Artikel : Bulein Annur - Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits

Keutamaan Membaca al-Qur’an (bag.1)

Jumat, 23 Februari 24
***

Sesungguhnya al-Qur’an adalah kalam Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-yang merupakan mukjizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- yang tertulis di dalam mushaf, yang dinukil dari Nabi -Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- secara mutawatir, yang membacanya merupakan ibadah, ia adalah kitab samawi terakhir, penasakhnya dan tolok ukurnya. Seorang muslim harus banyak-banyak membacanya siang dan malam, saat tinggal di tempat sendiri maupun saat safar, menghafal seluruhnya atau sebanyak yang mudah baginya, memperhatikannya, memegang adab-adab dan hukum-hukum yang ada di dalamnya.

Tulisan berikut ini berbicara tentang keutamaan membaca al-Qur’an secara umum dan-insya Allah-pada bagian berikutnya akan dibicarakan tentang keutamaan membaca sebagian surat al-Qur’an.

Semoga Allah yang Maha Tinggi lagi Mahakuasa menjadikannnya bermanfaat dan menjadikan amal shalih kita ikhlas karena WajahNya yang mulia. Amin
**

Pertama : Keutamaan Membaca al-Qur’an

Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-berfirman,


æóÅöÐóÇ ÞóÑóÃúÊó ÇáúÞõÑúÂäó ÌóÚóáúäóÇ Èóíúäóßó æóÈóíúäó ÇáøóÐöíäó áóÇ íõÄúãöäõæäó ÈöÇáúÂÎöÑóÉö ÍöÌóÇÈðÇ ãóÓúÊõæÑðÇ. æóÌóÚóáúäóÇ Úóáóì ÞõáõæÈöåöãú ÃóßöäøóÉð Ãóäú íóÝúÞóåõæåõ æóÝöí ÂÐóÇäöåöãú æóÞúÑðÇ æóÅöÐóÇ ÐóßóÑúÊó ÑóÈøóßó Ýöí ÇáúÞõÑúÂäö æóÍúÏóåõ æóáøóæúÇ Úóáóì ÃóÏúÈóÇÑöåöãú äõÝõæÑðÇ [ÇáÅÓÑÇÁ : 45 ¡ 46]


Dan apabila engkau (Muhammad) membaca al-Qur’an, maka Kami adakan suatu dinding yang tidak terlihat antara engkau dan orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat. Dan Kami jadikan hati mereka tertutup dan telinga mereka tersumbat, agar mereka tidak dapat memahaminya. Dan apabila engkau menyebut Tuhanmu saja dalam al-Qur’an, mereka berpaling ke belakang melarikan diri (karena benci).” (al-Isra : 45-46).

Dari Abu Umamah al-Bahili-ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ-, dia berkata, ‘Saya mendengar Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíåö æóÓóáøóãó-bersabda,


ÇÞúÑóÁõæÇ ÇáúÞõÑúÂäó ÝóÅöäøóåõ íóÃúÊöì íóæúãó ÇáúÞöíóÇãóÉö ÔóÝöíÚðÇ áöÃóÕúÍóÇÈöåö


“Bacalah al-Qur’an, karena ia akan datang pada Hari Kiamat sebagai pemberi syafa’at bagi para pembacanya.” (Diriwayatkan oleh Muslim, no. 804)

Dari Salim, dari bapaknya, dari Nabi-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-, beliau bersabda,


áÇó ÍóÓóÏó ÅöáÇøó Ýöì ÇËúäóÊóíúäö ÑóÌõáñ ÂÊóÇåõ Çááøóåõ ÇáúÞõÑúÂäó Ýóåõæó íóÞõæãõ Èöåö ÂäóÇÁó Çááøóíúáö æóÂäóÇÁó ÇáäøóåóÇÑö æóÑóÌõáñ ÂÊóÇåõ Çááøóåõ ãóÇáÇð Ýóåõæó íõäúÝöÞõåõ ÂäóÇÁó Çááøóíúáö æóÂäóÇÁó ÇáäøóåóÇÑö


“Tidak (boleh) ada rasa iri kecuali pada dua kenikmatan, yaitu seorang laki-laki yang diberi nikmat al-Qur’an lalu dia mengamalkannya di waktu malam dan di waktu siang, dan seseorang yang diberi kekayaan harta oleh Allah lalu dia menginfakkannya di waktu malam dan di waktu siang.” (Diriwayatkan oleh al-Bukhari, 9/189 dan Muslim, no. 815).

Dari Abdullah bin Amr-ÑóÖöíó Çááåõ ÚóäúåõãóÇ-bahwa Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-bersabda,


ÇáÕøöíóÇãõ æóÇáúÞõÑúÂäõ íóÔúÝóÚóÇäö áöáúÚóÈúÏö íóæúãó ÇáúÞöíóÇãóÉö íóÞõæáõ ÇáÕøöíóÇãõ Ãóíú ÑóÈøö ãóäóÚúÊõåõ ÇáØøóÚóÇãó æóÇáÔøóåóæóÇÊö ÈöÇáäøóåóÇÑö ÝóÔóÝøöÚúäöí Ýöíåö æóíóÞõæáõ ÇáúÞõÑúÂäõ ãóäóÚúÊõåõ Çáäøóæúãó ÈöÇááøóíúáö ÝóÔóÝøöÚúäöí Ýöíåö ÞóÇáó ÝóíõÔóÝøóÚóÇäö


”Puasa dan al-Qur’an akan memberi syafa’at bagi hamba pada Hari Kiamat. Puasa berkata, ‘Wahai Tuhanku, aku menghalanginya dari makanan dan nafsu syahwat di siang hari, maka izinkanlah aku untuk memberinya syafa’at.’ al-Qur’an berkata, ‘Ya Rabbi, aku menghalanginya tidur di malam hari, maka izinkanlah aku untuk memberinya syafa’at.’ Maka keduanya diizinkan untuk memberi syafa’at.” (Diriwayatkan oleh Ahmad dalam Musnadnya, 2/174; dan lihat Shahih al-Jami’, no. 3776; dan al-Hakim dalam al-Mustadrak, 1/554)

Dari Anas-ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ-, dia berkata, Rasulullah -Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- bersabda,


Åöäøó áöáøóåö Ãóåúáöíäó ãöäú ÇáäøóÇÓö ÝóÞöíáó ãóäú Ãóåúáõ Çááøóåö ãöäúåõãú ÞóÇáó Ãóåúáõ ÇáúÞõÑúÂäö åõãú Ãóåúáõ Çááøóåö æóÎóÇÕøóÊõåõ


“Sesungguhnya Allah memiliki keluarga dari kalangan manusia.” Rasulullah -Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- ditanya, “Siapakah keluarga Allah dari kalangan manusia itu ?” Nabi -Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- menjawab, “Ahli (pembaca dan pengamal) al-Qur’an, mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang khususNya.” (Diriwayatkan oleh Ahmad dalam Musnadnya, 3/127; Ibnu Majah, no. 215 ; al-Hakim dalam al-Mustadrak, 1/556; dan lihat Shahih al-Jami’, no. 2161)

Dari Abu Hurairah-ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåð -, dari Nabi-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- , beliau bersabda,


íóÌöíúÁõ ÇáúÞõÑúÂäõ íóæúãó ÇáúÞöíóÇãóÉö ÝóíóÞõæúáõ : íóÇ ÑóÈøö Íóáøöåö ÝóíõáúÈóÓõ ÊóÇÌó ÇáúßóÑóÇãóÉö Ëõãøó íóÞõæúáõ íóÇ ÑóÈøö ÒöÏúåõ ÝóíõáúÈóÓõ ÍõáøóÉó ÇáúßóÑóÇãóÉö Ëõãøó íóÞõæúáõ : íóÇ ÑóÈøö ÇöÑúÖö Úóäúåõ ÝóíóÑúÖóì Úóäúåõ ÝóíõÞóÇáõ áóåõ : ÇöÞúÑóÃú æóÇÑúÞö æóÊõÒóÇÏõ Èößõáøö ÂíóÉö ÍóÓóäóÉð


“Al-Qur’an datang pada Hari Kiamat, ia berkata, ‘Ya Rabbi, berilah dia (pembaca al-Qur’an) hiasan.’ Maka dia dipakaikan mahkota kemuliaan. Kemudian al-Qur’an berkata, ‘Ya Rabbi, ridhailah dia.’ Maka Allah meridhainya. Maka dikatakan kepadanya, ‘Bacalah dan naiklah, dengan setiap satu ayat, kamu ditambah satu kebaikan’.” (Diriwayatkan oleh at-Tirmidzi, no. 2915; dan al-Hakim dalam al-Mustadrak, 1/552; dan lihat Shahih al-Jami’, no. 7886).

Dari Abu Hurairah-ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåð -, dia berkata, Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-bersabda,


ãóäú äóÝøóÓó Úóäú ãõÄúãöäò ßõÑúÈóÉð ãöäú ßõÑóÈö ÇáÏøõäúíóÇ äóÝøóÓó Çááøóåõ Úóäúåõ ßõÑúÈóÉð ãöäú ßõÑóÈö íóæúãö ÇáúÞöíóÇãóÉö æóãóäú íóÓøóÑó Úóáóì ãõÚúÓöÑò íóÓøóÑó Çááøóåõ Úóáóíúåö Ýöì ÇáÏøõäúíóÇ æóÇáÂÎöÑóÉö æóãóäú ÓóÊóÑó ãõÓúáöãðÇ ÓóÊóÑóåõ Çááøóåõ Ýöì ÇáÏøõäúíóÇ æóÇáÂÎöÑóÉö æóÇááøóåõ Ýöì Úóæúäö ÇáúÚóÈúÏö ãóÇ ßóÇäó ÇáúÚóÈúÏõ Ýöì Úóæúäö ÃóÎöíåö æóãóäú Óóáóßó ØóÑöíÞðÇ íóáúÊóãöÓõ Ýöíåö ÚöáúãðÇ Óóåøóáó Çááøóåõ áóåõ Èöåö ØóÑöíÞðÇ Åöáóì ÇáúÌóäøóÉö æóãóÇ ÇÌúÊóãóÚó Þóæúãñ Ýöì ÈóíúÊò ãöäú ÈõíõæÊö Çááøóåö íóÊúáõæäó ßöÊóÇÈó Çááøóåö æóíóÊóÏóÇÑóÓõæäóåõ Èóíúäóåõãú ÅöáÇøó äóÒóáóÊú Úóáóíúåöãõ ÇáÓøóßöíäóÉõ æóÛóÔöíóÊúåõãõ ÇáÑøóÍúãóÉõ æóÍóÝøóÊúåõãõ ÇáúãóáÇóÆößóÉõ æóÐóßóÑóåõãõ Çááøóåõ Ýöíãóäú ÚöäúÏóåõ æóãóäú ÈóØøóÃó Èöåö Úóãóáõåõ áóãú íõÓúÑöÚú Èöåö äóÓóÈõåõ


”Barangsiapa menghilangkan dari seorang Mukmin satu kesukaran dari kesukaran-kesukaran dunia, maka Allah akan menghilangkan darinya satu kesukaran dari kesukaran-kesukaran Hari Kiamat. Barangsiapa yang memudahkan orang yang kesulitan, maka Allah akan memudahkannya di dunia dan akhirat. Barangsiapa menutupi (aib) seorang Muslim, maka Allah akan menutupi (aib)nya di dunia dan akhirat. Allah akan selalu menolong hamba selama hamba itu menolong saudaranya. Barangsiapa menempuh suatu jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju Surga. Tidak ada satu kaum pun yang berkumpul di salah satu rumah Allah (masjid), mereka membaca kitab Allah dan mempelajarinya di antara mereka melainkan ketenangan turun kepada mereka, rahmat menyeliputi mereka, para malaikat mengelilingi mereka, dan Allah menyebut-nyebut mereka di hadapan para malaikat yang ada di sisiNya. Barangsiapa amalnya memperlambatnya (memperoleh derajat tinggi), maka nasabnya tidak akan mempercepatnya.” (Diriwayatkan oleh Muslim, no. 2699, 4/1074)

Dari Abu Musa al-Asy’ariy-ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåð -, dia berkata, Rasulullah -Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- bersabda,


ãóËóáõ ÇáúãõÄúãöäö ÇáøóÐöí íóÞúÑóÃõ ÇáúÞõÑúÂäó ßóãóËóáö ÇáúÃõÊúÑõÌøóÉö ÑöíÍõåóÇ ØóíøöÈñ æóØóÚúãõåóÇ ØóíøöÈñ æóãóËóáõ ÇáúãõÄúãöäö ÇáøóÐöí áóÇ íóÞúÑóÃõ ÇáúÞõÑúÂäó ßóãóËóáö ÇáÊøóãúÑóÉö áóÇ ÑöíÍó áóåóÇ æóØóÚúãõåóÇ Íõáúæñ æóãóËóáõ ÇáúãõäóÇÝöÞö ÇáøóÐöí íóÞúÑóÃõ ÇáúÞõÑúÂäó ãóËóáõ ÇáÑøóíúÍóÇäóÉö ÑöíÍõåóÇ ØóíøöÈñ æóØóÚúãõåóÇ ãõÑøñ æóãóËóáõ ÇáúãõäóÇÝöÞö ÇáøóÐöí áóÇ íóÞúÑóÃõ ÇáúÞõÑúÂäó ßóãóËóáö ÇáúÍóäúÙóáóÉö áóíúÓó áóåóÇ ÑöíÍñ æóØóÚúãõåóÇ ãõÑøñ


“Perumpamaan seorang Mukmin yang membaca al-Qur’an adalah bagaikan buah utrujah, aromanya wangi dan rasanya lezat. Dan perumpamaan orang Mukmin yang tidak membaca al-Qur’an adalah bagaikan buah kurma, tidak ada aromanya tetapi rasanya manis. Sedangkan perumpamaan orang munafik yang membaca al-Qur’an adalah bagaikan rahainah, aromanya wangi namun rasanya pahit. Dan perumpamaan orang munafik yang tidak membaca al-Qur’an adalah bagaikan buah hanzhalah, ia tidak memiliki aroma dan rasanya pahit.” (Diriwayatkan oleh al-Bukhari, 6/234 dan Muslim, no. 797).

Dari Aisyah-ÑóÖöíó Çááåõ ÚóäúåóÇ-, dia berkata, Rasulullah -Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- bersabda,


ÇáúãóÇåöÑõ ÈöÇáúÞõÑúÂäö ãóÚó ÇáÓøóÝóÑóÉö ÇáúßöÑóÇãö ÇáúÈóÑóÑóÉö æóÇáøóÐöì íóÞúÑóÃõ ÇáúÞõÑúÂäó æóíóÊóÊóÚúÊóÚõ Ýöíåö æóåõæó Úóáóíúåö ÔóÇÞøñ áóåõ ÃóÌúÑóÇäö


Orang yang membaca al-Qur’an dan dia mahir dalam membacanya, dia bersama para malaikat yang mulia lagi sangat taat. Sedangkan yang membaca al-Qur’an dengan tertatih-tatih dan bacaan itu terasa sulit baginya, maka dia mendapat dua pahala.” (Diriwayatkan oleh al-Bukhari, 6/206 dan Muslim, no. 798)

Dari Abdullah bin Amr bin al-Ash -ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåð -,dari Nabi -Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-, beliau bersabda,


íõÞóÇáõ áöÕóÇÍöÈö ÇáúÞõÑúÂäö ÇÞúÑóÃú æóÇÑúÊóÞö æóÑóÊøöáú ßóãóÇ ßõäúÊó ÊõÑóÊøöáõ Ýöì ÇáÏøõäúíóÇ ÝóÅöäøó ãóäúÒöáóßó ÚöäúÏó ÂÎöÑö ÂíóÉò ÊóÞúÑóÄõåóÇ


“Akan dikatakan kepada ahli al-Qur’an, ‘Bacalah dan naiklah, dan bacalah dengan tartil sebagaimana engkau membacanya secara tartil di dunia, sesungguhnya kedudukanmu adalah pada akhir ayat yang engkau baca’.” (Diriwayatkan oleh Abu Dawud, no. 1464 ; at-Tirmidzi, no. 2914; dan Ahmad dalam Musnadnya, 2/192. Lihat Shahih al-Jami’, 6/349; dan Shahih Abu Dawud, no. 1300)

Dari Abu Sa’id al-Khudri -ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåð -, dia berkata, Rasulullah -Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- bersabda,


íõÞóÇáõ áöÕóÇÍöÈö ÇáúÞõÑúÂäö íóæúãó ÇáúÞöíóÇãóÉö ÅöÐóÇ ÏóÎóáó ÇáúÌóäøóÉó ÇÞúÑóÃú æóÇÕúÚóÏú ÝóíóÞúÑóÃõ æóíóÕúÚóÏõ Èößõáøö ÂíóÉò ÏóÑóÌóÉð ÍóÊøóì íóÞúÑóÃó ÂÎöÑó ÔóíúÁò ãóÚóåõ


”Dikatakan kepada ahli al-Qur’an mana kala dia masuk Surga, ‘Bacalah dan naiklah.’ Maka dia membaca dan naik satu derajat dengan setiap ayat, hingga dia membaca ayat terakhir padanya.” (Diriwayatkan oleh Ibnu Majah, no. 3780; dan Ahmad dalam Musnadnya, 3/40. Lihat Shahih al-Jami’, 6/349).

Kedua : Keutamaan Membaca Satu Huruf dari Kitab Allah (al-Qur’an)

Dari Ayyub bin Musa, dia berkata, Aku mendengar Muhammad bin Ka’ab al-Qurazhi berkata, Aku mendengar Abdullah bin Mas’ud-ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ –berkata, Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-bersabda,


ãóäú ÞóÑóÃó ÍóÑúÝðÇ ãöäú ßöÊóÇÈö Çááåö Ýóáóåõ Èöåö ÍóÓóäóÉñ æóÇáúÍóÓóäóÉõ ÈöÚóÔúÑö ÃóãúËóÇáöåóÇ áóÇ ÃóÞõæúáõ Âáã ÍóÑúÝñ æóáóßöäú ÃóáöÝñ ÍóÑúÝñ æóáóÇãñ ÍóÑúÝñ æóãöíúãñ ÍóÑúÝñ


“Barangsiapa membaca satu huruf dalam al-Qur’an, maka dia mendapat satu kebaikan, sedangkan satu kebaikan itu dilipatgandakan menjadi sepuluh kali lipat. Aku tidak mengatakan ‘alif lam mim’ itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf. (Diriwayatkan oleh at-Tirmidzi, no. 2910, lihat Shahih al-Jami’, 5/340; dan Riyadh ash-Shalihin, hal. 421. Al-Arnauth berkata, “Shahih.” )

Ketiga : Keutamaan Membaca Dua, Tuga, Atau Empat Ayat dari Kitab Allah.

Dari Uqbah bin Amir-ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåð -, dia berkata,


ÎóÑóÌó ÑóÓõæáõ Çááøóåö -Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- æóäóÍúäõ Ýöì ÇáÕøõÝøóÉö ÝóÞóÇáó « Ãóíøõßõãú íõÍöÈøõ Ãóäú íóÛúÏõæó ßõáøó íóæúãò Åöáóì ÈõØúÍóÇäó Ãóæú Åöáóì ÇáúÚóÞöíÞö ÝóíóÃúÊöìó ãöäúåõ ÈöäóÇÞóÊóíúäö ßóæúãóÇæóíúäö Ýöì ÛóíúÑö ÅöËúãò æóáÇó ÞóØúÚö ÑóÍöãò ».ÝóÞõáúäóÇ íóÇ ÑóÓõæáó Çááøóåö äõÍöÈøõ Ðóáößó. ÞóÇáó « ÃóÝóáÇó íóÛúÏõæ ÃóÍóÏõßõãú Åöáóì ÇáúãóÓúÌöÏö ÝóíóÚúáóãó Ãóæú íóÞúÑóÃó ÂíóÊóíúäö ãöäú ßöÊóÇÈö Çááøóåö ÚóÒøó æóÌóáøó ÎóíúÑñ áóåõ ãöäú äóÇÞóÊóíúäö æóËóáÇóËñ ÎóíúÑñ áóåõ ãöäú ËóáÇóËò æóÃóÑúÈóÚñ ÎóíúÑñ áóåõ ãöäú ÃóÑúÈóÚò æóãöäú ÃóÚúÏóÇÏöåöäøó ãöäó ÇáÅöÈöáö »


Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-datang dan kami sedang di shuffah (emperan masjid). Beliau bersabda, ‘Siapa di antara kalian yang mau pergi ke Buthan atau al-Aqiq setiap harinya, lalu pulang dari sana membawa dua ekor unta gemuk tanpa melakukan dosa dan pemutusan hubungan silaturahim ?’ Kami menjawab, ‘Wahai Rasulullah, kami mau.’ Nabi-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-bersabda, ‘Mengapa salah seorang dari kalian tidak pergi ke masjid lalu belajar atau membaca dua ayat dari Kitab Allah ÚóÒøó æóÌóáøó? Itu lebih baik dari dua ekor unta. Tiga ayat lebih baik daripada tiga ekor unta. Empat ayat lebih baik dari empat ekor unta, dan (lebih dari empat ayat lebih baik) dari jumlah-jumlahnya dari unta’.” (Diriwayatkan oleh Muslim, no. 803).

Dari Abu Hurairah-ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ-, dia berkata, Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- bersabda,


ÃóíõÍöÈøõ ÃóÍóÏõßõãú ÅöÐóÇ ÑóÌóÚó Åöáóì Ãóåúáöåö Ãóäú íóÌöÏó Ýöíåö ËóáÇóËó ÎóáöÝóÇÊò ÚöÙóÇãò ÓöãóÇäò ». ÞõáúäóÇ äóÚóãú. ÞóÇáó « ÝóËóáÇóËõ ÂíóÇÊò íóÞúÑóÃõ Èöåöäøó ÃóÍóÏõßõãú Ýöì ÕóáÇóÊöåö ÎóíúÑñ áóåõ ãöäú ËóáÇóËö ÎóáöÝóÇÊò ÚöÙóÇãò ÓöãóÇäò


“Tidakkah seseorang dari kalian berkenan manakala dia pulang ke keluarganya menemukan pada mereka tiga unta bunting yang besar dan gemuk ?” Kami menjawab, “Ya” Nabi -Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- bersabda, “Tiga ayat yang salah seorang dari kalian baca dalam shalatnya adalah lebih baik daripada tiga unta bunting yang besar dan gemuk.” (Diriwayatkan oleh Muslim, no. 802).

Keempat : Keutamaan Membaca 100 Ayat

Dari Abu Hurairah -ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ- , dia berkata, Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- bersabda,


ãóäú ÞóÑóÃó Ýöí áóíúáóÉò ãöÇÆóÉó ÂíóÉò áóãú íõßúÊóÈú ãöäó ÇáúÛóÇÝöáöíúäó Ãóæú ßõÊöÈó ãöäó ÇáúÞóÇäöÊöíúäó


“Barangsiapa membaca 100 ayat dalam semalam, dia tidak ditulis dalam rombongan orang-orang yang lalai. Atau ditulis dalam rombongan orang-orang yang patuh.” (Diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaemah dalam Shahhnya, 2/180 no. 1142. Lihat Silsilah al-Ahadits ash-Shahihah, no. 643)

Dari Tamim ad-Dari -ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ- bahwa Rasulullah -Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- bersabda,


ãóäú ÞóÑóÃó ÈöãöÇÆóÉö ÂíóÉò Ýöí áóíúáóÉò ßõÊöÈó áóåõ ÞõäõæÊõ áóíúáóÉò


“Barangsiapa membaca 100 ayat dalam satu malam, maka ditulis baginya (pahala) ibadah semalam suntuk.” (Diriwayatkan oleh ad-Darimi, 2/312, no. 3445; dan Ahmad dalam Musnadnya, 4/103. Lihat al-Ahadits ash-Shahihah, no. 644 dan Shahih al-Jami’, 5/340).

Wallahu A’lam

(Redaksi)

Sumber :

Min Fadha’il Qira’ah al-Qur’an al-Karim, Hamud bin Abdullah al-Mathar.


Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatannur&id=1062