Artikel : Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits
Lagi, Kemenag Beri Beasiswa Santri Kuliah di IPB
Jumat, 18 Juli 14
JAKARTA - Kementerian Agama melalui Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren kembali memberikan beasiswa bagi para santri pondok pesantren untuk melanjutkan pendidikannya di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Sebanyak 20 santri dari beberapa provinsi, seperti: Jawa Timur (7), Jawa Barat (3), Jawa Tengah (1), Banten (1), Sulsel (1), Sumut (1), Sumbar (1), Aceh (1), Lampung (1), Maluku Utara (1), Kaltim (1), dan Papua Barat (1) akan berkesempatan untuk kuliah di berbagai jurusan, mulai dari Pendidikan Dokter Hewan, Agronomi dan Holtikultura, Proteksi Tanaman, Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Ilmu Nutrisi, Ilmu Kelautan, serta Teknologi Industri Pertanian. (Informasi lengkap, sila lihat: http://www.kemenag.go.id/index.php?a=artikel&id=26021)

PBSB adalah sebuah program afirmatif perluasan akses santri untuk melanjutkan studi melalui suatu program yang terintegrasi mulai dari proses kerjasama, pengelolaan, sistem seleksi khusus bagi santri serta pemberian bantuan pembiayaan yang diperlukan bagi santri yang memenuhi syarat, sampai dengan pembinaan masa studi dan pembinaan pengabdian paska lulus.

Diselenggarakan sejak 2005, lebih dari 3.000 santri telah diberi beasiswa Kementerian Agama untuk kuliah di beberapa perguruan tinggi ternama seperti UI, UIN, IPB, ITB, UGM, Unair, dan ITS. Tidak sedikit dari mereka yang sukses menjadi dokter, dosen, guru, insinyur, dan professional pada bidangnya. Sebagian besar dari mereka kembali ke pondok pesantren untuk mengabdikan ilmu dan keahliannya di tempat asal mereka belajar.

Direktur PD Pontren Ace Saefudin menjelaskan bahwa para santri yang sudah dinyatakan agar segera melakukan konfirmasi kesediaan dan verifikasi data ke Kanwil Kementerian Agama Propinsi setempat. Selain itu, para santri juga harus mengirimkan hasil pindai (scan) Surat Keterangan Konfirmasi Kesediaan Dan Verifikasi Data yang dikeluarkan oleh Kanwil Kementerian Agama Propinsi setempat ke email bud@ipb.ac.id.

“Konfirmasi kesediaan dan verifikasi data harus dilakukan paling lambat sampai dengan tanggal 23 Juli 2014,” terang Ace Saifuddin, Jumat (18/07).

Ditambahkan Ace Saifuddin, peserta yang telah melakukan konfirmasi kesediaan dan verifikasi data dan dinyatakan memenuhi persyaratan, wajib datang untuk melakukan Registrasi Asrama di GedungAsrama Putra/Putri TPB IPB, Kampus IPB Dramaga Bogor Jawa Barat pada tanggal 11 Agustus 2014.

“Untuk kelengkapan administrasi yang diperlukan dapat menghubungi Sekretariat BUD Program Telp. 0251-8624092, 8622642 ext. 219,” tulis Ace Saifuddin.

Adapun bagi peserta yang menyatakan mundur, Ace Saifuddin menegaskan bahwa yang bersangkutan harus menyerahkan Surat Pernyataan yang menyatakan mundur sebagai peserta PBSB, disertai dengan alasannya. (kemenag)
Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatakhbar&id=1446