mengatakan beliau tidak pernah berpuasa. Aku tidak pernah melihat Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-berpuasa sebulan penuh kecuali pada bulan Ramadhan dan aku tidak pernah melihat beliau memperbanyak puasa seperti yang dilakukannya pada bulan Sya’ban.” (HR. al-Bukhari)

Sementara dalam riwayat Muslim dikatakan,


æóáóãú ÃóÑóåõ ÕóÇÆöãðÇ ãöäú ÔóåúÑò ÞóØøõ ÃóßúËóÑó ãöäú ÕöíóÇãöåö ãöäú ÔóÚúÈóÇäó ßóÇäó íóÕõæãõ ÔóÚúÈóÇäó ßõáøóåõ ßóÇäó íóÕõæãõ ÔóÚúÈóÇäó ÅöáÇøó ÞóáöíáÇð


“Aku tidak pernah melihat Nabi-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-berpuasa dalam satu bulan melebihi banyaknya puasa yang beliau lakukan pada bulan Sya’ban. Kadang beliau berpuasa pada bulan Sya’ban sebulan penuh dan kadang hanya beberapa hari saja beliau berbuka pada bulan itu.”

Dari Aisyah-ÑóÖöíó Çááåõ ÚóäúåóÇ-, dia berkata,


áóãú íóßõäú ÇáäøóÈöíøõ Õóáøóì Çááøóåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó íóÕõæãõ ÔóåúÑðÇ ÃóßúËóÑó ãöäú ÔóÚúÈóÇäó ÝóÅöäøóåõ ßóÇäó íóÕõæãõ ÔóÚúÈóÇäó ßõáøóåõ æóßóÇäó íóÞõæáõ ÎõÐõæÇ ãöäú ÇáúÚóãóáö ãóÇ ÊõØöíÞõæäó ÝóÅöäøó Çááøóåó áóÇ íóãóáøõ ÍóÊøóì ÊóãóáøõæÇ æóÃóÍóÈøõ ÇáÕøóáóÇÉö Åöáóì ÇáäøóÈöíøö Õóáøóì Çááøóåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó ãóÇ Ïõææöãó Úóáóíúåö æóÅöäú ÞóáøóÊú æóßóÇäó ÅöÐóÇ Õóáøóì ÕóáóÇÉð ÏóÇæóãó ÚóáóíúåóÇ


Nabi-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-tidak pernah berpuasa dalam satu bulan melebihi banyaknya puasa yang beliau lakukan pada bulan Sya’ban. Sesungguh beliau pernah berpuasa Sya’ban sebulan penuh. Beliau pernah bersabda, ‘Lakukan amal ibadah yang kalian mampu melakukannya. Sesungguhnya Allah tidak pernah merasa bosan hingga kalian sendiri yang bosan.’ Shalat yang paling dicintai Nabi-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-adalah yang dilakukan secara kontinyu walaupun sedikit. Dan Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-bila melakukan shalat, beliau melakukannya secara kontinyu’.” (HR. al-Bukhari)

Aisyah-ÑóÖöíó Çááåõ ÚóäúåóÇ-, juga berkata,


ßóÇäó ÑóÓõæúáõ Çááåö Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æó Óóáøóãó íóÕõæúãõ ÔóÚúÈóÇäó æóÑóãóÖóÇäó æóíóÊóÍóÑøóì ÇúáÅöËúäóíúäö æóÇáúÎóãöíúÓó


Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-berpuasa pada bulan Sya’ban dan Ramadhan dan berupaya berpuasa hari Senin dan Kamis (HR. An-Nasai)

Ummu Salamah-ÑóÖöíó Çááåõ ÚóäúåóÇ-, berkata,


ãóÇ ÑóÃóíúÊõ ÇáäøóÈöíøó Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æó Óóáøóãó íóÕõæúãõ ÔóåúÑóíúäö ãõÊóÊóÇÈöÚóíúäö ÅöáøóÇ ÔóÚúÈóÇäó æóÑóãóÖóÇäó


Aku tidak pernah melihat Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-berpuasa dua bulan berturut-turut kecuali pada bulan Sya’ban dan Ramadhan. (HR. at-Tirmidzi dan yang lainnya) [1]

Masalah yang muncul

Bagaimana menyatukan riwayat yang menyatakan bahwa Nabi-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-berpuasa pada bulan Sya’ban sebulan penuh dan riwayat yang menyatakan beliau tidak pernah berpuasa sebulan penuh dalam satu bulan selain pada bulan Ramadhan ?

Jawaban dari pertanyaan ini adalah

Imam at-Tirmidzi dalam al-jami’ (3/105) mengutip pernyataan Ibnul Mubarak yang menyatakan, “Dalam bahasa Arab jika seseorang berpuasa pada sebagian besar bulan boleh dikatakan dia berpuasa sebulan lamanya. Misalnya juga dikatakan, ‘Si Fulan shalat sepanjang malam’ padahal mungkin saja dia makan malam dan melakukan sebagian kesibukan lain.”

Abu Isa at-Tirmidzi berkata, “Seakan Ibnul Mubarak melihat bahwa kedua hadis ini sama.” Ia berkata, “Makna hadis ini adalah bahwa Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó – melakukan puasa pada sebagian besar bulan.”

Kesimpulannya adalah bahwa riwayat pertama menafsirkan dan menjelaskan riwayat kedua. Artinya, riwayat yang berbunyi,


ÝóãóÇ ÑóÃóíúÊõ ÑóÓõæáó Çááøóåö Õóáøóì Çááøóåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó ÇÓúÊóßúãóáó ÕöíóÇãó ÔóåúÑò ÅöáøóÇ ÑóãóÖóÇäó æóãóÇ ÑóÃóíúÊõåõ ÃóßúËóÑó ÕöíóÇãðÇ ãöäúåõ Ýöí ÔóÚúÈóÇäó


Aku tidak pernah melihat Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-berpuasa sebulan penuh kecuali pada bulan Ramadhan dan aku tidak pernah melihat beliau memperbanyak puasa seperti yang dilakukannya pada bulan Sya’ban.” menafsirkan dan menjelaskan riwayat yang menyatakan,


ßóÇäó íóÕõæãõ ÔóÚúÈóÇäó ßõáøóåõ


“Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-berpuasa pada bulan Sya’ban sebulan penuh.”

Jadi yang dimaksud dengan sebulan penuh adalah sebagian besar saja dan ini adalah bentuk majaz yang jarang digunakan.

Pendapat ini ditolak oleh ath-Thibbi dengan alasan, “Karena kata semuanya (sebulan penuh) merupakan penegasan bahwa yang dimaksud adalah keseluruhan bulan dan sebagai penolakan terhadap bentuk majaz. Maka penafsirannya dengan sebagian bulan bertentangan dengan hal itu.” Ia selanjutnya mengatakan, “Makna hadis itu dapat dipahami bahwa kadang Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- berpuasa pada bulan Sya’ban sebulan penuh dan kadang pada sebagian besarnya saja agar tidak dianggap puasa wajib seperti puasa Ramadhan.”

Ada pula yang mengatakan, “Yang dimaksud dengan sebulan penuh adalah bahwa Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- terkadang berpuasa di awal bulan, terkadang di akhirnya dan terkadang pada pertengahannya, sehingga sebulan itu hampir tidak kosong dari kegiatan puasa dan tidak ada waktu tertentu yang dibedakan dari waktu yang lain.”

Az-Zain bin Al-Munir mengatakan, “Perkataan Aisyah bisa ditafsirkan sebagai bentuk penekanan bahwa yang dimaksud adalah sebulan penuh. Atau perkataannya yang kedua muncul belakangan setelah perkataannya yang pertama, di mana ia menyampaikan bahwa awalnya Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- berpuasa pada sebagian besar bulan Sya’ban dan pada akhirnya beliau berpuasa selama sebulan penuh.”

Pendapat ini jelas sebuah pemaksaan, dan yang benar adalah pendapat yang pertama. Pendapat ini diperkuat oleh riwayat Abdullah bin Syaqiq dari Aisyah sebagaimana tersebut dalam shahih Muslim dan riwayat Sa’ad bin Hisyam dari Aisyah yang tersebut dalam sunan an-Nasai. Redaksinya,


æóáÇó ÕóÇãó ÔóåúÑðÇ ßóÇãöáÇð ÞóØøõ ãõäúÐõ ÞóÏöãó ÇáúãóÏöíúäóÉó ÛóíúÑó ÑóãóÖóÇäó


“Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-tidak pernah berpuasa sebulan penuh sejak beliau datang ke Madinah selain puasa Ramadhan.”

Hadits ini seperti hadits Ibnu Abbas [2] yang akan disebutkan pada bab berikutnya.

Hikmah Memperbanyak Puasa Pada Bulan Sya’ban

Perkataan Ibnu Hajar dalam Fath al-Bari (4/252),

Terdapat beberapa pendapat yang berbeda-beda mengenai hikmah Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó – memperbanyak puasa pada bulan Sya’ban. Di antaranya adalah :


1. Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-kadang tidak sempat melakukan puasa tiga hari setiap bulan lantaran sedang dalam perjalanan atau ada kesibukan lain, sehingga hutang-hutang puasa itu menumpuk lalu beliau mengqadhanya pada bulan Sya’ban. Pendapat ini dikemukakan oleh Ibnu Baththal dan didukung oleh sebuah hadits dha’if yang dikeluarkan ath-Thabrani dalam al-Mu’jam al-Ausath melalui jalan Ibnu Abi Laila dari saudaranya Isa dari bapaknya dari Aisyah bahwa ia berkata,


ßóÇäó ÑóÓõæúáõ Çááåö Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æó Óóáøóãó íóÕõæúãõ ËóáóÇËóÉó ÃóíøóÇãò ãöäú ßõáøö ÔóåúÑò ÝóÑõÈøóãóÇ ÃóÎøóÑó Ðóáößó ÍóÊøóì íóÌúÊóãöÚó Úóáóíúåö Õóæúãõ ÇáÓøóäóÉö ÝóíóÕõæúãõåóÇ Ýöí ÔóÚúÈóÇäó


“Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-selalu berpuasa tiga hari dalam setiap bulan. Namun terkadang beliau menundanya hingga terkumpul hutang-hutang puasa itu selama setahun lalu beliau mengqadhanya pada bulan Sya’ban.”

Ibnu Abi Laila adalah perawi yang lemah dan hadis setelahnya yang terdapat dalam masalah ini menunjukkan kelemahan riwayatnya tersebut.


2. Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- memperbanyak puasa pada bulan Sya’ban untuk mengagungkan bulan Ramadhan. Pendapat ini didukung oleh hadis riwayat at-Tirmidzi melalui jalan Shadaqah bin Musa dari Tsabit dari Anas bahwa ia berkata,


ÓõÆöáó ÇáäøóÈöíøõ Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æó Óóáøóãó ¿ Ãóíøõ ÇáÕøóæúãö ÃóÝúÖóáõ ÈóÚúÏó ÑóãóÖóÇäó ¿ ÝóÞóÇáó ÔóÚúÈóÇäõ áöÊóÚúÙöíúãö ÑóãóÖóÇäó


“Nabi-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- pernah ditanya, ‘Puasa apa yang lebih utama setelah puasa Ramadhan ?’ Beliau menjawab, ‘Puasa Sya’ban untuk mengagungkan Ramadhan’.”

At-Tirmidzi berkata, “Ini adalah hadits gharib dan Shadaqah menurut para kritikus hadits bukanlah perawi yang kuat haditsnya.”

Saya katakan :

Hadis ini juga bertentangan dengan riwayat Muslim dari Abu Hurairah secara marfu’ bahwa Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- bersabda,


ÃóÝúÖóáõ ÇáÕøöíóÇãö ÈóÚúÏó ÑóãóÖóÇäó ÔóåúÑõ Çááøóåö ÇáúãõÍóÑøóãõ


“Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Muharram.”


3. Hikmah Nabi-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- memperbanyak puasa pada bulan Sya’ban karena istri-istri beliau biasa mengqadha puasa Ramadhan pada bulan Sya’ban. Ini berbeda dengan hikmah mengapa para istri Nabi-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- menunda mengqadha puasa


4. Ramadhan hingga bulan Sya’ban. Yaitu karena mereka sibuk bersama Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- sehingga tidak bisa mengqadha puasa Ramadhan.


5. Hikmahnya lagi adalah karena setelah bulan Sya’ban datang bulan Ramadhan dan puasa pada bulan itu adalah wajib, maka Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- meperbanyak puasa pada bulan Sya’ban sebanyak ia berpuasa sunnah selama dua bulan karena di bulan Ramadhan tidak ada kesempatan untuk melakukannya.

Pendapat yang lebih benar dari semua itu adalah apa yang dijelaskan dalam riwayat yang lebih shahih dari riwayat-riwayat di atas, yakni riwayat yang dikeluarkan an-Nasai dan Abu Dawud serta dishahihkan oleh Ibnu Khuzaimah dari Usamah bin Zaid bahwa ia berkata,


ÞõáúÊõ : íóÇ ÑóÓõæúáó Çááåö áóãú ÃóÑóßó ÊóÕõæúãõ ÔóåúÑðÇ ãöäó ÇáÔøõåõæúÑö ãóÇ ÊóÕõæúãõ ãöäú ÔóÚúÈóÇäó ¿ ÞóÇáó : Ðóáößó ÔóåúÑñ íóÛõÝõáõ Úóäúåõ ÇáäøóÇÓõ Èóíúäó ÑóÌóÈò æóÑóãóÖóÇäó æóåõæó ÔóåúÑñ ÊõÑúÝóÚõ Ýöíúåö ÇúáÃóÚúãóÇáõ Åöáóì ÑóÈøö ÇáúÚóÇáóãöíúäó ÝóÃõÍöÈøõ Ãóäú íõÑúÝóÚó Úóãóáöí æóÃóäóÇ ÕóÇÆöãñ


Aku bertanya (kepada Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-), ‘Wahai Rasulullah, mengapa aku tidak melihatmu berpuasa dalam satu bulan seperti banyaknya engkau berpuasa pada bulan Sya’ban ?’ Beliau menjawab,’Itu adalah bulan yang dilupakan manusia antara Rajab dan Ramadhan dan itu adalah bulan saatnya semua amal diangkat kepada Rabb alam semesta, maka aku ingin amalku diangkat ketika aku sedang berpuasa’.”

Bid’ah Menetapkan Puasa Pada Pertengahan Bulan Sya’ban

Menetapkan puasa secara khusus pada hari pertengahan bulan Sya’ban tanpa hari-hari yang lain karena diyakini memiliki keutamaan yang tidak dimiliki hari-hari lain itu adalah perbuatan bid’ah. Ini karena tidak ada dalil shahih yang menjelaskannya.

Hadis-hadis yang ada dalam masalah ini adalah hadis yang sangat lemah dan bahkan maudhu’(palsu).

Ali bin Abi Thalib-ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ –mengatakan bahwa Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- bersabda,


ÅöÐóÇ ßóÇäóÊú áóíúáóÉõ ÇáäøöÕúÝö ãöäú ÔóÚúÈóÇäó ÝóÞõæúãõæúÇ áóíúáóåóÇ æóÕõæúãõæúÇ äóåóÇÑóåóÇ . ÝóÅöäøó Çááåó íóäúÒöáõ ÝöíúåóÇ áöÛõÑõæúÈö ÇáÔøóãúÓö Åöáóì ÓóãóÇÁö ÇáÏøõäúíóÇ . ÝóíóÞõæúáõ ÃóáóÇ ãöäú ãõÓúÊóÛúÝöÑò áöí ÝóÃóÛúÝöÑó áóåõ ÃóáóÇ ãöäú ãõÓúÊóÑúÒöÞò ÝóÃóÑúÒõÞóåõ ÃóáóÇ ãõÈúÊóáóì ÝóÃõÚóÇÝöíóåõ ÃóáóÇ ßóÐóÇ ÃóáóÇ ßóÐóÇ ÍóÊøóì íóØúáõÚó ÇáúÝóÌúÑõ


Bila malam pertengahan bulan Sya’ban tiba, maka lakukanlah shalat di malam harinya dan puasa di siang harinya, karena sesungguhnya Allah turun pada malam itu pada saat matahari tenggelam ke langit dunia, lalu Dia berfirman, ‘Adakah orang yang memohon ampun kepada-Ku, maka Aku pasti mengampuninya ? Adakah orang yang meminta rizki, maka Aku pasti memberinya ? Adakah orang tertimpa musibah, maka Aku pasti menyelamatkannya ? Adakah ini, adakah itu...hingga fajar terbit.” [3]

Pendapat al-Mubarakfuri dalam Tuhfat al-Ahwadzi (3/444),

Saya tidak mendapatkan hadis marfu’ yang shahih tentang puasa pada hari pertengahan bulan Sya’ban. Mengenai hadis Ali-ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ-yang diriwayatkan Ibnu Majah dengan redaksi,


ÅöÐóÇ ßóÇäóÊú áóíúáóÉõ ÇáäøöÕúÝö ãöäú ÔóÚúÈóÇäó ÝóÞõæúãõæúÇ áóíúáóåóÇ æóÕõæúãõæúÇ äóåóÇÑóåóÇ . ÝóÅöäøó Çááåó íóäúÒöáõ ÝöíúåóÇ áöÛõÑõæúÈö ÇáÔøóãúÓö Åöáóì ÓóãóÇÁö ÇáÏøõäúíóÇ . ÝóíóÞõæúáõ ÃóáóÇ ãöäú ãõÓúÊóÛúÝöÑò áöí ÝóÃóÛúÝöÑó áóåõ ÃóáóÇ ãöäú ãõÓúÊóÑúÒöÞò ÝóÃóÑúÒõÞóåõ ÃóáóÇ ãõÈúÊóáóì ÝóÃõÚóÇÝöíóåõ ÃóáóÇ ßóÐóÇ ÃóáóÇ ßóÐóÇ ÍóÊøóì íóØúáõÚó ÇáúÝóÌúÑõ


Bila malam pertengahan bulan Sya’ban tiba, maka lakukanlah shalat di malam harinya dan puasa di siang harinya, karena sesungguhnya Allah turun pada malam itu pada saat matahari tenggelam ke langit dunia, lalu Dia berfirman, ‘Adakah orang yang memohon ampun kepada-Ku, maka Aku pasti mengampuninya ? Adakah orang yang meminta rizki, maka Aku pasti memberinya ? Adakah orang tertimpa musibah, maka Aku pasti menyelamatkannya ? Adakah ini, adakah itu...hingga fajar terbit.”

Saya telah mengetahui bahwa ini adalah hadis yang sangat lemah.

Ali-ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ-juga memiliki hadis lain yang redaksinya berbunyi,


ÝóÅöäú ÃóÕúÈóÍó Ýöí Ðóáößó Çáúíóæúãö ÕóÇÆöãðÇ ßóÇäó ßóÕöíóÇãö ÓöÊøöíúäó ÓóäóÉð ãóÇÖöíóÉð æóÓöÊøöíúäó ÓóäóÉð ãõÓúÊóÞúÈöáóÉð


Bila pada hari itu seseorang berpuasa, maka seperti berpuasa selama enam puluh tahun yang lalu dan enam puluh tahun yang akan datang.’

Hadis ini diriwayatkan oleh Ibnu al-Jauzi dalam al-Maudhu’at (hadis-hadis palsu) dan dalam komentarnya ia mengatakan, “Sanadnya gelap.”

Pertanyaan yang diajukan kepada Syaikh Shalih bin Fauzan-ÍóÝöÙóåõ Çááåõ-.

Apakah disyariatkan (dianjurkan dalam agama) melakukan shalat pada malam pertengahan Sya’ban dan melakukan puasa pada siang harinya ?

Jawaban Syaikh Shalih bin Fauzan :

Tidak ada hadis yang shahih dari Nabi-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó –tentang anjuran shalat pada malam pertengahan bulan Sya’ban secara khusus dan puasa pada siang harinya secara khusus pula. Tidak ada satu pun hadis shahih dari Nabi-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó – tentang hal itu yang dapat dijadikan acuan. Malam pertengahan bulan Sya’ban adalah malam yang sama dengan malam-malam lain. Bila seseorang memiliki kebiasaan melakukan shalat malam, maka dia boleh melakukannya pada malam tersebut seperti pada malam-malam lainnya tanpa ada keistimewaan khusus yang dimiliki malam itu. Sebab menetapkan waktu tertentu untuk melakukan ibadah harus memiliki dalil yang shahih dan jika dalil yang shahih tidak ada, maka itu dapat disebut bid’ah dan setiap bid’ah adalah kesesatan.

Demikian juga tidak ada dalil secara khusus dari Nabi-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-tentang disyariatkannya puasa pada tanggal 15 Bulan Sya’ban atau pada pertengahan bulan tersebut. Adapun hadis-hadis yang terdapat dalam masalah ini, semuanya adalah hadis palsu sebagaimana dikemukakan para ulama. Akan tetapi bagi orang yang memiliki lebiasaan berpuasa pada hari-hari putih (tanggal 14, 15, 16), maka ia boleh melakukan puasa pada bulan Sya’ban seperti pada bulan-bulan lainnya tanpa mengkhususkan hari itu saja. Misalnya Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-selalu berpuasa dan bahkan memperbanyak puasa pada bulan ini (Sya’ban) tanpa mengkhususkan hari itu saja, tetapi hari itu masuk secara kebetulan.”

Wallahu A’lam

(Redaksi)

Sumber :

Shiyam at-Tathawwu’; Fadail Wa Ahkam, Usamah Abdul Aziz, E.I, hal. Hal.61-70


Catatan :

[1] Sanad hadis ini shahih dan dikeluarkan oleh at-Tirmidzi, no. 726, an-Nasai, no. 2351, 2174; an-Nasai dalam as-Sunan al-Kubra (2/no.2485); Ibnu Majah, no. 1648; Ahmad (6/293-294, 300) ; ad-Darimi dalam as-Sunan (2/17) ; Abdun bin Humaid (1536) ; ath-Thahawi dalam syarh Ma’ani al-Atsar (2/82). Semuanya melalui jalan Mansur dari Salim bin Abi Ja’d dari Abi Salamah bin Abdurrahman dari Ummu Salamah. Riwayat Salim didukung oleh riwayat Muhammad bin Ibrahim at-Taimi dan dikeluarkan oleh Abu Dawud, no. 2336; an-Nasai, no. 2175, 2352 dan dalam as-Sunan al-Kubra, no. 2486; Ahmad (6/311). Riwayat ini diriwyatkan melalui jalan Syu’bah dari Taubah Al-Anbari dari Muhammad bin Ibrahim. Riwayat dari Muhammad ini berbeda-beda. Ada yang meriwayatkan dari Ibrahim melalui jalan ini (dari Muhammad bin Ibrahim dari Abu Salamah dari Ummu Salamah). Sementara ada yang meriwayatkan dari Muhammad bin Ibrahim dari Abu Salamah dari Aisyah dengan lafazh yang pertama. Riwayat kedua ini dikeluarkan oleh an-Nasai, no. 2176, 2177, 2353 dan ath-Thahawi dalam Syarh Ma’ani al-Atsar (2/2908). Riwayat Muhammab bin Ibrahim yang kedua (riwayat dari Aisyah) didukung oleh beberapa periwayat yang antara lain :

1. Abdullah bin Ubaid dan dikeluarkan oleh Muslim, no. 1156

2. Abu Nadhar Salim al-Madani dan dikeluarkan oleh al-Bukhari, no. 1969

3. Yahya bin Katsir dan dikeluarkan oleh al-Bukhari, no. 1970 dan Muslim, no. 782.

4. Yahya bin Sa’id dan dikeluarkan oleh an-Nasai, no. 2354.

5. Zaid bin Abi Attab dan dikeluarkan oleh an-Nasai dalam as-Sunan al-Kubra (2/2909)

6. Muhammad bin Amr dan dikeluarkan oleh at-Tirmidzi, no. 737; an-Nasai dalam as-Sunan al-Kubra (2/2908); Ibnu Abi Syaibah (3/103); Abdu bin Humaid, no. 1514.

At-Tirmidzi setelah meriwayatkan hadis Ummu Salamah mengatakan, “Hadis Ummu Salamah adalah hadis hasan. Hadis ini juga diriwayatkan dari Abu Salamah dari Aisyah.” Ibnu Hajar yang menshahihkan kedua riwayat ini mengatakan dalam Fath al-Bari (4/252), “Ada kemungkinan Abu Salamah meriwayatkan dari Aisyah dan juga dari Ummu Salamah.” Saya katakan (Ibnu Hajar), “Itu dapat dikuatkan dengan bukti bahwa Muhammad bin Ibrahim at-Taimi terkadang meriwayatkan dari Aisyah dan terkadang dari Ummu Salamah sebagaiman yang dikeluarkan oleh an-Nasai.”

[2] Al-Bukhari, no. 1971. Dari Ibnu Abbas ia berkata,


ãóÇ ÕóÇãó ÇáäøóÈöíøõ Õóáøóì Çááøóåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó ÔóåúÑðÇ ßóÇãöáðÇ ÞóØøõ ÛóíúÑó ÑóãóÖóÇäó æóíóÕõæãõ ÍóÊøóì íóÞõæáó ÇáúÞóÇÆöáõ áóÇ æóÇááøóåö áóÇ íõÝúØöÑõ æóíõÝúØöÑõ ÍóÊøóì íóÞõæáó ÇáúÞóÇÆöáõ áóÇ æóÇááøóåö áóÇ íóÕõæãõ


Nabi-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-tidak pernah melakukan puasa selama sebulan penuh selain bulan Ramadhan. Beliau berpuasa hingga seseorang berkata, ‘Demi Allah beliau tidak berbuka’ dan beliau berbuka hingga seseorang berkata, ‘Demi Allah, beliau tidak berpuasa.’

[3] Hadis ini sangat lemah sekali dan dikeluarkan oleh Ibnu Majah, no. 1388 melalui jalan Abdurrazzaq dari Ibnu Abi Sabrah dari Ibrahim bin Muhammad dari Mu’awiyah bin Abdillah bin Ja’far dari bapaknya dari Ali bin Abi Thalib.

Saya katakan :

Sanadnya sangat lemah dan kecacatannya terletak pada Ibnu Abi Sabrah yang bernama Abu Bakar bin Abdillah bin Muhammad bin Ibnu Abi Sabrah. Para ulama menuduhnya telah memalsukan hadis. Ahmad berkata, “Dia perawi yang sangat lemah, dia adalah pemalsu hadis dan dia seorang pendusta.” Ibnu Ma’in berkata, “Hadisnya sangat lemah.” Ibnu al-Madini berkata, “Dia perawi yang lemah hadisnya.’Kadang Ibnu Ma’in mengatakan, “Dia perawi yang hadisnya munkar dan menurut saya dia seperti Ibnu Abi Yahya.” Ibnu Adi berkata, “Mayoritas riwayatnya tidak shahih dan dia termasuk pemalsu hadis.” Mengenai gurunya terdapat perbedaan pendapat. Apakah dia adalah Ibnu Abi Yahya ? Jika benar dia Ibnu Abi Yahya, maka dia tidak lebih baik dari muridnya dan jika dia bukan Ibnu Abi Yahya, maka dia perawi yang majhul (tidak jelas identitasnya). Adz-Dzahabi dalam Mizan al-I’tidal berkata, “Mungkin dia (gurunya) adalah Ibnu Abi Yahya dan jika bukan, maka dia bukan perawi yang dikenal (masyhur).”






Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatannur&id=1011