Artikel : Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits
Pesan Tegas Presiden Jokowi: Israel Harus Bertanggung Jawab atas Kekejaman yang Dilakukan
Selasa, 14 Nopember 23
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta bantuan kemanusiaan dan perundingan damai di Palestina agar segera dilakukan. Israel , kata Jokowi, harus bertanggung jawab dengan kekejaman yang terjadi atas serangan di Palestina.

"Gencatan senjata harus segera diwujudkan, bantuan kemanusiaan harus dipercepat dan diperbanyak, perundingan damai harus segera dimulai, fasilitas publik dan kegiatan kemanusiaan tidak boleh menjadi sasaran serangan. Dan Israel harus bertanggung jawab atas kekejaman yang telah dilakukan," kata Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (13/11/2023).

Presiden mengatakan, dunia seolah tidak berdaya menyaksikan penderitaan warga negara Palestina yang saat ini sedang menghadapi konflik oleh Israel.

"Saat KTT saya menyampaikan secara jujur bahwa dunia seolah tidak berdaya menyaksikan penderitaan rakyat Palestina. Sehingga saya mengajak negara-negara anggota OKI untuk bersatu dan berada di barisan terdepan dalam memperjuangkan keadilan bagi rakyat Palestina," ungkapnya.

Baca Juga Genosida, Diplomasi Multi-Jalur Krisis Gaza Sebelumnya, Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa dalam KTT Luar Biasa OKI di Riyadh, Arab Saudi telah menghasilkan pesan yang sangat kuat untuk dunia.

"Alhamdulillah KTT OKI menghasilkan resolusi yang berisi pesan yang sangat kuat untuk dunia. Dan pesan ini lah yang akan saya sampaikan kepada Presiden Biden esok hari. Dimana ini adalah suara dari 57 negara atau sekitar 1/3 suara negara di dunia," kata Jokowi.

Presiden Jokowi juga akan menyampaikan pesan dari Presiden Palestina Mahmoud Abbas secara khusus kepada Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden.

"Selain itu saya juga akan menyampaikan pesan dari presiden palestina Mahmoud Abbas yang meminta saya secara khusus untuk menyampaikannya kepada Presiden Biden," kata Jokowi.

Presiden juga memberikan dukungan penuh terhadap Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi yang terpilih menjadi salah satu yang dipercaya para pemimpin OKI untuk mengupayakan perdamaian di Palestina.

"Selain itu saya juga ingin memberikan dukungan penuh untuk menteri luar negeri Indonesia yang terpilih sebagai salah satu menlu yang diberikan kepercayaan oleh para pemimpin OKI untuk mengupayakan perdamaian di Palestina," jelasnya.

Sumber : https://nasional.sindonews.com/read/1250073/12/pesan-tegas-presiden-jokowi-israel-harus-bertanggung-jawab-atas-kekejaman-yang-dilakukan-1699845077
Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatakhbar&id=1576